Realisasi Infrastruktur Kepentingan Umum Pacu Pemulihan Ekonomi Kota - Kinerja Walikota Depok 2021

NERACA

Depok - Walikota Depok Dr. KH. Mohammad Idris MA yang berpasangan dengan wakilnya H. Imam Budi Hartono, terus komitmen berupaya menanggulangi berbagai masalah kesehatan dengan tetap berupaya memacu pemulihan ekonomi daerah Kota Depok‎ dengan berbagai strategi pembangunan "Gas dan Rem" meski anggaran terbatas. Berbagai infrastruktur jalan, Jembatan, drainase dan trotoar diupayakan agar arus lalu lintas perekonomian dapat berjalan lancar dan terpacu pemuilihannya, selain juga dibangun  infrastruktur bidang pendidikan, PKK, taman dan Lainnya. Demikian rangkuman liputan dan data yang diperoleh NERACA dari berbagai keterangan dari Dinas Kominfo Kota Depok dan dinas terkait lainnya, setahun menjabat Kepala Daerah Kota Depok pada. awal Februari 2022. 

Dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, telah direalisasikan hampir di semua wilayah Kecamatan. Diantaranya, penataan trotoar segmen I di Jalan Margonda Raya

pada 27 Desember 2021, Pemkot Depok telah merampungkan penataan trotoar segmen I di Jalan Margonda Raya. Adapun panjang trotoar yang dibangun mencapai 700 meter. Titik yang dikerjakan yaitu sisi timur dari batas Jalan Margonda Raya dan Jalan Siliwangi hingga Jalan Dahlia. Kemudian, sisi barat dari jalan masuk Cafe Poelang Kampung sampai dengan pintu keluar Balai Kota Depok.

Selain itu, juga pembangunan drainase pada tahun Anggaran 2021, Pemkot Depok terus reaisasikan pembangunan drainase di Kota Depok."Tercatat, sebanyak 685 pekerjaan drainase dibangun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR Kota Depok di tahun 2021," ujar Kadis PUPR Citra MSi sebagaimana Dijelaskan Kadiskominfo, Manto SH.

Dijelaskan pula, telah direalisasikan peningkatan mutu dalam program ketahanan keluarga.

Untuk peningkatan mutu dalam program ketahanan keluarga. Dalam hal ini  Kota Depok berhasil menggelar program Sekolah Ayah Bunda sebanyak 25 pasang peserta dan Sekolah Pra Nikah. Oleh karena itu, pada tahun 2021 dibuat inovasi Sekolah Ayah Bunda Spesial sebanyak 25 pasutri dan Sekolah Pra Nikah bagi kaum disabilitas.

Dikemukakan pula, Inovasi Gladis TiktoK pada tahun 2021, Pemkot Depok menciptakan inovasi Gebyar Layanan Disdukcapil Tingkat Kecamatan se- Kota Depok atau Gladis Tiktok. Ini merupakan upaya Pemkot Depok melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mempermudah masyarakat  mengurus dokumen kependudukan yang akan selesai dalam satu hari. Gladis Tiktok digelar sejak 12 November hingga 18 Desember 2021 di 11 kecamatan. 

Dikatakan, lewat gelaran tersebut, Pemkot berhasil menerbitkan 15.196 dokumen kependudukan. Belasan ribu dokumen kependudukan tersebut dengan rincian 1.711 Akta Kelahiran, 467 Akta Kematian dan 13.018 Kartu Identitas Anak (KIA).

Kemudian,  fasilitasi Pencari Kerja atau Pencaker untuk mendapatkan pekerjaan, Pemkot Depok terus memfasilitasi para pencari kerja atau pencaker untuk mendapatkan pekerjaan. Tercatat, Pemkot Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) telah memfasilitasi pendaftaran 3.900 pencari kerja dengan jumlah yang di tempatkan sebanyak 1.352.

Bahkan, dijelaskan pula bahwa Kartu Depok Sejahtera pada 15 September 2021, Pemkot Depok resmi meluncurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS). KDS merupakan kartu dengan beragam layanan Bantuan Sosial bagi warga pra sejahtera di Kota Depok. Adapun KDS ini memiliki tujuh layanan manfaat. Antara lain Pelayanan Kesehatan gratis melalui PBI-APBD Depok, Bantuan Pendidikan bagi siswa dan Mahasiswa Berprestasi, Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Bantuan Bantuan Santunan Kematian (Sankem), Bantuan Ketersediaan Pangan bagi Lansia dan Disabilitas, Pelatihan Keterampilan dan Bantuan Usaha dan Penyaluran Kerja. 

Pasangan Walikota/Wakil Walikota Depo Mohammad Idris/IBH, juga realisasikan upaya bangkitkan UMKM di tengah pandemic. Selain itu, Pemkot Depok juga turut membantu kebangkitan para UMKM, melalui pelatihan packaging produk untuk , fasilitasi ekspor produk UMKM ke luar negri, serta meluncurkan toko oleh-oleh online di ). Selain itu, juga. diprogramkan pemberian insentif.

Pada tahun 2021, Pemkot Depok sudah menyalurkan dana insentif kepada 915 pembimbing rohani agama Islam, 65 pembimbing rohani agama Kristen, 16 pembimbing rohani agama katolik, 2 pembimbing rohani agama Hindu, serta 2 pembimbing rohani agama Konghuchu.

