Maybank Hadirkan Tabungan U - Solusi Unggulan Single-Income Family Kejar Aspirasi

Single-income family atau keluarga yang memiliki tulang punggung tunggal merupakan hal yang biasa ditemukan dalam kehidupan berkeluarga. Di era modern saat ini, cost of living pun meningkat setiap tahunnya, dan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi keluarga yang mengandalkan hanya pada satu sumber pendapatan saja, terutama pada keluarga muda yang baru saja memulai kehidupan berkeluarga.

Pada umumnya, sang income generator keluarga sangat bergantung pada beberapa faktor, diantaranya budaya dan norma yang mengatur relasi dan peran dalam rumah tangga yaitu pihak si pencari nafkah dan pihak yang merawat rumah tangga serta si buah hati. Selain itu, ada juga faktor kondisi pekerjaan yang telah mengalami perubahan dan adaptasi terutama akibat pandemi seperti sekarang ini, yang turut memberikan disrupsi terhadap kesempatan si pencari nafkah untuk menjaga kelangsungan pendapatan rutin untuk keluarganya.

Namun demikian, berdasarkan sebuah studi yang dirilis pada bulan Maret 2021 oleh SMERU Research Institute, sebuah riset dan studi kebijakan publik yang berkolaborasi dengan United Nation Development Programme, UNICEF, serta Kemitraan Australia-Indonesia untuk Pembangunan Ekonomi, mencatat bahwa sekitar 74,3% rumah tangga Indonesia mengalami penurunan pendapatan. Jika ditelaah lebih lanjut, proporsi rumah tangga dengan penurunan pendapatan lebih besar adalah rumah tangga dengan tanggungan anak di kawasan perkotaan, dengan penurunan sebesar 78,3%.

Dalam paparan serupa, salah satu ukuran kesejahteraan dtentukan dari tingkat pengeluaran rumah tangga per kapita yang dapat menggambarkan secara gamblang daya beli rumah tangga sesungguhnya. Secara nasional, studi ini menemukan bahwa secara rata-rata, pengeluaran seluruh rumah tangga mengalami penurunan sebesar -2,3% atau dengan penurunan pengeluaran median -3,1%. hal ini menggambarkan adanya upaya pengetatan keuangan dalam penyesuaian gaya hidup agar kebutuhan pokok dapat terus terpenuhi dengan baik.

Maybank Tabungan U Jawaban untuk Wujudkan Aspirasi Single Income Family

Sebagai pencari nafkah tunggal, tentunya kewajiban menjaga kesejahteraan keluarga adalah komitmen paling utama, dimana mengelola pendapatan menjadi aspek yang terpenting agar mampu memberikan hasil yang optimal. Kondisi ini menjadi salah satu alasan PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia atau Bank”) untuk meluncurkan Maybank Tabungan U.

Tabungan U merupakan produk tabungan dari manifestasi misi utama Bank, Humanising Financial Services, menyediakan solusi tabungan yang dapat mengakomodasi dan memfasilitasi seluruh kebutuhan keuangan sehari-hari yang dapat diakses dengan mudah secara digital melalui aplikasi M2U ID.

Sukiwan, Head of Consumer, Maybank Indonesia dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, kehadiran Tabungan U bisa menjadi pilihan dan solusi unggulan dalam mewujudkan aspirasi keluarga berpenghasilan tunggal. “Sebagai produk tabungan digital terbaru dari Maybank Indonesia, Tabungan U dirancang untuk memberikan keleluasaan dalam mengatur keuangan sehari-hari, sambil tetap bisa menyisihkan dana untuk tabungan,”ujarnya.

Diluncurkan pada awal September lalu, Maybank Tabungan U hadir dalam dua tipe, yaitu konvensional, dan Syariah dengan akad Mudharabah (Maybank Tabungan U iB). Dengan membuka Tabungan U, nasabah akan mendapatkan rekening 2 in 1 yang dapat diakses secara bersamaan, yaitu U Transactional dan U Goal Saver. Nasabah dapat dengan mudah membuka Maybank Tabungan U maupun U iB melalui aplikasi digital banking M2U ID. Digitalisasi kian memudahkan nasabah untuk bertransaksi keuangan dan mengendalikan tabungan cukup dengan jari tangan saja melalui smartphone, dan tersedianya koneksi internet.

Rekening U Transactional dan U Goal Saver juga memiliki fungsi masing-masing, dimana rekening U Transactional merupakan rekening utama yang dapat digunakan untuk transaksi keuangan sehari-hari seperti, berbelanja, membayar tagihan bulanan, melakukan transfer antar bank hingga isi ulang berbagai aplikasi e-wallet.

Sementara, rekening U Goal Saver, yang adalah bagian dari solusi tabungan Maybank Tabungan U yang berfungsi sebagai rekening untuk menabung serta dapat digunakan untuk menyiapkan dana darurat dalam jangka pendek maupun panjang. Nasabah dapat menyisihkan dana untuk ditabung ke dalam U Goal Saver mulai dari Rp100,000/bulan. Selain itu dengan fitur Cashback Smart Spending 10% dapat memberikan nilai tambah pada tabungan dan dapat menjadi pendapatan tambahan bagi Nasabah. Dengan beragam pilihan durasi menabung, U Goal Saver menjadi solusi yang realistis bagi single-income family khususnya bagi yang mengalami kesulitan menabung untuk mengejar aspirasi.

Integrasi Maybank Tabungan U Dengan M2U ID, Rangkul Nasabah Masa Kini

Seluruh aktivitas keuangan pribadi Nasabah pada Maybank Tabungan U, mulai dari pembukaan tabungan, pengelolaan dana dan rekening, hingga pengaturan tabungan rutin dapat dikendalikan oleh Nasabah, yang terintegrasi melalui platform M2U ID. Dengan integrasi ini, Nasabah dapat membuka Maybank Tabungan U dan U iB secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang. Selain itu, Nasabah kini juga dapat melakukan tarik tunai di seluruh ATM Maybank di Indonesia melalui fitur QR Cardless Withdrawal cukup dengan hanya memindai QR melalui aplikasi M2U ID.“Integrasi Maybank Tabungan U dengan layanan digital M2U ID App merupakan salah satu keunggulan yang memberikan kemudahan bagi Nasabah di tengah pandemi untuk memiliki tabungan yang dapat diakses dan dikelola, all at your fingertips,”kata Sukiwan.

BERITA TERKAIT

BSI Masuk Top Ten Bank Syariah Global

    NERACA   Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi kinerja PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) yang berhasil…

BI dan Perbankan akan Sediakan Layanan Penukaran Uang Hingga 7 April

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan nasional dan mitra lainnya menyediakan layanan penukaran…

Perkuat Modal, 10 BPD Disebut Bakal Bentuk KUB

    NERACA   Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae mengatakan sebanyak 10…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

BSI Masuk Top Ten Bank Syariah Global

    NERACA   Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi kinerja PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) yang berhasil…

BI dan Perbankan akan Sediakan Layanan Penukaran Uang Hingga 7 April

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan nasional dan mitra lainnya menyediakan layanan penukaran…

Perkuat Modal, 10 BPD Disebut Bakal Bentuk KUB

    NERACA   Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae mengatakan sebanyak 10…