Libur Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Jaga kualitas layanan sambut libur panjang Lebaran, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dengan meningkatkan kapasitas hingga 2x dari kondisi hari normal, optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. Selain itu, perseroan juga meningkatkan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam siaran persnya di Jakarta, Jum’at (7/5) mengatakan, jauh-jauh hari perseroan sudah menyiapkan secara cermat jaringan telekomunikasi dan data untuk kebutuhan Lebaran ini. “Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu. Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20% di layanan data. Layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Selain itu, layanan video conference dan video call akan naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak family,”ungkapnya.

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.  Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah. Meski ada larangan mudik, optimisasi jaringan juga tetap dilakukan di sepanjang jalur tol Jawa dan Sumatera, bandar udara, terminal bus antarkota, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta.

Selain itu, XL Axiata tetap memastikan kualitas jaringan di semua wilayah layanan, termasuk di berbagai kota dan area yang selama ini dikenal sebagai tujuan utama mudik. Meskipun kemungkinan tidak akan seramai saat lebaran sebelum pandemi, namun XL Axiata tetap melakukan antisipasi agar setiap kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data tetap terpenuhi secara maksimal. Bahkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik tetap disiapkan manakala terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Perseroan, lanjutnya, juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana alam atau juga karena factor teknis, yang berpotensi menyebabkan terputusnya jaringan. “Untuk itu, tim kami di lapangan akan stanby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta,”kata Gede.

Pada tahun lalu, libur Lebaran telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan, yaitu rata-rata meningkat sekitar 25%.

BERITA TERKAIT

WEGE Lifting Atap Jakarta International Stadium

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) melakukan lifting atap Jakarta International Stadium (JIS) seberat 3.900 ton. Dengan skala tersebut,…

INOV Kumpulkan 11.600 Ton Sampah Plastik

Di kuartal pertama 2021, PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) bersama anak usahanya yaitu Plasticpay berhasoil mengumpulkan total sampah botol…

Cisadane Targetkan Pendatan Rp 750 Miliar

Tahun ini, emiten perkebunan PT Cisadane Sawit Raya Tbk. (CSRA) menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar Rp 750 miliar. Dimana untuk memenuhi…

BERITA LAINNYA DI

WEGE Lifting Atap Jakarta International Stadium

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) melakukan lifting atap Jakarta International Stadium (JIS) seberat 3.900 ton. Dengan skala tersebut,…

INOV Kumpulkan 11.600 Ton Sampah Plastik

Di kuartal pertama 2021, PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) bersama anak usahanya yaitu Plasticpay berhasoil mengumpulkan total sampah botol…

Cisadane Targetkan Pendatan Rp 750 Miliar

Tahun ini, emiten perkebunan PT Cisadane Sawit Raya Tbk. (CSRA) menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar Rp 750 miliar. Dimana untuk memenuhi…