Indra Karya Jalin Kerjasama Strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka Kementerian PUPR

NERACA

Jakarta – PT Indra Karya (Persero) menjalin kerjasama strategis terkait Pengusahaan dan Pengembangan Proyek Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) dan Proyek Lainnya di Bidang Sumber Daya Air dengan Yayasan Air Adhi Eka yang merupakan wadah para purna tugas dari Kementerian PUPR.

 

Acara yang digelar pada Jumat (4/12) tersebut berlokasi di Ruang Pusat Monitoring Bendungan Gedung Direktorat Jendral Sumber Daya Air di Komplek Kementerian PUPR tersebut turut dihadiri oleh Jajaran Direksi PT Indra Karya (Persero), Sekretaris Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Sekretaris Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR, Ketua Yayasan Air Adhi Eka, Dewan Pembina Yayasan Air Adhi Eka serta beberapa tamu undangan lainnya.

 

Ketua Yayasan Air Adhi Eka dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ini merupakan kerja sama strategis yang dilakukan untuk saling mendukung proyek-proyek pemerintah dengan badan usaha khususnya pada sektor pengembangan Sumber Daya Air.

 

“Bentuk kerja sama ini merupakan langkah kami untuk mengembangkan kegiatan khususnya pada sektor Sumber Daya Air dengan menggandeng PT Indra Karya (Persero) yang merupakan BUMN Konsultan Konstruksi yang berpengalama di Indonesia. Harapannya kedepan kami bisa memfasilitasi kerjasama antara pemerintah dengan badan usaha untuk memperkuat program-program pemerintah di sektor SDA dan juga pada sektor-sektor strategis lainnya,” ungkap Ketua Umum Yayasan Air Adhi Eka Ir. Adi Sarwoko,Dipl.HE.

 

PT Indra Karya (Persero) yang memiliki 3 lini bisnis utama Engineering, Developer, dan Industry ini, kedepan memiliki fokus untuk terus berkontribusi pada program-program strategis pemerintah khususnya pada sektor pengembangan Sumber Daya Air. Saat ini Indra Karya telah ikut terlibat pada beberapa program pemerintah salah satunya yakni untuk memperkuat Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ SDGs No 6 terkait dengan pemenuhan air bersih dan sanitasi sehat.

 

Hal tersebut sebagai bukti komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi dan mendukung program pemerintah dalam pemenuhan 100% akses air bersih dan sanitasi sehat bagi masyarakat. Tidak hanya itu, Indra Karya juga melihat potensi yang cukup besar di berbagai kawasan industri terkait penyediaan dan pengelolaan air bersih di kawasan tersebut. Oleh karena itu, Indra Karya sebagai Konsultan BUMN yang bergerak di Bidang Jasa Konsultan Konstruksi perlu menggandeng kerjasama dengan berbagai Stakeholder untuk mensukseskan program-program tersebut.

 

“Kegiatan kerjasama dengan Yayasan Air Adhi Eka ini merupakan kerjasama strategis sebagai bentuk upaya kami dalam rangka mewujudkan ketercapaian program-program strategis pemerintah khususnya pada sektor Sumber Daya Air (SDA) dimana saat ini potensi pengembangan di sektor SDA masih sangat besar untuk di kembangkan termasuk untuk mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs No 6 terkait pemenuhan akses air bersih dan sanitasi sehat yang merupakan turunan dari kegiatan di hulu yakni optimalisasi bendungan dan waduk yang masih cukup besar untuk memenuhi kebutuhan air bersih di berbagai kawasan industri di Indonesia,” ujar Milfan Rantawi, Direktur Utama PT Indra Karya (Persero).

 

Pemilihan Indra Karya sebagai mitra Yayasan Air Adhi Eka dinilai dari berbagai pengalaman serta kemampuan PT Indra Karya (Persero) selama 59 tahun di sektor Sumber Daya Air yang sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang didapatkan Indra Karya sepanjang tahun 2020 ini, seperti penghargaan sebagai Konsultan Konstruksi terbaik versi majalah Infobank, Best Creative Branding pada ajang BUMN Branding and Marketing Award 2020 dan beberapa penghargaan lainnya. Oleh karena itu, peran Indra Karya sangat baik khususnya pada proyek-proyek di sektor Sumber Daya Air (SDA).

 

“Indra Karya kami pilih sebagai mitra strategis bagi Yayasan Air Adhi Eka ini karena pengalaman serta kemampuan Indra Karya dalam melaksanakan proyek-proyek SDA, dimana Indra Karya ini merupakan BUMN Konsultan Konstruksi terbaik di Indonesia, atas dasar itu kami tidak ragu memilih Indra Karya sebagai mitra kerjasama Yayasan Air Adhi Eka yang memang memiliki keinginan untuk mengembangkan dan memperkuat kegiatan yayasan khususnya pada sektor Sumber Daya Air (SDA) termasuk untuk optimalisasi bendungan dan waduk yang ada untuk dapat memberikan nilai tambah kemanfaatannya bagi penyediaan Air Bersih bagi kawasan industri dan pembangkit listrik tenaga air dengan mendorong kerjasama Badan Usaha terkait,” Ujar Drs. Gembong Priyono,MSc, Dewan Pembina Yayasan Air Adhi Eka.

 

Terjalinnya kerjasama ini merupakan langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada pengerjaan proyek-proyek strategis di sektor Sumber Daya Air. Harapannya kerjasama dengan Yayasan Air Adhi Eka dapat membuka peluang perusahaan untuk menjalin kerjasama di sektor lainnya sehingga kedepan keberadaan PT Indra Karya (Persero) dapat terus memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan negeri.

 

“Kerjasama ini merupakan suatu langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada program-program strategis di sektor Sumber Daya Air. Harapannya kerjasama dengan Yayasan Air Adhi Eka dapat membuka peluang perusahaan untuk menjalin kerjasama di sektor lainnya sehingga kedepan PT Indra Karya (Persero) dapat terus berperan dengan memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan negeri,” tutup Milfan.

 

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Direktorat Sumber Daya Air, Ir. Charisal Akdiam Manu, M.Si dan Sekretaris Direktorat Jendral Cipta Karya, Ir. T. Iskandar, MT juga kompak secara bersamaan menyampaikan dukungannya atas kerjasama strategis ini mengingat masih besarnya kebutuhan masyarakat dalam penyediaan air serta peluang peran serta Badan Usaha dalam pengembangan dan pembangunan Sumber Daya Air di Indonesia. Mohar

 

 

BERITA TERKAIT

Jadilah Individu Beretika di Dunia Nyata Maupun Digital

Jadilah Individu Beretika di Dunia Nyata Maupun Digital NERACA Banyuwangi - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi…

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab  NERACA Probolinggo - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi…

Perhatikan Batasan dalam Berkonten di Media Sosial

  NERACA Jember - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) berkomitmen meningkatkan literasi digital masyarakat menuju Indonesia #MakinCakapDigital2024. Dalam rangka…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Jadilah Individu Beretika di Dunia Nyata Maupun Digital

Jadilah Individu Beretika di Dunia Nyata Maupun Digital NERACA Banyuwangi - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi…

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab

Bijak Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Secara Bertanggung Jawab  NERACA Probolinggo - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi…

Perhatikan Batasan dalam Berkonten di Media Sosial

  NERACA Jember - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) berkomitmen meningkatkan literasi digital masyarakat menuju Indonesia #MakinCakapDigital2024. Dalam rangka…