Industri Otomotif Kembali Bergairah - PPnBM Dilanjutkan

NERACA

Jakarta - Pemerintah akan melanjutkan insentif pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM) untuk pembelian mobil harga Rp200 juta hingga Rp250 juta pada tahun ini. Sedangkan diskon PPnBM DTP 100% berlaku untuk mobil jenis low cost green car (LCGC).

“Sesuai yang disampaikan oleh Bapak Menko Perekonomian bahwa Bapak Presiden telah menyetujui perpanjangan insentif PPnBM DTP untuk kendaraan bermotor ini. Namun ada persyaratan lokal content atau local purchase, yang sedang dibahas nilainya oleh tim teknis,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta.

Dalam skemanya, lanjut Agus, diskon PPnBM 100% untuk mobil LCGC akan berlaku sepanjang kuartal I tahun 2022. Pada kuartal II-2022, pemerintah akan mengenakan tarif PPnBM sebesar 1% dan 2% pada kuartal III-2022. Pada tiga bulan terakhir tahun ini, program mobil murah ini akan dikenakan pajak barang mewah sesuai PP 74/2021, yakni 3%.

Berikutnya, skema untuk kendaraan dengan harga Rp200 juta–Rp 250 juta, yang tarif PPnBM-nya sebesar 15%, pada Kuartal I ini akan diberikan insentif sebesar 50% yang ditanggung pemerintah, sehingga masyarakat hanya membayar PPnBM sebesar 7,5%, dan di kuartal II kembali membayar penuh sebesar 15%.

Pada tahun lalu, diskon PPnBM 100% diberikan kepada mobil yang memiliki local purchase sebanyak 60%. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 120/2021, dengan ketentuan diskon PPnBM 100 % untuk mobil dengan isi silinder di bawah 1.500 cc, diskon sebesar 50% untuk mobil dengan isi silinder 1.501-2.500 cc berpenggerak 4x2, dan potongan 25% untuk mobil berkapasitas sama dan berpenggerak 4x4.

Apabila merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terjadi peningkatan penjualan mobil secara wholesales (pabrik ke diler) maupun ritel (diler ke konsumen) pada 2021. Pertumbuhannya mencapai 66,6% (yoy) untuk penjualan wholesales dan 49,2% (yoy) untuk ritel. Jumlah penjualan mobil (wholesales) sepanjang 2021 tercatat mencapai 887.200 unit dan penjualan mobil (ritel) mencapai 863.359 unit.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto menilai dampak positif dari insentif PPnBM mobil tak bisa dianggap remeh. “Lihat saja dari angka penjualan sebelum dan sesudah Maret 2021, pengaruh PPnBM DTP sangat besar. Kami telah memberikan masukan-masukan kepada pemerintah melalui Kemenperin,” ujar Jongkie.

Gaikindo, lanjut Jongkie, telah menargetkan penjualan mobil pada 2022 mencapai 900 ribu unit. Angka itu sejatinya masih lebih rendah daripada sebelum pandemi yang mencapai 1 juta penjualan per tahun.

Berdasarkan Kementerian Perindustrian, kinerja penjualan mobil peserta PPnBM DTP tahun lalu pada periode Maret-Desember 2021 sebanyak 519 ribu unit atau meningkat sebesar 113% (275 ribu unit) dari periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini berkontribusi cukup besar terhadap pertumbuhan industri alat angkutan pada triwulan II dan III tahun 2021 masing-masing sebesar 45,2% (yoy) dan 27,8% (yoy).

BERITA TERKAIT

Mitsubishi Fuso Bertransformasi Fuso Maru-P Menjadi Fighter X Baru - Hadapi EURO 4

NERACA Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation…

New Hiace dan New Dyna Tampil Lebih Modern

Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara bersamaan menghadirkan New Hiace dan New Dyna untuk memenuhi kebutuhan di sektor komersial…

MMKSI Luncurkan Lebaran Campaign, Dampingi Konsumen Mudik

NERACA Jakarta, – Memasuki periode libur dan hari raya Lebaran, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), distributor resmi…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Mitsubishi Fuso Bertransformasi Fuso Maru-P Menjadi Fighter X Baru - Hadapi EURO 4

NERACA Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation…

New Hiace dan New Dyna Tampil Lebih Modern

Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara bersamaan menghadirkan New Hiace dan New Dyna untuk memenuhi kebutuhan di sektor komersial…

MMKSI Luncurkan Lebaran Campaign, Dampingi Konsumen Mudik

NERACA Jakarta, – Memasuki periode libur dan hari raya Lebaran, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), distributor resmi…