Fokus Ranah Digital, Brand-Brand Ternama Raih Indonesia Digital Popular Brand Award

 

Fokus Ranah Digital, Brand-Brand Ternama Raih Indonesia Digital Popular Brand Award
NERACA
Jakarta - Masifnya penggunaan internet di kalangan masyarakat selama Pandemi Covid-19 telah melahirkan habit baru dalam memenuhi kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan, masyarakat semakin mengandalkan internet dalam mencari sebuah produk yang dibutuhkan.
Tingginya pengguna internet itu dapat dilihat dari laporan terbaru We Are Social, pada bulan Februari 2022, yang mengungkap jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 205 juta, yang berarti 73,7% dari populasi Indonesia telah menggunakan internet. Dari jumlah pengguna intersebut tersebut, 191 juta orang merupakan pengguna aktif media sosial, yang mengalami peningkatan 12,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Adanya tren tersebut telah menjadi fokus sejumlah kalangan, salah satunya TRAS N CO Indonesia, yang fokus pada penilaian dan perkembangan brand di Indonesia. Sejak awal kehadirannya, tahun 2015 lalu, perusahaan consulting yang fokus terhadap industri digital ini telah merekam beragam aktivitas brand membangun brand di ranah digital.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, semakin pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini, mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut brand untuk dapat menghadirkan strategi promosi yang tepat di ranah digital, yang bertujuan menjadi terkenal di ranah digital. “Tentunya brand dituntut untuk semakin kreatif lagi dalam membangun brand mereka,” jelas Tri Raharjo, seperti dikutip dalam keterangannya, Jumat (3/6). 
Untuk mengukur brand-brand populer ranah digital, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Bases, dan Website Based.
“Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase kedua, yang dilakukan pada bulan Februari hingga April 2022. Riset dilakukan terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand teriset,” jelas Tri Raharjo.
Selanjutnya dari hasil riset tersebut, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id sebagai number one brand media, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan terhadap brand-brand populer di kategori produknya di dunia digital. Penghargaan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-26, atau di tahun ke-7 untuk fase kedua, yang diselenggarakan pada Selasa (31/5).
Susilowati Ningsih, CEO Indobrand.id menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibanding dengan brand lain. Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet.
“Tentu, dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, maka sebuah brand akan mendapat kepercayaan konsumen di internet dari para netizen dalam memilih sebuah produk,” ujar Susilowati Ningsih.
Adapun hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 untuk Fase Kedua, 10 kategori brand paling banyak diulas di halaman internet adalah; Sepeda Motor Matic dengan 51,15 juta ulasan, Sepeda Motor Sport dengan 20,37 juta ulasan, Listing Properti Online dengan 12,43 juta ulasan, Sepeda Motor Bebek dengan 11,75 juta ulasan, Resto Fried Chicken dengan 8,1 juta ulasan, Sepatu Running dengan 7,7 juta ulasan, Parfum dengan 7,4 juta ulasan, Kredit Barang Elektronik dengan 7,1 juta ulasan, Bra dengan 4,1 juta ulasan, dan Ban Motor dengan 3,7 juta ulasan.
Dan untuk 10 kategori brand paling banyak dicari secara bulanan antara lain; Resto Fried Chicken dengan 1,1 juta pencarian, kemudian City Car dengan 341,1 ribu pencarian, Sepeda Motor Matic 323,4 ribu pencarian, Mobil SUV 320,2 ribu pencarian, Mobil MPV dengan 250,2 ribu pencarian, Sepatu Sandal dengan 217,4 ribu pencarian, Laboratorium Klinik dengan 206,5 ribu pencarian, Supermarket Perabot Rumah Tangga dengan 175,9 ribu pencarian, Kredit Barang Elektronik dengan 165,5 ribu pencarian, dan Celana Jeans dengan 158,8 ribu pencarian.
Dan untuk peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 Fase 2 antara lain; KFC untuk kategori Resto Fried Chicken, YKK AP untuk kategori Kusen Alumunium, BAF untuk kategori Kredit Barang Elektronik, Eterna untuk kategori Kabel Listrik, Wuling Almaz untuk kategori Mobil SUV, Milna untuk kategori Biskuit Bayi, Germany Brilliant untuk kategori Shower, OBH Combi Anak untuk kategori Obat Flu & Batuk Anak, Sakatonik untuk kategori Multivitamin Penambah Nafsu Makan Anak dan Vitamin Sistem Imunitas Anak, Prodia untuk kategori Laboratorium Klinik, Morinaga untuk kategori Susu Formula, Carvil untuk Kategori Sepatu Sandal, dan Hufagrip untuk kategori Obat Flu & Batuk Anak.

 

 

NERACA


Jakarta - Masifnya penggunaan internet di kalangan masyarakat selama Pandemi Covid-19 telah melahirkan habit baru dalam memenuhi kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan, masyarakat semakin mengandalkan internet dalam mencari sebuah produk yang dibutuhkan.

