Beri Akses KUR Bunga 0% dari Pemerintah - Peduli Gojek Bagi Para Mitra UMKM di Masa Pandemi

Sukses memberdayakan para pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) sebagai mitranya untuk keluar dari kemiskinan dengan membantu pemasaran, kini Gojek kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha dalam mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menjaga kelangsungan usaha di masa pandemi. Mitra usaha Gojek dapat mendaftarkan pinjaman KUR Super Mikro dengan suku bunga 0%, inisiatif subsidi dari Kementerian Koordinator Bidang 1 Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) yang disalurkan oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Selanjutnya, mitra usaha Gojek yang mendaftar dan memenuhi persyaratan dari bank berpotensi mendapatkan fasilitas pinjaman hingga Rp 10 juta. Fasilitas ini menjadi bentuk komitmen gotong royong dan dukungan untuk UMKM #MelajuBersamaGojek melalui kemitraan dengan pemerintah. Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, sebagai bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek yang merupakan dukungan komprehensif dan inklusif perseroan ke mitra UMKM, Gojek sangat berbangga hati dapat kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha Gojek mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro.“Kredit dengan suku bunga 0% ini merupakan sebuah dukungan luar biasa pemerintah untuk UMKM dengan memberikan tambahan subsidi untuk para penerima KUR dan calon penerima KUR super mikro ini dan berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional,”ujarnya.

Sementara Gojek akan menjangkau mitra usaha melalui kanal informasi resmi mitra usaha Gojek dan mendukung agar semakin banyak mitra UMKM yang dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menjaga perputaran usaha. Proses pengajuan pinjaman KUR, lanjutnya akan ditindaklanjuti dengan analisa serta persetujuan akhir dari pihak Bank Himbara. Gojek mendukung proses seleksi awal melalui pre-screening calon debitur dari mitra usaha Gojek menggunakan beberapa kriteria dasar, kemudian calon debitur yang lolos tahap ini akan diajukan ke bank untuk proses penilaian dan analisa kredit sesuai prosedur. Jika terpilih sebagai debitur, maka bank akan melanjutkan proses penyaluran pinjaman langsung ke debitur yang bersangkutan.

Semangat Gotong Royong Dukung UMKM #MelajuBersamaGojek Semangat gotong royong melandasi berbagai kemitraan dan kolaborasi Gojek, sejalan dengan inisiatif dukung UMKM #MelajuBersamaGojek, yang mencakup dukungan ekosistem teknologi dan non-teknologi yang komprehensif serta inklusif termasuk akses ke fasilitas permodalan. Fasilitasi penyaluran KUR ini merupakan kolaborasi antara Gojek dan pemerintah serta Bank Himbara yang kesekian kali.

 

Kolaborasi Dengan BRI

 

 

Sebelumnya, Gojek juga telah menjadi mitra pilihan bank Himbara dan pemerintah melalui program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) serta telah memfasilitasi mitra driver dengan pinjaman dana bunga ringan yang juga merupakan kolaborasi bersama Bank BRI. Gojek juga membantu perluasan akses pasar para pelaku UMKM dan pasar tradisional, sekaligus mensukseskan program pemerintah seperti Gerakan #BanggaBuatanIndonesia (BBI) dan Toko Mitra Tani. Keberhasilan ekosistem Gojek dalam mendukung mitra usaha melakukan transformasi digital di tengah pandemi Covid-19 telah dibuktikan di hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bertajuk “Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Saat dan Sebelum Pandemi Covid-19”.

Riset menunjukan bahwa Gojek menjadi pilihan mitra UMKM untuk bertahan dan bertumbuh selama adaptasi dimana 92% dari UMKM mengatakan mereka mampu beradaptasi lebih cepat dalam pandemi karena Gojek, dan hampir 50% mengatakan mereka tidak akan dapat bertahan jika mereka bukan bagian dari ekosistem Gojek.

Azizah Haerasari, pemilik Tanghot, Jakarta, mitra GoFood, dan salah satu debitur Pinjaman Mikro Bank Himbara mengatakan, “Selama masa pandemi, saya bersyukur tetap dapat menjaga transaksi usaha kuliner saya bersama layanan pesan antar makanan GoFood. Saya beradaptasi dengan menggunakan fitur promosi GoFood untuk meningkatkan permintaan konsumen dan meningkatkan protokol kebersihan di kedai saya untuk menjaga kepercayaan konsumen,”ungkapnya.

 

 

 

BERITA TERKAIT

Digitalisasi Bawa Cuan Bagi Pedagang Saat Pandemi

Nyaris bangkrut dan terlilit utang puluhan juta karena tidak mampu bayar, derita yang harus diterima Diana (40) pedagang pakaian kaki…

Dorong Kemandirian dan Go Internasional - YDBA Bantu UMKM Kuliner Alat Pelatihan Memasak

Membangun kemandirian para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menggali pontensi yang dimiliki selalu dilakukan Yayasan Dharma Bhakti…

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun - Peduli Wings Group Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Membangun kesadaran pentingnya cuci tangan pakai sabun, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang harus menjaga kebersihan seperti mencuci tangan menjadi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Digitalisasi Bawa Cuan Bagi Pedagang Saat Pandemi

Nyaris bangkrut dan terlilit utang puluhan juta karena tidak mampu bayar, derita yang harus diterima Diana (40) pedagang pakaian kaki…

Dorong Kemandirian dan Go Internasional - YDBA Bantu UMKM Kuliner Alat Pelatihan Memasak

Membangun kemandirian para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menggali pontensi yang dimiliki selalu dilakukan Yayasan Dharma Bhakti…

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun - Peduli Wings Group Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Membangun kesadaran pentingnya cuci tangan pakai sabun, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang harus menjaga kebersihan seperti mencuci tangan menjadi…