Tahun 2021 Tantangan Humas Semakin Kompleks

Jakarta, Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang melanda dunia, utilisasi teknologi digital bagi masyarakat untuk mencari informasi menjadi sangat masif. Hal tersebut dipercepat dengan kondisi new normal yang diterapkan kepada masyarakat beberapa bulan terakhir. Karenanya, peran public relation (PR) kini sangat krusial terhadap semua informasi yang tersedia. Padahal, dunia humas dilanda banyak tantangan.

“Dengan pandemic COVID, semua berhenti, semua stop. Campaign global, tren heboh yang sudah kita siapkan sudah tidak relevan lagi. Di tahun 2021 ini, dunia humas menghadapi bukan satu tantangan, tapi sepuluh tantangan sekaligus. Sepuluh tantangan kompleksitas dunia praktisi humas,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas), Agung Laksamana, dalam keynote speech pada acara penghargaan Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2021: Navigating the Better Future, yang diselenggarakan Warta Ekonomi secara virtual pada, Selasa (26/1).

Agung membeberkan, selain pandemic COVID, tantangan yang dihadapi PR mencakup disrupsi bisnis, media lansekap yang berubah, adanya fake news dan hoaks, adanya fake influencer dan fake followers, serta keberadaan robot journalism dan artificial intelligence (AI). Selain itu, kondisi yang serba mobile juga menjadi tantangan tersendiri. Ada pula soal informasi yang berlebihan, hingga tingkat perhatian audience yang berkurang.

“Robot sudah bisa membuat berita, di Jepang artificial intelligence (AI) sudah bisa menjadi creative director, membuat iklan, dan video musik. Di China, AI sudah menjadi news anchor. Di era 4.0 ini, lalu lintas informasi begitu deras, target audience kita bingung, mana yang kredibel, publik sendiri tidak bisa membedakan,” ungkapnya.

Di sinilah, kata Agung, PR harus bisa memahami. Ia menyebut, setidaknya ada tiga mantra yang perlu menjadi fokus dan dilakukan oleh PR di masa sekarang. Salah satunya adalah harus bisa mengadopsi kondisi perubahan yang ada. “Kedua, kita harus beradaptasi dengan strategi-strategi baru untuk melihat platform-platform baru. Ketiga, itu kita harus mahir, kita harus canggih, kita harus expert di dalam bidang kita. Kita juga harus memahami fundamendal dari PR itu sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu, Founder sekaligus Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad, menyatakan penyelenggaraan IPRA kali ini memiliki suasana dan makna yang berbeda dibanding penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. “Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020, disebutkan sebanyak 77 persen dari responden yang merupakan para praktisi di dunia ke-PR-an merasakan betul bahwa peran PR menjadi semakin penting di saat pandemi ini,” ujar Fadel.

Berkaca pada hasil penelitian tersebut, Fadel mengimbau segenap praktisi PR yang hadir dalam acara kali ini untuk dapat turut mengambil peran lebih besar lagi di masyarakat. Termasuk juga terkait program vaksinasi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah sejak tanggal 13 Januari 2021 lalu. Dengan perannya yang besar di masyarakat, Fadel berharap komunitas PR dapat ikut membantu pemerintah dalam memerangi pandemi COVID19 ini dengan turut mensosialisasikan dan menginformasikannya di tengah-tengah masyarakat.

“Pada gelaran kali ini, Warta Ekonomi mengambil tema Navigating For The Best Future. Ini sangat menarik, karena menandakan sebuah ajakan untuk kita bersama-sama dalam satu arahan menuju masa depan yang lebih baik. Terakhir, Saya ucapkan selamat kepada para pemenang dalam acara penghargaan ini, sekaligus mengapresiasi setinggi-tingginya kiprah dan kontribusinya selama ini melalui dunia public relation,” tegas Fadel.

Dalam menentukan pemenang, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan metode media monitoring melalui analisis konten. Periode sentimen positif yang dinilai dimulai dari Agustus-Desember 2020. Penghargaan ini diberikan kepada 15 sektor industri, antara lain agribisnis, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, perbankan, dan consumer goods. Sektor lain mencakup ritel, energy, minyak dan gas, properti dan konstruksi, pertambangan, otomotif, transportasi, foundation, serta informasi, teknologi, dan komunikasi. (wid)

BERITA TERKAIT

KPU TETAPKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH

Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto (tengah) bersama Gibran Rakabuming Raka (kiri) menerima dokumen berita acara dari…

BANK MANDIRI TASPEN RAIH PRESTASI NAIK KELAS KE KBMI 2

Karyawan Bank Mandiri Taspen sedang melayani nasabah saat melakukan transaksi di salah satu kantor cabangnya di Jakarta, Rabu (23/4). Konsisten…

PAMERAN LAB INDONESIA 2024

PAMERAN LAB INDONESIA 2024 : Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi Badan Standardisasi Nasional (BSN) Wahyu Purbowasito…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

KPU TETAPKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH

Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto (tengah) bersama Gibran Rakabuming Raka (kiri) menerima dokumen berita acara dari…

BANK MANDIRI TASPEN RAIH PRESTASI NAIK KELAS KE KBMI 2

Karyawan Bank Mandiri Taspen sedang melayani nasabah saat melakukan transaksi di salah satu kantor cabangnya di Jakarta, Rabu (23/4). Konsisten…

PAMERAN LAB INDONESIA 2024

PAMERAN LAB INDONESIA 2024 : Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi Badan Standardisasi Nasional (BSN) Wahyu Purbowasito…