Tahun Penuh Tantangan - Sharp Targetkan Penjualan Rp 11 Triliun

NERACA

Jakarta – Sentimen pandemi Covid-19 tidak menyurutkan target bisnis PT Sharp Electornics Indonesia (SEID) dalam menggenjot pertumbuhan penjualan tahun ini. Pasalnya, perusahaan elektrtonik ini masih optimis mampu mengejar penjualan Rp 11 triliun hingga akhir tahun 2020. “Penjualan Sharp luar biasa dan masih sejalan (on track) dengan target penjualan di akhir tahun yang senilai Rp 11 triliun,”kata National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo di Jakarta, kemarin.

Kendati ada pandemi Corona yang menekan penurunan bisnis hingga 20%, hal tersebut tidak membuat perseroan patah arang. Sebaliknya, perseroan membuat rencana pemulihan (plan recovery) dengan berbagai macam strategi. Upaya beradaptasi dengan keadaan ini membuat Sharp melakukan perubahan rencana bisnis untuk mencapai targetnya. "Sehingga kami tidak mengubah target penjualan tetapi rencana bisnisnya," tegas Andry. 

Buktinya, setelah dibuatnya recovery plan Andry mengungkapkan penjualan Sharp lebih baik di bulan Juni 2020. Di bulan lalu, penjualan Sharp tumbuh 120% year on year (yoy).   Kepercayaan diri Sharp Electronics Indonesia ditopang oleh strategi operasional dan sales marketing yang telah disiapkan. Dari sisi operasional Andry bilang pabrik Sharp tetap melanjutkan produksi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah diatur dari pemerintah seperti menjaga jarak di pabrik dan tidak ada kerja over time. 

Dirinya menambahkan, Sharp memiliki 3 kunci utama dalam menjalankan bisnis strateginya,  yaitu mengoptimalkan penggunaan internet, menghitung presisi terhadap potensi permintaan pasar dan menghadirkan  produk baru yang sesuai dengan perubahan gaya hidup di masa pandemi.

Melalui strategi ini Sharp mampu mempertahankan performa bisnisnya dengan melakukan beragam kampanye penjualan melalui kanal digital. Sharp pun cukup jeli melihat peluang pasar dengan melempar produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen setianya dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Guna melengkapi lini produk yang ada, dimasa pandemi ini, Sharp telah 2 kali meluncurkan produk ke pasaran, yang pertama pada awal Juni lalu, Sharp meluncurkan Smartphone sebagai lini bisnis barunya dan kedua Sharp meluncurkan lini lemari es satu pintu terbaru ‘Kirei III’ guna melengkapi lini produk yang ada dan memenuhi kebutuhan pasar akan keragaman model dan disain lemari es satu pintu ”, ungkap Andry.

Berangkat dari riset dilapangan, dampak dari pandemi membuat  masyarakat Indonesia kerap berbelanja banyak guna menyimpan persediaan dan bahan makanan. “Akibatnya mereka membutuhkan lemari es tambahan untuk menampung persediaan makanan tersebut. Lemari es satu pintu menjadi pilihan yang tepat karena desainnya yang kompak dan ruang penyimpanan yang cukup luas”, lanjut Andry.

Lemari es satu pintu keluaran terbaru milik Sharp dibekali dengan lima perlindungan berstandart Jepang hingga membuat kualitas lemari es Sharp ini tahan lama dan aman saat digunakan.

BERITA TERKAIT

Accenture dan Google Cloud Rilis Arsitektur Data Pelanggan

Firma konsultan manajemen dan layanan teknologi Accenture dan Google Cloud bekerja sama untuk menyediakan arsitektur data pelanggan atau customer data…

Kehadiran Koperasi Tetap Jadi Andalan UMKM

Koperasi tetap menjadi andalan masyarakat terutama karena visi usaha bersama yang dilandaskan pada kegotongroyongan dari anggota untuk anggota dalam mendukung…

Optimalkan Layanan Digital - Semangat Baru Layanan BTN di Era Pandemi

Fokus untuk tetap memberikan layanan terbaik di tengah pandemi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyiapkan berbagai produk dan program…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Accenture dan Google Cloud Rilis Arsitektur Data Pelanggan

Firma konsultan manajemen dan layanan teknologi Accenture dan Google Cloud bekerja sama untuk menyediakan arsitektur data pelanggan atau customer data…

Kehadiran Koperasi Tetap Jadi Andalan UMKM

Koperasi tetap menjadi andalan masyarakat terutama karena visi usaha bersama yang dilandaskan pada kegotongroyongan dari anggota untuk anggota dalam mendukung…

Optimalkan Layanan Digital - Semangat Baru Layanan BTN di Era Pandemi

Fokus untuk tetap memberikan layanan terbaik di tengah pandemi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyiapkan berbagai produk dan program…