Juga telah dirampungkan pembangunan RSUD Kota Depok Wilayah Timur. Pada penutup tahun 2021, Pemkot Depok merampungkan pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Sehat Afiat di wilayah timur Kota Depok. Direncanakan RSUD di wilayah timur Kota Depok tersebut akan diresmikan dan beroperasi di tahun 2022.

Penghargaan Kota Depok

Salah satu indikator kemajuan yang diraih Kota Depok dengan raihan beberapa penghargaan bergengsi. Pada tahun 2021, Kota Depok pun banyak penghargaan, baik tingkat nasional, provinsi maupun penghargaan dari institusi lainnya.  

Sejumlah penghargaan paling bergengsi yang diraih Kota Depok antara lain predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia 10 kali berturut-turut, BKN Awards, kelurahan terbaik oleh tanah baru untuk tingkat provinsi, Pelaksana terbaik 1 P2WKSS, Penghargaan Penyelenggaraan Pembangunan Jalan Terbaik di Indonesia dan serta Kampung KB Awards Kepada Wali kota Depok atas dedikasinya terhadap program Kampung KB di Kota Depok oleh BKKBN Provinsi Jawa Barat. Selain itu Kota Depok berhasil mempertahankan predikat Nindya pada ajang penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Dengan raihan tersebut, telah meraih predikat yang sama sebanyak empat kali secara berturut-turut yaitu pada 2017, 2018, 2019, dan 2021. 

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok juga meraih penghargaan untuk Taman Lembah Gurame dengan predikat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Tahun 2019. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI. Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). 

Penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk Depok Smart Pole (DSP), selanjutnya Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru Tembus 10 Besar Nasional, Penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Penghargaan itu diberikan karena Kota Depok sukses meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia 10 kali berturut-turut. Dinkes Depok melalui Inovasi Surat Jaminan Pelayanan (SJP) Online sebagai  Finalis Top Inovasi Jabar Tahun 2021. Program Sekolah Ayah Bunda besutan Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menyabet penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan didapat sebagai Finalis Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Jabar 2021.

Selanjutnya penghargaan yang diterima oleh Aparatur Sipil Negara lima tenaga kesehatan (nakes) di Kota Depok mendapatkan penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2021 yaitu juara I kategori dokter gigi dari Puskesmas Kemirimuka Faradilla Mauliningrum, juara II kategori perawat dari Puskesmas Jatijajar Wa Ode Moliyuni, dan juara I kategori bidan dari Puskesmas Mekarsari Ratih Rahmadhanny.

Selanjutnya, juara III kategori nakes masyarakat atau tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku atau penyuluh kesehatan dari Puskesmas Sukmajaya Sari Puspito Donowati. Lalu, juara II kategori tenaga gizi atau nutrisionis dari Puskesmas Sawangan Indah Rozalina.

Untuk warga masyarakat, Sanusi dan Heri Syaefudin memperoleh penghargaan dalam Kategori Individu/Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Kategori (Perintis Lingkungan), Kategori program Kampung Iklim (Proklim) diraih RW 10 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya dan RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung. Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) diraih oleh SDN Leuwinanggung 2 dan SMP Ar-Ridha Al Salaam. 

Lalu, Posyandu Karunia RW 01 Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji berhasil unggul meraih  juara pertama pada Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2021. Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kelurahan Mampang serta Kelurahan Bojong Pondok Terong Kelurahan Sadar Hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Republik Indonesia, Saat ini sebanyak 63 kelurahan yang ada di Kota Depok kini menyandang predikat Kadarhum. Tim Penggerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Beji telah memborong banyak prestasi di lima kategori pada Lomba 10 Program PKK Tahun 2021 Tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu Juara 1 Lomba Tertib Administrasi, Juara 1 Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Juara 2 Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR). Kemudian, JuaraHarapan 1 Lomba Hatinya PKK dan Juara Harapan 1 Lomba Pelaksanaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) Test.

Selain itu di bidang budaya Gong Si Bolong ditetapkan sebagai warisan budaya Takbenda (WBTb) dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  pada tanggal 26 - 30 Oktober 2021.

Atas semua kinerja dan penghargaan yang diraih Kota Depok pada tahun 2021, semoga di tahun 2022 mampu memberikan layanan lebih baik lagi kepada masyarakat. Dengan begitu, mampu meningkatan IPM atau indeks pembangunan manusia di Kota Depok. Selain juga mewujudkan Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.‎ Demikian Data Bahan dan keterangan serta Liputan yang diperoleh NERACA dari catatan Diskominfo Kota Depok. Dasmir

 

BERITA TERKAIT

Pelindo Fasilitasi 3 UMK Unggulan Ikut Pameran di Luar Negeri

NERACA Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berpartisipasi di ajang pameran International Food and Hotel Asia (FHA) Food…

MenKopUKM: 57th APEC SMEWG Jadi Forum Strategis Tuntaskan Tantangan UMKM

NERACA Bali – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyatakan forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group…

Dishub Kota Sukabumi Tangani Puluhan Kerusakan PJU

NERACA Sukabumi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menerima laporan kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 49 aduan yang tersebar…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Pelindo Fasilitasi 3 UMK Unggulan Ikut Pameran di Luar Negeri

NERACA Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berpartisipasi di ajang pameran International Food and Hotel Asia (FHA) Food…

MenKopUKM: 57th APEC SMEWG Jadi Forum Strategis Tuntaskan Tantangan UMKM

NERACA Bali – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyatakan forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group…

Dishub Kota Sukabumi Tangani Puluhan Kerusakan PJU

NERACA Sukabumi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menerima laporan kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 49 aduan yang tersebar…