Masuk Kuartal II, Penjualan Ritel Daihatsu Naik 10,6%

NERACA

Jakarta - Setelah mencatatkan rekor penjualan ritel tertinggi selama masa pandemi pada Maret 2021, penjualan otomotif nasional kembali cetak rekor tertinggi pada April 2021 dengan membukukan capaian sebesar 79 ribu unit, atau naik sekitar 2,6% dibandingkan Maret 2021. Hasil ini tidak lepas dari dukungan pemerintah melalui program insentif diskon pajak yang telah diterapkan sejak Maret 2021 lalu.

Penjualan ritel Daihatsu mengalami kenaikan yang lebih besar dari pasar, sebesar 10,6%, dengan  pencapaian sekitar 13 ribu unit pada April 2021 dibandingkan Maret 2021. Dengan pencapaian ini, market share Daihatsu di bulan April 2021 naik menjadi 17,2%, lebih besar dibandingkan Maret 2021, yang hanya mencapai 16,0%.

Pada bulan April penjualan Daihatsu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Sigra sebanyak 3.591 unit, yang berkontribusi sebesar 26,3%; disusul Gran Max Pick Up dengan hasil 3.381 unit (24,7%); dan Terios yang mencapai 2.481 unit (18,1%).

“Daihatsu optimis, pasar mobil di bulan selanjutnya akan tetap bergairah seperti yang terjadi pada bulan Maret dan April 2021. Kami mendukung himbauan pemerintah untuk tidak mudik, karena Daihatsu percaya himbauan ini akan menekan penyebaran Covid-19, sehingga ekonomi Indonesia bisa kembali kondusif,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebelumnya, penjualan ritel Daihatsu pada Januari 2021 didominasi oleh 3 model utama, yaitu Gran Max Pick-Up sebanyak 3.046 unit atau berkontribusi sekitar 32%, disusul Sigra 2.218 (23,3%), dan Terios 1.377 unit (14,5%). Kemudian, menyusul Ayla sebanyak 1.187 unit (12,5%), Gran Max Mini Bus 868 unit (9,1%), Xenia 654 unit, dan model lainnya, yakni Luxio, dan Sirion sebanyak 178 unit (1,9%).

Sebagaimana diketahui, secara nasional, capaian penjualan 2020 lalu juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 selama 12 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali tahun 2021 dengan pencapaian yang lebih baik dibandingkan bulan Desember 2020 lalu dengan kenaikan penjualan ritel sebesar 3,5% dan kenaikan market share 4,2%. Kami yakin, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia pada Januari 2021 mencapai sekitar 53 ribu unit atau turun sekitar 21,4% dibandingkan pada Desember 2020 sekitar 68 ribu unit. Sementara itu, untuk penjualan ritel Daihatsu mencapai 9.528 unit, atau naik sebesar 3,5% daripada Desember 2020 sebanyak 9.203 unit. 

Dari peningkatan penjualan ritel di atas, juga berdampak pada kenaikan market share Daihatsu pada Januari 2021 dengan kontribusi market share sebesar 17,6%, naik sebesar 4,2% dibanding Desember 2020 lalu sebesar 13,4%.

Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif diperkirakan akan naik 30% dengan volume total sebanyak 750 ribu unit pada 2021 dibanding 2020 dengan volume sekitar 570 ribuan. Namun peningkatan pasar otomotif tahun 2021 ini belum dapat sepenuhnya normal kembali level market-nya seperti pada 2019 lalu.

 

 

 

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…