Tingkatkan Layanan Keuangan Digital, Amar Bank Kembangkan Intelligence Banking



Jakarta,Penerapan intelligence banking dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada layanan perbankan masa kini telah menjadi tren baru yang lahir dari penetrasi digital yang pesat berkembang di tengah masyarakat. Penerapan AI mempunyai manfaat yang besar bagi industri perbankan di Indonesia. 

Chief Technology Officer PT Bank Amar Tbk Kevin Kane mengatakan, era digital telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan.  Sebuah riset menunjukkan bahwa 40% responden lebih memilih transaksi perbankan secara online dan 42% juga akan lebih menggunakan mobile banking dibanding 8% yang mengatakan tidak. 

Data tersebut menunjukkan bahwa di era digital seperti sekarang ini, sebagian besar nasabah lebih memilih untuk menggunakan digital platform untuk layanan perbankan yang lebih mudah diakses. 

“Terlebih lagi dengan penerapan teknologi AI, akan memberikan banyak manfaat bagi nasabah maupun perbankan,” kata dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (21/1).

Menurut data McKinsey & Company, terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan AI di layanan perbankan. Pertama, meningkat revenue melalui peningkatan personalisasi layanan kepada nasabah maupun karyawan. 

Kedua, menurunkan pengeluaran melalui efisiensi dari teknologi otomatisasi, mengurangi error rates, dan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. 

Terakhir, bank dapat menangkap peluang baru berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

Selain AI, terdapat infrastruktur lainnya yang dibutuhkan dalam mendukung intelligence bank, yaitu Cloud, Data, dan Application Programming Interface (API). 

“Dengan menggunakan cloud, bank dapat meningkatkan skalabilitas dan kecepatan dari computer engine yang membantu dalam proses layanan perbankan. Di sisi lain, data seorang nasabah di layanan perbankan kadang terpisah-pisah. Jika data dapat diintegrasikan dalam satu tempat, pengelolaan data dan kegiatan pemasaran perbankan akan dapat lebih tepat sasaran. Sementara itu, integrasi API juga dibutuhkan untuk membantu ketersediaan data dan menyediakan end-to-end services kepada nasabah,” tambah Kevin Kane.

Intelligence banking merupakan perbankan digital yang didukung oleh kapabilitas kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman perbankan yang mudah, cerdas, dan terpersonalisasi. 

Melihat pesatnya perkembangan teknologi digital dan AI, mendorong Bank Amar, sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digital-only bank di Indonesia, untuk terus bertransformasi dan berkembang mengikuti perkembangan digitalisasi agar dapat melayani masyarakat Indonesia. 

“Amar Bank berkomitmen terhadap inovasi yang mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik. Berangkat dari komitmen tersebut, Amar Bank telah memperkenalkan pinjaman digital pertama di Indonesia melalui Tunaiku dan baru-baru ini juga telah meluncurkan inovasi produk berbasis aplikasi perbankan seluler berbasis AI, Senyumku,” ujar Kevin Kane.

Aplikasi Tunaiku dan Senyumku hadir untuk dapat berkontribusi dalam upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia. Aplikasi Tunaiku mengutamakan kebutuhan nasabah dalam melakukan pengembangan produk dan fitur serta memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang belum atau kurang terlayani oleh perbankan atau jasa keuangan formal. 

Sedangkan aplikasi Senyumku merupakan aplikasi mobile-only intelligent bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang canggih dalam memberikan layanan perbankan yang personal kepada nasabah dan masyarakat, khususnya kaum milenial. 

“Kami percaya, dengan memanfaatkan big data dan teknologi AI melalui kedua produk tersebut, diharapkan dapat membantu menyederhanakan proses layanan keuangan dengan tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian, melayani lebih banyak orang, dan mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik,” tutup Kevin Kane. (wid)

BERITA TERKAIT

VAKSINASI PENGEMUDI TAKSI BLUEBIRD

VAKSINASI PENGEMUDI TAKSI BLUEBIRD : Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo (tengah) bersama Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian…

PERESMIAN BENDUNGAN SINDANG HEULA

Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua dari kiri), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah), Direktur Utama…

OPPO Segera Luncurkan Find X3 Pro, Smartphone dengan Satu Miliar Warna Pertama di Dunia

Jakarta, OPPO, merek perangkat pintar terkemuka dunia, mengumumkan peluncuran global smartphone flagship dengan fitur miliaran warna, OPPO Find X3 Pro…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

VAKSINASI PENGEMUDI TAKSI BLUEBIRD

VAKSINASI PENGEMUDI TAKSI BLUEBIRD : Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo (tengah) bersama Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian…

PERESMIAN BENDUNGAN SINDANG HEULA

Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua dari kiri), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah), Direktur Utama…

OPPO Segera Luncurkan Find X3 Pro, Smartphone dengan Satu Miliar Warna Pertama di Dunia

Jakarta, OPPO, merek perangkat pintar terkemuka dunia, mengumumkan peluncuran global smartphone flagship dengan fitur miliaran warna, OPPO Find X3 Pro…