DPRD Banten Minta Kabupaten/Kota Gandeng Bank Banten

NERACA

Serang, Banten - DPRD Banten berharap delapan kabupaten dan kota segera melakukan kerjasama atau menggandeng Bank Banten dalam pengelolaan rekening kas umum daerah (RKUD) ataupun penyertaan modal ke bank milik pemerintah provinsi tersebut.

"Bank Banten ini kan milik Provinsi Banten, ya termasuk delapan kabupaten/kota di dalamnya. Saya kira semua daerah harus ada rasa memiliki dan berupaya untuk memajukan bank kebanggaan masyarakat Banten ini," kata Wakil Ketua DPRD Banten, Barhum dalam diskusi "Pojok Aspirasi DPRD Banten" dengan tema menangkap peluang untung rugi RKUD kembali ke Bank Banten di Serang, Rabu (16/6).

Barhum mengatakan, saat ini Bank Banten kembali dipercaya untuk mengelola RKUD Provinsi Banten setelah ada kepastian dan jaminan dari OJK bahwa Bank Banten adalah bang sehat.

Oleh karena itu, kepercayaan tersebut juga harus dijadikan kesempatan oleh Bank Banten untuk membangun 'trust' atau kepercayaan masyarakat terhadap Bank Banten.

"Masyarakat Banten harus ada rasa memiliki. Keberadaan Bank Banten tujuan awalnya kan untuk memajukan pembangunan ekonomi masyarakat Banten. Untuk itu kami atas nama pribadi dan juga kelembagaan DPRD Banten mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memajukan Bank Banten," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Terutama lagi, kata dia, delapan kabupaten/kota di Banten harus melakukan kerjasama dengan Bank Banten baik dalam bentuk memindahkan RKUD-nya dari bank lain ke Bank Banten, ataupun dalam bentuk penanaman modal terhadap Bank Banten.

"Kalau semua RKUD di Bank Banten, maka uang yang dikelola bisa mencapai Rp30 triliun lebih," kata dia.

Selain itu, ia juga berharap terhadap manajemen Bank Banten dibawah kendali Direktur Utama Bank Banten yang baru Agus Syabaruddin segera memperbaiki kinerja dari berbagai sisi, agar kepercayaan masyarakat kembali tumbuh dan juga memberikan andil bagi pendapatan asli daerah (PAD) Banten.

"Secara kelembagaan kami sudah menyampaikan dorongan kepada Bank Banten agar ke depan lebih maju dibawah kendali dirut yang baru. Kami juga mengajak delapan kabupaten dan kota untuk kerjasama dan memindahan RKUD ke Bank Banten," kata dia.

Barhum juga berharap agar Bank Banten mencari dukungan permodalan tidak hanya "right isue" tapi bisa juga mengajak pengusaha dari manapun untuk bisa berinvestasi di Bank Banten.

"Di Banten banyak usaha yang dikembangkan, nah bank Banten harus menangkap peluang itu dalam upaya menumbuhkan perekonomian masyarakat terutama UMKM," kata Barhum. Ant

 

BERITA TERKAIT

Ketua Umum Relawan Ndaru Aditya Yusma Berkunjung ke Wamen Ketenagakerjaan, Ir. Afriansyah Noor, M.Si, IPU: Membangun Sinergi untuk Kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia (PMI)

NERACA Jakarta - Hari Kamis ini, tanggal 25 April 2024, di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, terjadi pertemuan silaturahmi yang berkesan antara…

Ketua Umum Relawan Ndaru Aditya Yusma Berkunjung ke Wamen Ketenagakerjaan, Ir. Afriansyah Noor, M.Si, IPU: Membangun Sinergi untuk Kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia (PMI)

NERACA Jakarta - Hari Kamis ini, tanggal 25 April 2024, di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, terjadi pertemuan silaturahmi yang berkesan antara…

PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar di Kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan

NERACA Jakarta – Dalam upaya meneruskan pengembangan konsep Kota Cerdas (Smart City) dan Jakarta sebagai kota global, PT Jakarta Infrastruktur…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Sangap Surbakti: Silahkan Parpol Pendukung Lawan Politik Prabowo Bergabung, Asal Jangan Ada Kepentingan Politik Jahat!

NERACA Jakarta - Ketua Umum Jaringan Nasional Aktivis '98 (Jarnas '98), Sangap Surbakti menyambut baik mengenai kabar bergabungnya partai politik…

Sekda Kota Sukabumi Tekankan Peningkatan PAD Dalam Mendukung Pembangunan - Diperingatan Hari Otda ke 28

NERACA Sukabumi - Otonomi daerah adalah upaya untuk melakukan desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah, dengan maksud mengurangi dominasi pemerintah pusat…

Palembang Raih Penghargaan Penerapan Pelayanan Terbaik Enam Nasional

NERACA Palembang - Pemerintah Kota Palembang Sumatera Selatan meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai pelaksanaan penerapan standar pelayanan minimal…