Mau Anaknya Berprestasi? Simak Penjelasannya

 

 

Orangtua sangat mengharapkan anaknya bisa berprestasi di mata pelajaran sekolah maupun dibidang lainnya. Mendidik anak untuk berprestasi sekaligus memiliki budi pekerti yang baik bisa dibilang memerlukan trik sendiri. Sebab, anak-anak memiliki ciri khasnya masing-masing dan tidak bisa disamakan.

Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi sang anak adalah dengan meningkatkan semangat dalam diri mereka. Seorang anak yang bersemangat akan menunjukkan beberapa tanda-tanda seperti pola pikir yang mulai berkembang, aktif dalam setiap kegiatan, menyukai tantangan, serta tidak mudah menyerah. Kalau ada seseorang menguap, terkadang kita juga tersugesti untuk menguap. Ternyata semangat pun bisa menular.

Orangtua yang bersemangat tentunya akan membentuk anak yang bersemangat pula. Maka dari itu, orang tua juga perlu menebarkan semangat dalam kepada anak. Cara yang bisa dicoba membentuk semangat pada anak adalah seperti berbicara berkesan dengan anak, memahami bahwa setiap anak tidaklah sama, berbicara singkat namun berdampak, serta berbicara yang nyaman, percaya diri, jelas, dan mudah dipahami.

Selain itu, ada juga hal-hal lain yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam mendidik anaknya. Seperti yang dilansir dari laman Direktorat SMP berikut ini:

Biarkan anak yang memilih

Anak mempunyai kebebasan dalam memilih apa yang hendak ia lakukan. Mereka kadang kala tahu apa yang mereka pilih baik bagi mereka. Orangtua sebaiknya tidak mengekang, namun hanya mengawasi apa yang dilakukan oleh anak.

Anak yang memiliki kebebasan untuk memilih aktivitas dan cara ia mengerjakan aktivitas tersebut, akan lebih termotivasi dalam menjalaninya. Hal tersebut disebabkan karena ia mengerjakan hal yang sesuai minatnya.

Belajar sambil bermain

Belajar tidak hanya dilakukan dengan cara konvensional seperti duduk dan mendengarkan. Namun, belajar juga bisa dilakukan sembari bermain. Semua anak menyukai permainan, oleh karena itu belajar melalui permainan akan efektif karena bermain akan menstimulasi seluruh indra anak dan membantu anak untuk paham.

Merayakan setiap keberhasilan

Setiap pencapaian, sesederhana apa pun itu, adalah sebuah prestasi. Potensi yang dimiliki anak tentunya berbeda-beda. Orang tua tidak bisa menyamaratakan potensi yang dimiliki pada anak atau dengan kata lain setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing. Jadi, prestasi anak pada setiap bidang dan tingkatan perlu diapresiasi.

Apresiasi yang diberikan akan terus memicu anak untuk terus melalukan hal-hal yang berprestasi. Mendidik anak untuk berprestasi tidaklah mudah. Orangtua harus memiliki kesabaran dan ketelatenan dalam mendidik anak. Mungkin beberapa cara dan tip di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi para orang tua.

BERITA TERKAIT

Ini Dia Syarat Anak Masuk SD

    Dalam waktu dekat, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 untuk jenjang SD bakal dimulai. Karena itu, bagi calon…

Kasus Covid Melonjak Lagi, Sekolah Tatap Muka Lebih Baik Ditunda

    Dalam dua minggu terakhir, kasus positif covid kembali melonjak di Indonesia. Menanggapi hal itu, Ketua Persatuan Guru Republik…

Deteksi Anak Berkebutuhan Khusus Sebelum Usia 2 Tahun

    Setiap anak memiliki potensi berbeda-beda, termasuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Anak dengan keterbatasan fisik, psikis atau kemampuan…

BERITA LAINNYA DI

Ini Dia Syarat Anak Masuk SD

    Dalam waktu dekat, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 untuk jenjang SD bakal dimulai. Karena itu, bagi calon…

Mau Anaknya Berprestasi? Simak Penjelasannya

    Orangtua sangat mengharapkan anaknya bisa berprestasi di mata pelajaran sekolah maupun dibidang lainnya. Mendidik anak untuk berprestasi sekaligus…

Kasus Covid Melonjak Lagi, Sekolah Tatap Muka Lebih Baik Ditunda

    Dalam dua minggu terakhir, kasus positif covid kembali melonjak di Indonesia. Menanggapi hal itu, Ketua Persatuan Guru Republik…