Fitch Naikkan Peringkat Utang APLN Jadi CCC-

NERACA

Jakarta – Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings menaikkan peringkat utang PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dari C menjadi CCC-. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam keterbukaan informasi di Jakarta, kemarin.

Dijelaskan, kenaikan peringkat ini ditopang rampungnya restrukturasi pinjaman anak usaha perseroan. Disebutkan, surat utang senior senilai US$ 300 juta yang diterbitkan pada 2 Juni 2017 oleh anak usaha perseroan, yakni APL Realty Holdings Pte Ltd, juga mendapatkan kenaikan peringkat yang sama dengan peringkat pemulihan RR4.

Kata Sekretaris Perusahaan Agung Podomoro Land, F Justini Omas, surat utang senior berdominasi dollar AS tersebut dicatatkan dan diperdagangkan di Singapore Exchange Securities Trading. Surat utang ini dijamin dengan jaminan perusahaan dari perseroan dan beberapa entitas anak. Kemudian, peningkatan peringkat tersebut disebabkan oleh selesainya restrukturisasi pinjaman anak usaha perseroan, yakni PT Bali Perkasa Sukses. “Bali Perkasa Sukses merupakan entitas anak perseroan dengan kepemilikan 63,0% yang memiliki Hotel Indigo Bali Seminyak,” ujar dia.

Peningkatan peringkatkan tersebut juga didukung kecukupan dana pada kas dan setara kas perseroan untuk memenuhi kebutuhan pembayaran kewajiban yang akan datang. Sebelumnya, Agung Podomoro Land dikabarkan berhasil membukukan penjualan unit properti (marketing sales) sebanyak Rp 2,4 triliun hingga akhir September 2020. Raihan ini meningkat 76% dari periode yang sama tahun 2019 senilai Rp 1,4 triliun.

Justini mengatakan, sebagian besar pencapaian tersebut dikontribusikan penjualan lahan industri di Karawang, Jawa Barat, seluas 175 hektare yang telah dituntaskan pada September 2020. Adapun, tahun ini, perseroan menargetkan total marketing sales mencapai Rp 2,7-3 triliun. Selain itu, raihan tersebut disumbangkan dari penjualan Podomoro Park Bandung, Podomoro Golf View, Cimanggis dan Podomoro City Deli di Medan. Secara keseluruhan, keempat proyek ini menyumbang sekitar 88% dari total marketing sales.

Hingga semester I-2020, perseroan memiliki lahan seluas 761,3 hektare yang dibagi menjadi dua area, yakni lahan seluas 323,8 hektare dalam pengembangan dan seluas 437,5 hektare untuk pengembangan mendatang. “Untuk lahan dalam pengembangan terletak di Jakarta dan sekitarnya seluas 59,1 hektare, Karawang seluas 5,7 hektare, Bogor seluas 91,2 hektare, Bandung seluas 117,0 hektare, Batam seluas 40,8 hektare, Medan seluas 5,2 hektar dan Balikpapan seluas 4,9 hektar,” jelas dia.

Sedangkan untuk pengembangan mendatang, perseroan memiliki lahan di Jakarta seluas 30,1 hektar, Karawang seluas 374,3 hektar, Bandung seluas 10,7 hektar, Bali seluas 7,4 hektar dan Makassar seluas 15 hektar.



BERITA TERKAIT

M2 World Champioship Cetak 3 Juta Global Online Views

MOONTON Technology Co. Ltd dengan bangga mempersembahkan juara dunia baru Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) – Bren Esports (Bren) dari…

Sukseskan Program Citarum Harum - Uni Charm Indonesia Tanam 1.500 Pohon Bambu

Peduli pada kelestarian lingkungan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melalui kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang dan Satgas Citarum Harum…

Ekspansi Pasar Domestik - Panca Mitra Luncurkan Brand Baru

Genjot pertumbuhan penjualan, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), emiten yang bergerak di sektor konsumen berbasis ekspor, khususnya pada sektor…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

M2 World Champioship Cetak 3 Juta Global Online Views

MOONTON Technology Co. Ltd dengan bangga mempersembahkan juara dunia baru Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) – Bren Esports (Bren) dari…

Sukseskan Program Citarum Harum - Uni Charm Indonesia Tanam 1.500 Pohon Bambu

Peduli pada kelestarian lingkungan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melalui kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang dan Satgas Citarum Harum…

Ekspansi Pasar Domestik - Panca Mitra Luncurkan Brand Baru

Genjot pertumbuhan penjualan, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), emiten yang bergerak di sektor konsumen berbasis ekspor, khususnya pada sektor…