Tingginya pengguna internet itu dapat dilihat dari laporan terbaru We Are Social, pada bulan Februari 2022, yang mengungkap jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 205 juta, yang berarti 73,7% dari populasi Indonesia telah menggunakan internet. Dari jumlah pengguna intersebut tersebut, 191 juta orang merupakan pengguna aktif media sosial, yang mengalami peningkatan 12,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Adanya tren tersebut telah menjadi fokus sejumlah kalangan, salah satunya TRAS N CO Indonesia, yang fokus pada penilaian dan perkembangan brand di Indonesia. Sejak awal kehadirannya, tahun 2015 lalu, perusahaan consulting yang fokus terhadap industri digital ini telah merekam beragam aktivitas brand membangun brand di ranah digital.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, semakin pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini, mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut brand untuk dapat menghadirkan strategi promosi yang tepat di ranah digital, yang bertujuan menjadi terkenal di ranah digital. “Tentunya brand dituntut untuk semakin kreatif lagi dalam membangun brand mereka,” jelas Tri Raharjo, seperti dikutip dalam keterangannya, Jumat (3/6). 

Untuk mengukur brand-brand populer ranah digital, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Bases, dan Website Based.

“Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase kedua, yang dilakukan pada bulan Februari hingga April 2022. Riset dilakukan terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand teriset,” jelas Tri Raharjo.

Selanjutnya dari hasil riset tersebut, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id sebagai number one brand media, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan terhadap brand-brand populer di kategori produknya di dunia digital. Penghargaan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-26, atau di tahun ke-7 untuk fase kedua, yang diselenggarakan pada Selasa (31/5).

Susilowati Ningsih, CEO Indobrand.id menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibanding dengan brand lain. Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet.

“Tentu, dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, maka sebuah brand akan mendapat kepercayaan konsumen di internet dari para netizen dalam memilih sebuah produk,” ujar Susilowati Ningsih.

Adapun hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 untuk Fase Kedua, 10 kategori brand paling banyak diulas di halaman internet adalah; Sepeda Motor Matic dengan 51,15 juta ulasan, Sepeda Motor Sport dengan 20,37 juta ulasan, Listing Properti Online dengan 12,43 juta ulasan, Sepeda Motor Bebek dengan 11,75 juta ulasan, Resto Fried Chicken dengan 8,1 juta ulasan, Sepatu Running dengan 7,7 juta ulasan, Parfum dengan 7,4 juta ulasan, Kredit Barang Elektronik dengan 7,1 juta ulasan, Bra dengan 4,1 juta ulasan, dan Ban Motor dengan 3,7 juta ulasan.

Dan untuk 10 kategori brand paling banyak dicari secara bulanan antara lain; Resto Fried Chicken dengan 1,1 juta pencarian, kemudian City Car dengan 341,1 ribu pencarian, Sepeda Motor Matic 323,4 ribu pencarian, Mobil SUV 320,2 ribu pencarian, Mobil MPV dengan 250,2 ribu pencarian, Sepatu Sandal dengan 217,4 ribu pencarian, Laboratorium Klinik dengan 206,5 ribu pencarian, Supermarket Perabot Rumah Tangga dengan 175,9 ribu pencarian, Kredit Barang Elektronik dengan 165,5 ribu pencarian, dan Celana Jeans dengan 158,8 ribu pencarian.

Dan untuk peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 Fase 2 antara lain; KFC untuk kategori Resto Fried Chicken, YKK AP untuk kategori Kusen Alumunium, BAF untuk kategori Kredit Barang Elektronik, Eterna untuk kategori Kabel Listrik, Wuling Almaz untuk kategori Mobil SUV, Milna untuk kategori Biskuit Bayi, Germany Brilliant untuk kategori Shower, OBH Combi Anak untuk kategori Obat Flu & Batuk Anak, Sakatonik untuk kategori Multivitamin Penambah Nafsu Makan Anak dan Vitamin Sistem Imunitas Anak, Prodia untuk kategori Laboratorium Klinik, Morinaga untuk kategori Susu Formula, Carvil untuk Kategori Sepatu Sandal, dan Hufagrip untuk kategori Obat Flu & Batuk Anak.

BERITA TERKAIT

MOVI Buka Peluang Kerjasama Franchise

  Ministry of Vape Indonesia (MOVI) salah satu pioneer distributor produk E-Cigarettes dan E-Liquid di Indonesia, telah mengumumkan kesiapannya untuk…

DSC 2022 Cari Sosok Pengusaha yang Punya Karakter Kuat

  NERACA Jakarta – Ajang kompetisi untuk para wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) 2022 kembali dibuka. Dewan Komisioner sekaligus Program…

Petaverse Dogami Sukses Luncurkan 8.000 NFT

  Pada akhir Februari 2022, petaverse pertama di dunia Dogami telah melakukan peluncuran dengan dukungan kuat dari komunitas Tezos. Dogami…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

MOVI Buka Peluang Kerjasama Franchise

  Ministry of Vape Indonesia (MOVI) salah satu pioneer distributor produk E-Cigarettes dan E-Liquid di Indonesia, telah mengumumkan kesiapannya untuk…

DSC 2022 Cari Sosok Pengusaha yang Punya Karakter Kuat

  NERACA Jakarta – Ajang kompetisi untuk para wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) 2022 kembali dibuka. Dewan Komisioner sekaligus Program…

Petaverse Dogami Sukses Luncurkan 8.000 NFT

  Pada akhir Februari 2022, petaverse pertama di dunia Dogami telah melakukan peluncuran dengan dukungan kuat dari komunitas Tezos. Dogami…