Pentingnya Memetakan Para Alumni

 

 

Selain menciptakan lulusan yang bagus, perguruan tinggi juga perlu memetakan para alumninya. Keberadaan alumni adalah bagian penting untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi. Tidak hanya itu, ternyata ada berbagai alasan mengapa kampus perlu mengelola data alumni. Keberhasilan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja merupakan salah satu tolak ukur penilaian akreditasi.

Alumni juga berperan dalam peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi. Sehingga mengelola data alumni adalah komponen penting yang harus diperhatikan oleh perguruan tinggi. Dengan keberadaan alumni yang sudah banyak terserap di dunia kerja, mereka bisa berkontribusi untuk kemajuan perguruan tinggi. Selain itu perguruan tinggi juga dapat memperoleh ilmu yang diberikan alumni kepada para mahasiswa yang masih aktif menempuh pendidikan di kampus.

Tak hanya itu, alumni juga dapat berbagi keterampilan atau soft skill kepada mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Dalam rilisnya, Institut Teknologi Batam ( Iteba), merangkum pentingnya pendataan alumni, dengan bantuan teknologi.

1. Mengetahui outcome pendidikan

Sebuah perguruan tinggi pastinya menghasilkan keluaran pendidikan yakni mahasiswa yang siap diserap dunia kerja. Namun, hasil outcome tersebut bergantung pada proses pengolahan alumni saat masih menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Outcome dapat dilihat berdasarkan tujuan jangka pendek, mengengah, dan panjang. Outcome jangka pendek berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan panduan akademik.

Sementara itu, outcome jangka menengah juga berkaitan dengan kegiatan alumni saat masih aktif menjadi mahasiswa di kampus. Tujuan jangka panjang berkaitan dengan perubahan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan alumni setelah lulus dari kampus. Hal ini berarti, tujuan jangka panjang lebih memerhatikan kontribusi alumni terhadap negeri.

2. Tracer study untuk akreditasi

Akreditasi merupakan proses penilaian dan proses evaluasi institusi atau program studi yang dilakukan dengan kriteria penilaian tertentu. Hasil akreditasi ini juga digunakan perguruan tinggi untuk penerimaan mahasiswa dan karyawan. Selain itu, akreditasi juga menjadi upaya pemerintah untuk menjamin mutu alumni kampus. Oleh karena itu, pelacakan atau tracer study alumni bermanfaat untuk akreditasi. Mengelola data alumni dapat dilakukan dengan cara mengetahui tempat alumni bekerja dan profesi yang mereka kerjakan.

3. Monitor sebaran lulusan perguruan tinggi

Kampus akan meluluskan ratusan hingga ribuan mahasiswa setiap tahun. Hal itu tentunya akan membuat lulusan perguruan tinggi menyebar, baik secara geografis maupun instansi. Untuk mengetahui sebaran alumni perguruan tinggi, sebaiknya kampus menciptakan situs khusus alumni untuk memudahkan kampus mengelola data alumni dan menjaring mahasiswa baru di daerah geografis alumni.

4. Bahan evaluasi perguruan tinggi

Salah satu cara mengelola data alumni adalah mengevaluasi perguruan tinggi. Evaluasi adalah kegiatan membandingkan input dan output serta hasil lulusan yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. Nilai evaluasi ini dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan dan mengukur keberhasilan pencapaian perguruan tinggi tersebut. Selain itu, evaluasi juga dapat digunakan untuk mengkaji permasalahan manajemen, seperti alur pendaftaran.

5. Menciptakan ikatan alumni yang kuat

Almamater dan ikatan alumni yang kuat akan memberikan manfaat bagi perguruan tinggi. Kekerabatan antaralmamater dan alumni akan meningkatkan lulusan-lulusan terbaik. Untuk meningkatkan ikatan tersebut, perguruan tinggi dapat menciptakan organisasi yang berisi alumni. Dari 5 poin itulah yang menjadi alasan pentingnya mengelola data alumni. Sebaiknya kampus atau perguruan tinggi mulai menciptakan sebuah situs atau platform teknologi khusus dengan sistem yang bisa mengakomodir pendataan alumni. Sekaligus digunakan untuk menjaring lulusan perguruan tinggi.

BERITA TERKAIT

Tantangan Pembelajaran Teman Tuli di Saat Pandemi

  Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Siberkreasi dan Kitatama mengadakan Webinar Digital Society dengan…

Etika Mengirim Tugas Via Email ke Dosen

    Pandemi Covid19 memaksakan pembelajaran secara daring. Tak hanya sekedar menyampaikan materi lewat online, mengumpulkan tugas juga mengandalkan email.…

Jangan Dianggap Remeh, Ini Keunggulan Mahasiswa Fresh Graduate

    Mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate masih banyak yang tidak percaya diri dalam dunia pekerjaan. Padahal, menjadi…

BERITA LAINNYA DI

Tantangan Pembelajaran Teman Tuli di Saat Pandemi

  Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Siberkreasi dan Kitatama mengadakan Webinar Digital Society dengan…

Pentingnya Memetakan Para Alumni

    Selain menciptakan lulusan yang bagus, perguruan tinggi juga perlu memetakan para alumninya. Keberadaan alumni adalah bagian penting untuk…

Etika Mengirim Tugas Via Email ke Dosen

    Pandemi Covid19 memaksakan pembelajaran secara daring. Tak hanya sekedar menyampaikan materi lewat online, mengumpulkan tugas juga mengandalkan email.…