Pakai Aplikasi Mobile Moxa - Menjadi Solusi Layanan Keuangan dari A Sampai Z

Di era digital dengan beragam kemudahan yang ditawarkan saat ini, bukan zamannya lagi membeli produk harus bersusah payah mengantri, ribet dan buang waktu. Banyaknya aplikasi yang ditawarkan  dengan cara yang praktis cukup mengunduh lewat smatphone menuntut masyarakat akan layanan yang efisien, praktis, nyaman dan aman. Begitu juga halnya untuk layanan transaksi keuangan bank ataupun non bank, kini bisa dilakukan langsung secara digital lewat smartphone.

Menyadari pesatnya kemajuan digital dan kondisi pandemi yang menjadi katalis bagi masyarkat untuk beralih ke digital, mendorong beberapa pelaku industri keuangan berlomba-lomba mengoptimalkan layanan berbasis digital. Bahkan saat ini, beberapa pelaku industri perbankan ataupun financial teknologi sudah menerapkan layanan buka tabungan tanpa lagi harus datang ke kantor, tetapi cukup lewat aplikasi yang disediakan.

Berangkat dari hal tersebut, PT Astra Financial sendiri sudah mengantisipasi perubahan masyarakat yang mengarah ke layanan digital lewat layanan aplikasi pintar Moxa dengan tawaran banyak kemudahan untuk memenuhi kebutuhan finansial. Rudi (30), pegawai swasta ini merasakan betul manfaat yang dihadirkan lewat aplikasi Moxa. “Pakai aplikasi Moxa, beli asuransi jiwa, kredit motor, isi ulang voucher AstraPay dan buka buku tabungan hingga impian memiliki mobil untuk keluarga bisa dipenuhi,”tuturnya.

Menurutnya, layanan keungan yang teintegrasi ini sangat membantu perencanaan keuangan bagi dirinya. Mulai dari beli asuransi Astra Life, pinjaman multiguna buat anak sekolah hingga pengajuan pembiayaan umroh bisa dilakukan lewat aplikasi ini. Satu aplikasi untuk semua fungsi layanan keuangan bagi konsumen Astra, kata Rudi, memberikan nilai tambah karena cukup efisien, praktis, nyaman dan aman. Apalagi, dengan brand Astra dan grupnya cukup terpercaya, tidak membuat dirinya ragu.

Asal tahu saja, Moxa memiliki sejumlah fitur unggulan seperti conversational chat yang membantu pengguna memilih produk sampai melakukan transaksi dengan bantuan asisten, wishlist, share (social engagement), kalkulator simulasi (pengajuan kredit) guna memudahkan dalam penghitungan estimasi cicilan, hingga pengecekan status pengajuan produk pinjaman multiguna.

Hal senada juga disampaikan Anto (45), pengusaha kontraktor alat berat, hadirnya layanan aplikasi Moxa memberikan kemudahan bagi dirinya untuk mengajukan pembiayaan alat berat. Pasalnya, dengan layanan tersebut, semua sudah ditangani secara otomatis dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. “Kalau selama ini saya harus datang ke kantor untuk melengkapi berkas pembiayaan, kini lewat aplikasi pintar Moxa cukup dilakukan secara digital atau online, termasuk persetujuan bisa diketahui secara realtime,”tandasnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan dirinya untuk membuka tabungan Bank Permata tanpa harus datang ke bank. Melalui Permata moxaKu, dirinya mendapatkan kemudahan dalam pembuatan rekening PermataBank secara online tanpa perlu pergi ke kantor cabang. Selain itu, dengan saldo minimal Rp100.000, pengguna juga berkesempatan mendapat gratis biaya admin dan kartu bulanan, gratis biaya tarik tunai, dan gratis transfer antarbank, serta cashback 5 persen ketika bertransaksi dalam pembelian bahan bakar di SPBU.

Disamping itu, dengan Moxa pun dapat menggunakan tabungan ini untuk menerima pencairan dana dari berbagai jasa pembiayaan dari Grup Astra, membayar cicilan kendaraan, membayar premi asuransi, membayar jasa sewa kendaraan, dan top-up saldo e-wallet AstraPay.

Kata Daniel Hartono, President Director Moxa,produk keuangan terbaru dari Moxa ini, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memiliki tabungan digital hanya dengan mendaftar pada aplikasi, tanpa harus datang ke kantor bank. "Kami meyakini antusiasme masyarakat cukup tinggi dengan adanya produk tabungan digital Permata Moxaku ini, karena sudah bisa membuka rekening hanya dengan saldo Rp100.000 saja,”ujarnya.

Kedepan, Astra Financial akan lebih banyak melakukan inovasi dengan perluas kerjasama untuk melengkapi layanan keuangan di aplikasi Moxa. Disampaikannya, untuk memasarkan produk baru ini di Tanah Air memiliki tantangan untuk di wilayah yang berbeda seperti Jawa dengan Sumatra. Di mana karakteristik konsumen di kedua wilayah memiliki perbedaan, sehingga membutuhkan strategi untuk dapat menarik minat masyarakat di tiap daerah. Menurutnya untuk wilayah Sumatra, perseroan akan mendorong edukasi tentang manfaat layanan digital yang semakin berkembang, diiringi dengan sejumlah promosi yang menarik.


