Publisher Game Online Manfaatkan Media sosial

NERACA

Situs-situs media social merupakan lahan yang efektif dalam menarik gamers secara instan. Peluang emas inipun tidak dilewatkan oleh DGI, dengan cepat pengembang game online inipun memanfaatkan situs jejaring social Facebook untuk menghadirkan Freesia City, game hasil besutannya.

Jejaring social hadir dari kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk social, di mana segala kehidupannya terkoneksi dengan orang lain. Jika pengguna jejaring social dimintai tanggapannya tentang pemanfaatan jejaring social dalam aktivitas kehidupannya, tentu akan timbul jawaban yang beragam.

Mulai dari penggunaan jejaring social sebagai saluran promosi dan pemasaran, atau sebagai media interaksi dan sosialisasi, bahkan sampai pada wadah penyalur pikiran dan ide maupun hobi. Ya, seperti itulah kontribusi yang diberikan media social yang pada akhirnya menjadi tren dan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat dunia, khususnya Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Co-founder PT Dhub Digital Indonesia (DGI), Deasy Valentine Leann. Dia memaparkan bahwa ada sebagian orang yang berpendapat jika media sosial membuat masyarakat malas untuk melakukan interaksi nyata dengan orang-orang lain.

Hal tersebut pun lantas cepat dibantahnya. Menurut dia, kehadiran media social justru membawa dampak yang positif.

“Justru sebaliknya, media sosial memfasilitasi masyarakat kita, sehingga bisa tetap berinteraksi di sela-sela intensitas keseharian yang berbeda dari waktu ke waktu,” katanya.

Salah satu kontribusi yang diberikan media sebagai sarana utama interaksi sosial banyak orang ini adalah terbukanya peluang dan kesempatan bagi para publisher game online untuk mengintegrasikan fitur game dan memasangnya di dalam media sosial tersebut.

Seperti efek bola salju, game online dapat menjadi jembatan komunikasi untuk berbagi pengetahuan mengenai dunia dari orang yang berbeda pandangan. Selain itu, menjadi wadah interaksi sosial antara orang-orang dengan kegemaran yang sama. Artinya, game online memiliki andil yang cukup besar dalam pembentukan sebuah media sosial.

Melihat  peluang dan besarnya animo masyarakat dunia dan Indonesia akan game online, perusahaan yang berbasis di Singapura dan Indonesia ini mengembangkan game berplatform Facebook, dengan nama Freesia City.  Dalam proses pembuatannya, DGI melibatkan tim programmer, desainer game, dan tim desainer lokal.

“Freesia adalah nama jenis sebuah bunga yang memiliki arti sweetness, friendship, dan trust. Jadi, ketiga sifat itulah yang kami jadikan tema dan nuansa dalam game ini,” ungkap Deasy.

Keunggulan Freesia City dari game sejenis adalah fitur-fitur sosial yang bersifat real-time, seperti chatting dan multiplayer mini-games yang memungkinkan pemain berinteraksi langsung di dalam game.

Game ini murni dikembangkan oleh anak bangsa dan DGI terus mencari tenaga berkualitas untuk mengembangkan game-game selanjutnya. Yang pasti ke depannya, Freesia City akan terus dikembangkan dan kami akan memproduksi game online lain,” ujar Deasy kembali.

Pemasaran

Mengenai aktivitas pemasaran game Freesia City, Deasy mengaku bahwa untuk memasarakan game yang masih dalam close beta version ini masih melalui media sosial dan belum dilakukan secara luas. Namun, tidak tertutup kemungkinan DGI akan bekerja sama dengan pihak lain, setelah game ini masuk pada tahap open beta.

“Selain game Freesia City, DGI juga mengerjakan proyek-proyek untuk klien dalam bentuk game dan aplikasi Facebook. Dapat dikatakan, main profit kami dari proyek-proyek tersebut,” jelasnya.

Freesia City sudah diperkenalkan ke beberapa negara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Antusiasme para gamers pun cukup tinggi, sampai saat ini Freesia City sudah memiliki 115 ribu  pengguna aktif dan sekitar 145 ribu fans.

Dalam memudahkan para penggunanya, Freesia City juga melakukan edukasi mengenai update dan info yang diciptakan dan dikirim melalui www.facebook.com/freesian. Di web ini, gamers akan menerima strategi permainan, tips dan trik, dan bahkan menjadi ajang kreativitas dalam foto kontes dan forum untuk berkomunikasi antar pemain yang membutuhkan bantuan dalam bermain.

BERITA TERKAIT

Gandeng Kerjasama SPOTV - IndiHome Hadirkan Tayangan Olahraga Terbaik Dunia

Tingkatkan pelayanan kepada pelanggan, IndiHome sebagai perusahaan layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya…

Rencana Kredivo Go Public - Investasi Telkom di Bisnis Digital Berbuah Manis

Agresifnya investasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya MDI Ventures di beberapa perusahaan digital mulai berbuah manis.…

Dukung Percepatan Penanganan COVID-19, Net1 Indonesia Donasikan Perangkat dan Layanan Internet Gratis

NERACA Jakarta – PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Net1 Indonesia) sebagai penyedia layanan mobile data broadband 4G LTE yang merupakan bagian…

BERITA LAINNYA DI

Gandeng Kerjasama SPOTV - IndiHome Hadirkan Tayangan Olahraga Terbaik Dunia

Tingkatkan pelayanan kepada pelanggan, IndiHome sebagai perusahaan layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya…

Rencana Kredivo Go Public - Investasi Telkom di Bisnis Digital Berbuah Manis

Agresifnya investasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya MDI Ventures di beberapa perusahaan digital mulai berbuah manis.…

Dukung Percepatan Penanganan COVID-19, Net1 Indonesia Donasikan Perangkat dan Layanan Internet Gratis

NERACA Jakarta – PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Net1 Indonesia) sebagai penyedia layanan mobile data broadband 4G LTE yang merupakan bagian…