Chitose Targetkan Penjualan Tumbuh 21,04%

NERACA

Jakarta – Berhasil membukukan pertumbuhan penjualan di kuartal pertama 2022 sebesar 36,24%, menjadi keyakinan PT Chitose Internasional Tbk (CINT) bila target bisnis tahun ini bakal tercapai. Dimana perseroan menargetkan pertumbuhan kinerja penjualan 21,04% menjadi Rp 347,56 miliar. Hal ini seiring mulai pulihnya ekonomi Indonesia. Sebelumnya, CINT membukukan penjualan bersih Rp 287,14 miliar sepanjang 2021.

Direktur Utama Chitose internasional (CINT), Kazuhiko Aminaka mengatakan, tahun 2021 merupakan tahun kedua pandemi Covid-19, sehingga dampak langsung dan tidak langsung masih terasa berat bagi perusahaan. Meski demikian, manajemen tetap melakukan berbagai strategi untuk mempertahankan performa perusahaan, sekaligus mempersiapkan pijakan kokoh menuju loncatan lebih baik pasca pandemi.“Kami tetap optimistis untuk bangkit bersama pelaku bisnis lainnya, dengan semangat agresif dan fleksibel. Strategi market sebelumnya harus terus diperkuat lagi, di antaranya aktif ikut tender proyek pemerintah dan swasta, fokus pada target pasar, dan perkuat research and development atau R&D demi menghasilkan produk inovatif,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Disampaikan Kazuhiko, optimisme penjualan tahun ini bakal tercapai sejalan dengan perbaikan kinerja Chitose internasional pada kuartal I-2022, dengan penjualan bersih meningkat jadi Rp 71,87 miliar atau 36,24% dibandingkan kuartal I-2021 senilai Rp 52,75 miliar. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, perseroan mencatatkan laba bruto sebesar Rp 18,97 miliar, juga meningkat 21,73% dibandingkan periode sama tahun lalu. CINT optimistis kinerja perseroan akan cenderung membaik sepanjang 2022.

Tahun ini, Chitose internasional menyiapkan alokasi belanja modal (capital expenditure/capex) dari dana internal sebesar Rp 2,9 miliar untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kualitas produk. Kemudian berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), perseroan berencana membagikan dividen Rp 1 miliar dari saldo laba ditahan yang belum ditentukan penggunaannya.“Sebesar Rp 1 miliar dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham sesuai porsi kepemilikan saham,”kata Kazuhiko

Dividen tersebut akan dibagikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 8 Juni 2022 pukul 16.00 WIB. Dividen akan dibagikan pada 29 Juni 2022, sesuai ketentuan dan perundang-undangan berlaku. Sementara Direktur Chitose internasional (CINT), Susanto menambahkan, strategi penjualan dan pemasaran tahun ini disusun dengan melihat bahwa 2022 adalah momentum pemulihan. Sejalan dengan target pertumbuhan ekonomi Indonesia dan global yang membaik, dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 5%-5,5%, maka perseroan optimistis prospek bisnis akan membaik.

Susanto menambahkan, sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan pemasaran dan penjualan berkelanjutan, Chitose membangun ekosistem bisnis yang solid, didukung karyawan, jaringan pemasaran, serta mitra usaha seluruh Indonesia. Perseroan masih berupaya memperluas jaringan pemasaran dengan penetrasi wilayah berpotensi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

 

BERITA TERKAIT

Jadi Pengedali Baru - Delta Wibawa Tengah Tender Wajib Saham LUCY

NERACA Jakarta – Bakal menjadi pemegang saham pengendali baru di PT Lima Dua Lima Tiga Tbk (LUCY) yang merupakan emiten…

Cari Modal Lewat Right Issue - Panorama Bakal Lepas 1,2 Miliar Saham Baru

NERACA Jakarta – Perkuat modal guna mendanai pengembangan bisnis dan termasuk melunasi utang di tengah kembali menggeliatnya industri pariwisata pasca pandemi,…

Dorong Efisiensi Bisnis - Triputra Agro Merger Dua Cucu Perusahaan

NERACA Jakarta – Dorong efisiensi bisnis guna mendorong pertumbuhan, emiten perkebunan PT Triputra Agro Persada Tbk. (TAPG) melakukan merger dua…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Jadi Pengedali Baru - Delta Wibawa Tengah Tender Wajib Saham LUCY

NERACA Jakarta – Bakal menjadi pemegang saham pengendali baru di PT Lima Dua Lima Tiga Tbk (LUCY) yang merupakan emiten…

Cari Modal Lewat Right Issue - Panorama Bakal Lepas 1,2 Miliar Saham Baru

NERACA Jakarta – Perkuat modal guna mendanai pengembangan bisnis dan termasuk melunasi utang di tengah kembali menggeliatnya industri pariwisata pasca pandemi,…

Dorong Efisiensi Bisnis - Triputra Agro Merger Dua Cucu Perusahaan

NERACA Jakarta – Dorong efisiensi bisnis guna mendorong pertumbuhan, emiten perkebunan PT Triputra Agro Persada Tbk. (TAPG) melakukan merger dua…