Pendamping Keuangan                            

 

Hadirnya layanan integrasi keuangan oleh Astra Financial lewat aplikasi mobile Moxa, bukannya hanya sekedar bisnis semata tetapi meningkatkan layanan keuangan yang optimal di era digital dari hulu sampai hilir. Dinamisnya perubahan masyarakat, dijawab oleh Astra Financial dengan berbagai kemudahaan layanan untuk kebutuhan keuangan. Pasalnya, lewat Moxa seluruh seluruh layanan produk jasa keuangan dan sewa kendaraan dari entitas di bawah naungan PT Astra International Tbk. Antara lain, pembiayaan kendaraan motor dan mobil, pembiayaan gawai atau gadget, perjalanan religi, pinjaman multiguna, elektronik, furnitur, dan kredit dana pendidikan, pembelian berbagai produk asuransi besutan Asuransi Astra, dan transaksi sewa kendaraan sudah tersedia tanpa perlu mengunduh banyak aplikasi.

Kata Direktur Astra sekaligus Director in Charge Astra Financial, Suparno Djasmin, diluncurkannya platform digital Moxa untuk menjawab gaya hidup konsumen di Indonesia mulai bergser, lebih mengedepankan layanan nonfisik, ditambah dengan adaptasi kebiasaan baru saat pandemi ini. Bahkan layanan ini juga membidik generasi milenial yang menjadikan layanan digital sebagai gaya hidup mereka.

Sebagaimana diketahui, generasi milenial sudah meningggalkan cara-cara transaksi konvensional. Naik transportasi cukup pindai kartu atau menggunakan pembayaran uang elektronik. Begitu juga dalam urusan transaksi perbankan, banyak masyarakat yang saat ini tidak mau lagi ribet. Tidak perlu datang ke bank. Cukup menggunakan perangkat gadget. Inilah yang disebut dengan digital lifestyle, yaitu gaya hidup serba digital yang sangat sarat dengan teknologi informasi, dan cara ini pula yang banyak digemari anak-anak muda.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi Moxa. Caranya pun cukup mudah, diunduh melalui Play Store ataupun App Store langsung dari HP pintar, maka aplikasi ini memudahkan beragam transaksi, seperti pembiayaan kendaraan, pembiayaan perjalanan religi, pinjaman multiguna, pembiayaan gawai, elektronik, furnitur, dan persiapan dana pendidikan.”MOXA menyediakan layanan investasi bisnis untuk hari tua, sewa mobil dan bus, layanan antar jemput bandara, test drive kendaraan impian, hingga asuransi,"tandasnya.

Dia berharap  kehadiran Moxa dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadikannya sebagai pendamping pada setiap perjalanan kehidupan yang sejalan dengan visi Astra Financial, yakni menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Selain itu, Moxa diharapkan bisa mempercepat akselerasi transformasi digital dan pengembangan ekosistem jasa keuangan di Indonesia, sehingga mampu mewujudkan sistem keuangan nasional yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil.“Moxa mengintegrasikan seluruh kebutuhan finansial dalam satu aplikasi dan menjadi pusat dari berbagai layanan keuangan terbaik dari Astra Financial,” tambah Suparno.

Dirinya pun kembali menegaskan tidak ada target khusus untuk menggaet dana seberapa banyak. Alasannya, perseroan hanya berharap dapat tumbuh dan bukan hanya tentang jumlah tetapi bagaimana aplikasi Moxa dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan literasi keuangan dan menjadikan Moxa sahabat yang membantu meraih kemakmuran dalam hidup.

Sementara, Direktur Astra Financial Handoko Liem menjelaskan, salah satu aspek terpenting dalam transformasi digital adalah memberikan kemudahan bagi semua pengguna dari berbagai segmen untuk mengakses Moxa.“Kehadiran fitur unggulan Moxa diharapkan mampu memfasilitasi keinginan pengguna yang mendambakan aplikasi simpel, praktis, dan efisien,” jelas Handoko.

Fitur-fitur dalam aplikasi Moxa juga terbilang “beginner friendly”. Setelah mendaftar, pengguna akan dituntun oleh asisten bernama Mona untuk mengenal lebih jauh tentang produk-produk finansial lengkap dengan perbandingan skema yang paling sesuai kebutuhan. Moxa juga diperkuat berkat dukungan dari perusahaan-perusahaan di bawah Astra Financial yang selama belasan tahun telah memberikan pelayanan terbaik di bidang jasa keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Sedikitnya terdapat tujuh brand perusahaan afiliasi Astra Financial yang tergabung di dalam MOXA antara lain, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), FIFGROUP, Astra Life, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance (SANF), dan MauCash.

 

 

 

BERITA TERKAIT

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…