Operasi Pasar Kembali Dilaksanakan - Perkuat Ketersediaan LPG Pasca Banjir

NERACA

Kalimantan Selatan - Operasi pasar kembali dilaksanakan oleh Pertamina di sejumlah titik di Kalimantan Selatan yaitu di Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Tabalong sejumlah 9.800 tabung yang dilaksanakan secara bertahap hingga 11 hari kedepan. 

Pelaksanaan Operasi Pasar ini diperuntukkan untuk mempermudah aksesabilitas dan peningkatan konsumsi LPG pada saat kondisi banjir.

Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar, menjelaskan bahwa Operasi Pasar dilaksanakan juga untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan ketersediaan stok LPG yang ada di masyarakat.

Total 780 tabung disediakan untuk tiga titik di Kabupaten tersebut dengan masing-masing lokasi 280 tabung. Pada (18/1) lokasi pelaksanaan operasi pasar di Kab. Tapin di Kantor Kecamatan Candi Laras Selatan; Pasar Jaro, Kec. Jaro di Kab. Tabalong; dan Kantor Desa Kupang, Kec. Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan. 

Kemarin, 780 tabung kembali digelontorkan Pertamina untuk tiga lokasi berbeda yaitu di Kantor Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin, Pasar Nawin Kecamatan Haruai di Kabupaten Tabalong, dan Kantor Desa Taniran Kubah Kecamatan Angkinang Kab. Hulu Sungai Selatan. 

“Kami koordinasi dengan pemda setempat di wilayah Kalsel, lokasi mana saja yang sekiranya perlu dilakukan operasi pasar. Pertamina senantiasa berupaya optimal untuk memastikan bahwa semua masyarakat yang berhak mendapatkan LPG 3 kg,” jelas Freddy. 

Lebih lanjut, Freddy pun mengungkapkan, untuk memastikan distribusi LPG ke masyarakat, 99 agen PSO dan NPSO tetap beroperasi berikut juga 2460 Pangkalan yang ada di wilayah Kalimantan Selatan. 

“Saat ini kondisi memang masih mengkhawatirkan apalagi masyarakat terdampak, tapi kami sarankan untuk membeli LPG 3 kg sesuai dengan kebutuhan saja, karena masyarakat lain juga membutuhkan,” terang Freddy.

Freddy  juga menjelaskan, bahwa Pertamina akan mengoptimalkan upaya untuk menjaga ketahanan stok LPG agar masyarakat dapat tetap melakukan kegiatan masak-memasak apalagi di daerah yang terdampak.

“Jalur yang sering dilalui oleh mobil tangki LPG untuk menuju tiga daerah yaitu Banjar, Banjarmasin, dan Banjarbaru tidak dapat dilalui karena cukup rentan serta volume air yang masih tinggi sehingga kami menggunakan jalur sungai untuk dapat menyebrangkan mobil tangki LPG dan truk agen yang akan mengisi ke SPPBE agar dapat segera melakukan pengisian,” papar Freddy.

Sebelumnya, Sales Area Manager Kalselteng Drestanto Nandiwardhana menjelaskan bahwa selain upaya tersebut, Operasi Pasar menjadi salah satu cara Pertamina untuk memastikan kebutuhan LPG di masyarakat terpenuhi.

“Koordinasi lebih lanjut dengan pemda setempat akan dilakukan untuk mendapatkan input mengenai penetapan titik-titik yang akan dilaksanakan operasi pasar,” tutur Drestanto

Saat melaksanakan operasi pasar di pangkalan LPG di Jalan Simpang SMP 7 Veteran Kota Banjarmasin sebanyak 100 tabung dengan HET Rp 17.500/tabung dan 1 (satu) orang dibatasi pembelian dua tabung untuk memastikan tepat sasaran dan merata.

Menyusul malam hari ini, akan diadakan kembali Operasi Pasar di 4 (empat) titik lainnya dengan total 460 tabung yaitu di pangkalan Suwasis sebanyak 160 tabung di Jalan Alalak Selatan RT 5 (samping masjid Suada Uddarain), Ratnawati 100 tabung di Jalan Benua Anyar RT 7 No.21, pangkalan Kios Endah 100 tabung di Jalan KS Tubun Gang IV Keluarga Kel. Kelayan Barat,  pangkalan Rizqy Ilahi 100 tabung di Jalan Nakula VI Komp. BPP.

Salah satu warga di sekitar lokasi Operasi Pasar, Hasan Duraya mengungkapkan dengan adanya operasi pasar ini sangat membantu kami dalam membeli LPG 3 Kg apalagi sesuai dengan HET.

“Alhamdulillah sangat terbantu dengan adanya Operasi Pasar ini, LPG tidak sulit mendapatkannya. Kami Kami sangat butuh LPG dalam kondisi seperti ini,” imbuh Hasan.

Disisi lain, sejak banjir yang melanda, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) VI wilayah Kalimantan Selatan,  juga telah mengalihkan arus distribusi dari Integrated Terminal (IT) Banjarmasin ke Fuel Terminal (FT) Pulang Pisau dan Fuel Terminal Kotabaru untuk memenuhi stok di SPBU agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat yang membutuhkan.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Susanto August Satria mengungkapkan bahwa pasokan BBM untuk FT Pulang Pisau ditambah 48 KL (8%) dan FT Kotabaru ditambah sebanyak 78 KL atau sebanyak 11%.

Begitu pula dengan LPG, penambahan pasokan juga dilakukan dari Depot LPG Balikpapan ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) di Kab. Tanah Laut dan Tanah Bumbu sebanyak 78 Metrik Ton (26.000 tabung) atau 18,6% penyaluran normal.

Lebih lanjut Satria mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan panic buying terutama di produk LPG 3 kg. “ Untuk stok di Depot LPG Mini di Kalsel sangat aman sehingga masyarakat dapat membeli kebutuhan LPG sesuai dengan kebutuhan saja. Sebanyak 74 agen dan 1.620 pangkalan tetap beroperasi untuk memastikan kebutuhan LPG di Kalsel aman. 111 SPBU regular pun tetap beroperasi untuk memenuhi BBM masayrakat,” tutur Satria.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

PAMERAN UMKM BINAAN BANK INDONESIA

 Kepala Bank Indonesia (BI) Kediri Sofwan Kurnia bertransaksi dengan Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) saat pameran Usaha Mikro Kecil…

GELIAT USAHA LAUNDRY SAAT PANDEMI

Karyawan memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci di salah satu tempat usaha laundry di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (4/3/2021). Usaha…

Solusi Transaksi Massal dari OCTO Clicks

Nasabah CIMB Niaga sedang bertransaksi menggunakan internet banking OCTO Clicks. CIMB Niaga terus memperbaharui fasilitas OCTO Clicks dengan menyematkan fitur-fitur yang memudahkan nasabah,…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

PAMERAN UMKM BINAAN BANK INDONESIA

 Kepala Bank Indonesia (BI) Kediri Sofwan Kurnia bertransaksi dengan Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) saat pameran Usaha Mikro Kecil…

GELIAT USAHA LAUNDRY SAAT PANDEMI

Karyawan memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci di salah satu tempat usaha laundry di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (4/3/2021). Usaha…

Solusi Transaksi Massal dari OCTO Clicks

Nasabah CIMB Niaga sedang bertransaksi menggunakan internet banking OCTO Clicks. CIMB Niaga terus memperbaharui fasilitas OCTO Clicks dengan menyematkan fitur-fitur yang memudahkan nasabah,…