Ini Sinyal Tubuh Jika Kesehatan Bermasalah

Cairan yang dikeluarkan tubuh bisa menjadi tanda tentang kondisi kesehatan. Pasalnya, tubuh kerap memberikan sinyal saat timbul potensi masalah. Cairan tubuh tersebut di antaranya adalah keringat, darah, ingus, serta urine. Berikut sinyal yang disampaikan tubuh saat kondisi kesehatan bermasalah.

1. Keringat

"Berkeringat benar-benar merupakan mekanisme untuk mendinginkan tubuh Anda," kata Felicia Stoler, dokter nutrisi klinis dan ahli gizi diet, seperti dikutip LiveStrong. Lalu, bagaimana tubuh memberi sinyal kondisi kesehatan lewat keringat? Menurut Stoler, beberapa orang berkeringat lebih banyak daripada yang lain dan beberapa mengeluarkan lebih banyak natrium dalam keringat mereka.

Saat lebih banyak natrium dalam keringat dan menyebabkannya asin, ini menjadi tanda bahwa Anda perlu mengisi kembali elektrolit untuk menghindari dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, pisang, serta susu.

Selain keringat asin, tiba-tiba berkeringat banyak saat Anda tak aktif beraktivitas juga menjadi menjadi pertanda lebih serius. Menurut Cleveland Clinic, tiba-tiba berkeringat banyak dapat terjadi jika mengalami: Serangan jantung, Diabetes, Kondisi tiroid, Kanker

2. Darah

Menurut American Society of Hematology (ASH), darah memiliki fungsi penting dalam mengangkut limbah dari ginjal dan hati dan mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh melalui hemoglobin yang ditemukan dalam sel darah merah. Berikut tanda-tanda tubuh memberitahu ada sesuatu yang salah lewat darah Anda.

Anemia. Saat anemia, Anda akan merasa lemah, pusing, serta sesak napas. Jika merasakan gejala tersebut, Anda dapat segera memeriksanya.

Darah yang tidak menggumpal. Darah yang tidak mudah menggumpal juga memperingatkan bahwa ada sesuatu yang terjadi.

Misalnya, Anda mengalami mimisan yang tidak mau berhenti atau luka di jari Anda yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Menurut Stoler, penyebabnya mungkin akibat mengonsumsi aspirin atau antikoagulan, yang mengencerkan darah Anda. "Tidak ada aturan keras dan cepat untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggumpal untuk mengetahui apakah itu masalah," kata Stoler.

Tetapi jika darah Anda secara konsisten lambat untuk membeku, itu bisa menjadi gejala leukemia, yang dapat didiagnosis oleh dokter Anda dengan tes darah, menurut American Cancer Society (ACS). Gejala lain dari kanker ini meliputi, penurunan berat badan, kelelahan, demam, keringat saat malam, dan kehilangan selera makan.

Tekanan darah tinggi. Tanda lain yang harus diperhatikan adalah tekanan darah. Menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah tidak boleh melebihi 120/80 dalam kondisi normal.

Apa pun yang lebih tinggi dari ambang batas tersebut menjadi tanda tekanan darah tinggi yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung Anda dan menyebabkan serangan jantung, stroke, atau penyakit jantung.

3. Ingus

Menurut Harvard Health Publishing, lapisan hidung menghasilkan satu liter atau lebih banyak lendir setiap hari. Meskipun kedengarannya menjijikkan, ingus itu bertindak sebagai penghalang pelindung, menyaring udara yang Anda hirup untuk menjaga dari debu dan bakteri yang masuk. Berikut tanda masalah tubuh dilihat dari warna ingus.

 Jernih. Cleveland Clinic menyebutkan, ingus yang jernih adalah normal dan biasanya menunjukkan bahwa Anda bebas penyakit. Tetapi jika hidung Anda mengeluarkan ingus secara berlebihan, itu bisa berarti Anda memiliki alergi seperti demam, menurut Mayo Clinic. Seperti Putih. Lendir putih menjadi tanda hidung tersumbat atau mengalami infeksi atau pilek.

