Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun - Peduli Wings Group Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Membangun kesadaran pentingnya cuci tangan pakai sabun, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang harus menjaga kebersihan seperti mencuci tangan menjadi hal yang perlu ditingkatkan. Berangkat dari upaya membangun kebiasaan dan budaya mencuci tangan, Wings Group Indonesia bekerjasama dengan Kementeria Kesehatan ikut kampanyekan dan advokasi nasional cuci tangan pakai sabun.

Director of Human Resources Wings Group Indonesia, Meriam Katombo dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, dukungan perseroan untuk mendorong masyarakat akan pentingnya mencuci tangan adalah dengan mendirikan tempat cuci tangan di ruang publik serta dan membagikan produk kebersihan. “Untuk menjangkau akses ke tempat yang jauh dan terpencil Wings Group telah berpartner dengan UNICEF agar akses general hygiene bisa diraih oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan di remote area,”ujarnya.

Kepedulian Wings Group meningkatkan kesehatan masyarakat dilakukan dengan edukasi bahwa cuci tangan pakai sabun dilakukan bukan ketika pandemi Covid-19 saja, tetapi membuat aktivitas itu menjadi bagian kebiasaan hidup sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan. “Edukasi tersebut dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital untuk memperkenalkan hal relevan yang dikemas khusus seperti #JogetNuvoAntiKuman. Kita mencoba menyesuaikan dengan hal yang sedang hits di masyarakat dan memasukan unsur edukasi ke dalam hal tersebut,”kata Meriam Katombo.

Disampaikannya, cuci tangan pakai sabun memiliki peranan penting bagi perkembangan Indonesia karena memiliki andil menjaga kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, cuci tangan pakai sabun menjadi bagian dari dari lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bersama dengan stop buang air sembarangan, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

Kata Meriam, Wings Group Indonesia sebagai perusahaan lokal telah berupaya berkontribusi untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat mulai dari sebelum merebaknya pandemi global Covid-19 dan semakin meningkatkan perannya ketika wabah virus Covid-19 masuk ke tanah air, melalui tiga poin utama yaitu produk, akses dan edukasi. Untuk poin pertama Wings Group berinovasi dengan meluncurkan produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk menjaga kebersihan sekaligus memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat Indonesia lewat produk Nuvo Hand Sanitizer Spray, Masker Wingscare Protector dan desinfektan spray WIZ 24.

Untuk mempromosikan perubahan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan meningkatkan akses ke fasilitas tempat cuci tangan tentu dibutuhkan upaya terpadu dan kerja sama dari semua pihak, stakeholders dalam hal ini dari sektor swasta, bersama pemerintah dan organisasi lainnya. Oleh karena itu Wings Group Indonesia mengajak semua pihak untuk fokus berkerjasama mengkampanyekan cuci tangan pakai sabun sembari memperkuat akses dan edukasi,”Dalam kemitraan ini mari kita sama-sama terus memperkuat pembangunan akses-akses untuk sarana cuci tangan, air bersih ke seluruh pelosok, dan mari kita bersama-sama terus melakukan edukasi ke masyarakat kita secara aktif dan inovatif,”kata Meriam Katombo.

Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kemenkes R.I, Kirana Pritasari mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah menjadi pengingat bagi semua orang bahwa salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran virus adalah dengan perilaku cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Apalagi berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa baru sekitar 50% dari populasi penduduk Indonesia di atas 10 tahun yang mempraktekan cuci tangan pake sabun dengan benar.

 

BERITA TERKAIT

Peduli Bencana, JNE Gratiskan Biaya Pengiriman Bantuan

Musibah bencana alam di awal tahun 2021 memberikan keprihatinan bagi bangsa ini di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga…

Bandara Ngurah Rai Salurkan CSR Rp 4,2 Miliar

PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali telah menyalurkan dana Corporate Social Responsibility…

Samsung Ajarkan 3700 Warga Biak Melek Teknologi - Bantu Pengembangan dan Kecakapan

Semangat untuk membuka akses dan membangun kualitas pendidikan yang bermutu di daerah terpencil, khususnya di Papua menjadi misi hadirnya Samsung…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Bencana, JNE Gratiskan Biaya Pengiriman Bantuan

Musibah bencana alam di awal tahun 2021 memberikan keprihatinan bagi bangsa ini di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga…

Bandara Ngurah Rai Salurkan CSR Rp 4,2 Miliar

PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali telah menyalurkan dana Corporate Social Responsibility…

Samsung Ajarkan 3700 Warga Biak Melek Teknologi - Bantu Pengembangan dan Kecakapan

Semangat untuk membuka akses dan membangun kualitas pendidikan yang bermutu di daerah terpencil, khususnya di Papua menjadi misi hadirnya Samsung…