Suzuki Catatkan Kenaikan Penjualan Segmentasi Fleet

NERACA

Jakarta - Penjualan pada segmentasi fleet memang sudah tidak asing lagi dalam sektor industri otomotif. Penjualan produk yang menyasar instansi atau perusahaan tersebut menjadi salah satu segmentasi yang berkontribusi dalam meningkatkan penjualan kendaraan, termasuk bagi Suzuki. Di bulan Juli 2021 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan peningkatan angka penjualan di segmentasi fleet untuk mobil-mobil produksi dalam negeri yang menjadi andalan seperti Karimun Wagon R, All New Ertiga, dan APV. 

“Kendaraan Suzuki buatan dalam negeri mendominasi bukan hanya pada penjualan nasional secara keseluruhan, namun juga pada segmentasi fleet. Di bulan Juli, kenaikan penjualan fleet dipimpin Karimun Wagon R yang meningkat hingga 121% atau 2,2 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Penjualan All New Ertiga juga meningkat 73%, dan APV sebesar 19% jika dibandingkan bulan sebelumnya. Ini membuktikan bahwa banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang mempercayakan kendaraan operasionalnya kepada Suzuki,” terang Sukma Dewi, Asst. to Sales 4W Dept. Head PT SIS.

Secara keseluruhan, penjualan segmentasi fleet Suzuki di bulan Juli 2021 meningkat sebesar 29% jika dibandingkan dengan bulan Juni 2021. Masih di bulan yang sama, penjualan segmentasi fleet juga berkontribusi cukup tinggi bagi total angka retail sales Suzuki, yaitu sebesar 14,9%.

Kontribusi tersebut berasal dari konsumen segmentasi fleet Suzuki yang pada bulan Juli 2021 didominasi oleh konsumen kategori perusahaan sebesar 76%, konsumen kategori instansi pemerintah 22%, dan sisanya diserap oleh konsumen kategori transportasi umum. Meski begitu, produk-produk Suzuki juga telah banyak digunakan oleh beragam konsumen fleet lainnya seperti industri perbankan, jasa, farmasi, distribusi dan logistik, FMCG (Fast Moving Consumer Goods), BUMN, dan lainnya.

“Peningkatan penjualan segmentasi fleet di bulan Juli memotivasi kami untuk terus menghadirkan produk-produk yang bisa mendukung perkembangan usaha konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka. Kami harap upaya ini juga dapat mendorong pertumbuhan indsutri otomotif nasional agar terus meningkat,” jelas Sukma Dewi.

Disisi lain, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO)  mencatat adanya peningkatan ekspor mobil pada Februari 2021 jika dibandingkan Januari 2021. Peningkatan ekspor CBU (Completely Built Up) industri otomotif naik 51% di bulan Februari. Hal ini sejalan dengan kinerja positif PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang juga mencatatkan peningkatan total ekspor paling signifikan di industri otomotif sebesar 108% atau 7.109 unit.

Dari angka tersebut, Suzuki berhasil mengapalkan 4.301 unit CBU atau tumbuh 74% dibandingkan Januari 2021 dan 2.808 CKD  atau tumbuh 196% dibandingkan Januari 2021.  Meningkatnya ekspor tersebut  karena Suzuki selalu menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat internasional. Sehingga, dengan meningkatnya angka ekspor ini, Suzuki berharap permintaan kendaraan roda empat dari mancanegara terus bertambah sehingga Suzuki dapat terus berkontribusi pada industri otomotif dan perekonomian nasional.

BERITA TERKAIT

All New Honda BR-V dengan Desain Baru

Jakarta PT Honda Prospect Motor memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua untuk pertama kalinya di dunia dalam acara peluncuran…

Wuling Bakti Pendidikan Resmi Dijalankan

NERACA Pati – Dalam rangka membangun kerjasama berbasis edukasi di Indonesia, Wuling Motors (Wuling) resmi menjalankan program ‘Wuling Bakti Pendidikan’…

Menguji Performa Daihatsu Rocky 1.2L

 NERACA Jakarta - Daihatsu telah memperkenalkan Rocky 1.0L pada April 2021 lalu, disusul varian Rocky mesin 1.2L pada Juni 2021 yang…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

All New Honda BR-V dengan Desain Baru

Jakarta PT Honda Prospect Motor memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua untuk pertama kalinya di dunia dalam acara peluncuran…

Wuling Bakti Pendidikan Resmi Dijalankan

NERACA Pati – Dalam rangka membangun kerjasama berbasis edukasi di Indonesia, Wuling Motors (Wuling) resmi menjalankan program ‘Wuling Bakti Pendidikan’…

Menguji Performa Daihatsu Rocky 1.2L

 NERACA Jakarta - Daihatsu telah memperkenalkan Rocky 1.0L pada April 2021 lalu, disusul varian Rocky mesin 1.2L pada Juni 2021 yang…