Kuning. Ketika lendir putih berubah menjadi kuning, itu pertanda penyakit Anda berkembang. Rona kuning itu adalah hasil dari zat penangkal penyakit yang digunakan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Hijau. Jika lendir putih atau kuning tidak mampu membersihkan semua kuman penyebab penyakit, sistem kekebalan tubuh Anda menjadi overdrive, yang dapat mengubah ingus Anda menjadi hijau.

Pink, merah, cokelat. Ingus berwarna merah berarti ada darah di saluran hidung Anda, yang bisa jadi akibat cedera, iritasi, atau mimisan.

Hitam. Ingus hitam dapat mengindikasikan infeksi jamur yang serius, terutama pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu, menurut Cleveland Clinic. Segera ke dokter jika mengalaminya.

4. Urine

Menurut Stoler, urine berwarna pucat dan melimpah adalah yang ideal. Anda tidak perlu khawatir tentang kencing berwarna kuning atau merah jingga, yang menunjukkan bahwa Anda mengalami dehidrasi, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C, atau makan makanan berwarna merah seperti bit. Tetapi beberapa warna dan bau bisa lebih mengkhawatirkan dan dapat membantu untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang salah pada tubuh.

Cokelat tua. Urine berwarna gelap dan kecoklatan bisa menjadi tanda porfiria, gangguan yang mengancam sistem saraf.

Merah. Darah dalam urine Anda berarti Anda bisa berurusan dengan sesuatu yang langsung seperti infeksi saluran kemih atau batu ginjal.

Oranye. Anda juga harus mengunjungi spesialis jika kencing Anda berwarna oranye. Ini bisa menunjukkan bahwa hati Anda tidak bekerja dengan baik - terutama jika Anda juga melihat warna kuning pada kulit dan mata Anda.

Kencing manis atau bau Apek. Menurut NLM, urine seharusnya tidak mengeluarkan banyak aroma karena sebagian besar terdiri dari air. Namun urine berbau manis bisa menjadi tanda diabetes atau masalah metabolisme lainnya. Dan jika urin Anda berbau apek, itu mungkin merupakan tanda penyakit hati.

BERITA TERKAIT

Vina Panduwinata Gandeng Brand Lokal Melawan Diabetes

Kasus diabetes di Indonesia kini kian jadi masalah serius. Menurut International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai…

Agar Stamina Terjaga Saat Puasa - Penting Pahami Pola Nutrisi Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Konsumsi masyarakat saat puasa Ramadan menjadi dua kali lipat, maka penting bagi masyarakat untuk menjaga stamina dengan apa yang dikonsumsi.…

Garmin Rayakan Hari Perempuan - Kampanyekan Jiwa Raga Bugar Lewat Run Like A Girl

Dalam rangka merayakan International Women’s Day 2024, pemimpin smartwatch GPS multisport yang inovatif, Garmin menyelenggarakan perayaan meriah di Indonesia pada…

BERITA LAINNYA DI Kesehatan

Vina Panduwinata Gandeng Brand Lokal Melawan Diabetes

Kasus diabetes di Indonesia kini kian jadi masalah serius. Menurut International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai…

Agar Stamina Terjaga Saat Puasa - Penting Pahami Pola Nutrisi Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Konsumsi masyarakat saat puasa Ramadan menjadi dua kali lipat, maka penting bagi masyarakat untuk menjaga stamina dengan apa yang dikonsumsi.…

Garmin Rayakan Hari Perempuan - Kampanyekan Jiwa Raga Bugar Lewat Run Like A Girl

Dalam rangka merayakan International Women’s Day 2024, pemimpin smartwatch GPS multisport yang inovatif, Garmin menyelenggarakan perayaan meriah di Indonesia pada…