Pelaku Mamin Perluas Pasar Timur Tengah

Jakarta – Upaya penetrasi produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia ke pasar nontradisional seperti kawasan Teluk dan Timur Tengah terus digalakkan Kementerian Perdagangan. Salah satunya, dengan keikutsertaan Indonesia pada pameran Gulfood 2021 di Dubai World Trade Centre, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

NERACA

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan mengatakan, pasar mamin Indonesia di kawasan Teluk dan Timur Tengah berpotensi terus meningkat. Hal ini terlihat pada peningkatan nilai ekspor makanan olahan Indonesia ke UEA pada 2020.

“Uni Emirat Arab (UEA) adalah hub bagi Kawasan Teluk dan Timur Tengah. Sebagai pasar potensial, nilai ekspor makanan olahan Indonesia ke UEA pada 2020 tercatat sebesar USD 89,42 juta, atau meningkat 27,09 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Kasan di Dubai.

Kasan menjelaskan, Gulfood merupakan pameran tahunan bergengsi dan bertaraf internasional terbesar di UEA. Pada 2020, pameran ini diikuti lima ribu peserta dari 120 negara dan dikunjungi 92.902 pengunjung/buyer dari 186 negara.

Sekitar 59 persen pengunjung berasal dari Amerika dan Asia, sementara sisanya adalah pengunjung lokal. Pada gelaran tahun ini, sebanyak 15 perusahaan Indonesia turut berpartisipasi.

“Meskipan pandemi belum sepenuhnya berakhir, Kemendag ingin memanfaatkan momen awal tahun dan menjelang gelaran Expo 2020 Dubai untuk menggebrak pasar produk mamin unggulan Indonesia yang dapat berkontribusi pada peningkatan nilai ekspor di Kawasan Teluk dan Timur Tengah,” terang Kasan.

Mengusung tema “Trade with Indonesia” Paviliun Indonesia menempati Zona World Food Hall Syeikh Rashid. Paviliun Indonesia merupakan hasil kerja sama Ditjen PEN dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai dan Konsulat Jenderal RI di Dubai.

Dari 15 perusahaan Indonesia yang berpartisipasi pada pameran ini, Pavilun Indonesia menampilkan 10 perusahaan yang difasilitasi Kemendag. Perusahaan tersebut yakni PT Monde Mahkota Biskuit (biscuit dan wafer), Cahaya Kencana (makanan ringan), PT Niramas Utama (olahan nata de coco), PT Sinar Sosro (teh olahan), Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah (kopi), CV Mahorahora Bumi Nusantara (rempah-rempah), Regal Springs (produk perikanan), PT United Family Food (permen), Maher Indonesia Group (minyak kelapa dan gula kelapa), Fruta Agonas (buah segar). Selain itu, ada 2 perusahaan mengikuti pameran secara mandiri di Paviliun Indonesia, yaitu PT Nison Indonesia (makanan kaleng) dan PT AK Goldenesia (kelapa sawit).

Sedangkan 3 perusahaan lainnya, berada di Zona Fats and Oils Hall Za’abeel. Perusahaan tersebut yaitu PT ICC Indonesia, PT Multi Commodity Indonesia, dan PT Sri Makmur Abadi. “Melalui promosi dagang ini, diharapkan dapat menggaungkan partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai sehingga berperan maksimal dalam menjangkau negara-negara di k awasan Teluk dan Timur Tengah,” tambah Kasan.

Dalam lima tahun terakhir (2016—2020), tren ekspor makanan olahan Indonesia ke UEA tumbuh sebesar 6,23 persen. Ekspor komoditas tersebut pada 2020 mencapai USD 89,42 juta. Lima produk makanan olahan yang diekspor ke UEA dengan nilai tertinggi selama periode tersebut adalah kakao, ekstrak kopi, rempah, minyak sayur, dan kembang gula. Sementara pada 2020, ekspor nonmigas Indonesia ke UEA mencapai USD 1,23 miliar. Lima produk ekspor Indonesia ke UEA dengan nilai tertinggi pada periode tersebut, yaitu kelapa sawit dan turunannya, perhiasan, kendaraan, baja, serta telepon genggam.

Disisi lain, Kemendag juga mendukung penggunaan berbagai platform digital untuk memasarkan produk ekspor, termasuk pasar ekspor UEA.

Sebelumnya, Kasan mengakui, Kemendag bukan hanya mendorong industri, tapi juga produk usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berorientasi ekspor. Terutama, dalam dalam kondisi banyak negara menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan proses pemulihan ekonomi sebagai akibat dampak Covid-19.

UMKM harus terus melakukan inovasi dan meningkatkan kapasitas dalam pengembangan produk dan daya saing. Salah satu caranya, yaitu melalui inovasi yang dilakukan diaspora Indonesia di Dubai, UEA yang meluncurkan platform lokapasar IndonesiaStore.ae. Platform ini resmi dibuka secara virtual melalui konferensi video.

“Platform IndonesiaStore.ae yang dimiliki diaspora Indonesia tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu wadah akses bagi para UMKM Indonesia untuk memasarkan produknya di kawasan UEA,” kata Kasan.

Senada dengan Kasan, Duta Besar Luar Biasa Berkekuatan Penuh RI untuk UEA Husin Bagis menyambut baik atas terobosan pembukaan platform produk UMKM Indonesia di UEA. Diharapkan ekspor produk Indonesia dapat terus dioptimalkan, terutama di masa pandemi.

"Ini adalah momentum yang tepat untuk membangun kembali perekonomian Indonesia melalui peningkatan ekspor. Untuk itu, diperlukan terobosan baru yang dapat mengoptimalkan potensi ekspor di masa pandemi, salah satunya melalui perdagangan digital seperti Indonesiastore.ae," ungkap Husin.  

 

BERITA TERKAIT

UKM Indonesia Masuk Pasar Rusia

NERACA Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan selalu mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) memasuki pasar ekspor ke…

Koperasi Pesantren Potensi Membangun Jaringan Ritel Modern

NERACA Lamongan - Pondok pesantren berpotensi menjadi pusat penggerak ekonomi yang sangat besar apalagi didukung banyaknya santri yang menimba ilmu…

Impor Maret 2021 Naik 26,55 Persen

NERACA Jakarta - Kenaikan ekspor Maret 2021 turut diimbangi permintaan impor Indonesia yang juga meningkat. Impor Indonesia pada Maret 2021…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

UKM Indonesia Masuk Pasar Rusia

NERACA Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan selalu mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) memasuki pasar ekspor ke…

Koperasi Pesantren Potensi Membangun Jaringan Ritel Modern

NERACA Lamongan - Pondok pesantren berpotensi menjadi pusat penggerak ekonomi yang sangat besar apalagi didukung banyaknya santri yang menimba ilmu…

Impor Maret 2021 Naik 26,55 Persen

NERACA Jakarta - Kenaikan ekspor Maret 2021 turut diimbangi permintaan impor Indonesia yang juga meningkat. Impor Indonesia pada Maret 2021…