Catatkan Kinerja Apik - Premi Asuransi Jiwa Generali Tumbuh 10%

Di kuartal pertama 2020, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) masih menorehkan kinerja keuangan yang apik di tengah pandemi Covid-19. Dimana perseroan mencatatkan premi mencapai Rp762,24 miliar atau tumbuh 10% dibandingkan kuartal pertama 2019 yang senilai Rp690,64 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Selain premi, kinerja positif lain juga terlihat dari perolehan laba setelah pajak yaitu senilai Rp39,84 miliar atau naik 9% dibandingkan kuartal I/2019 yang mencapai Rp36,41 miliar. Kemudian untuk laba tahun 2019 sebelum pajak tercatat sebesar Rp 182 miliar atau tumbuh 25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perusahaan juga mencatat rasio solvabilitas (RBC) mencapai 423% atau 3,5 kali lipat di atas ketentuan minimum dari pemerintah yakni 120%.

Kata CEO Generali Indonesia, Edy Tuhirman, pertumbuhan bisnis ini ditopang oleh akselerasi bisnis Generali pada bidang teknologi, inovasi produk dan layanan yang dilakukan secara berkesinambungan dan berorientasi pada nasabah. Menurutnya, pencapaian di tahun 2019 menunjukkan ambisi Generali untuk terus memperkuat posisi di Indonesia sebagai perusahaan asuransi yang penuh dengan inovasi. “Di tengah kompetisi yang terus terus bergerak di industri asuransi jiwa saat ini, Generali terus melahirkan berbagai solusi inovatif,”ungkapnya.

Adapun total perolehan premi Generali lebih dari Rp 2,4 trilliun pada tahun 2019, dengan pertumbuhan premi lanjutan sebesar 18%. Selain itu, Generali juga telah membukukan total aset mencapai lebih dari Rp 7 triliun atau tumbuh 1% di tahun 2019. Secara komposisi, produk unit link masih mendominasi dengan presentasi sebesar 71%, sementara produk tradisional 29%.

Selain itu, kata Edy, perseroan terus mendampingi para nasabah yang terdampak pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu. Disampaikannya, langkah pendampingan oleh perseroan dilakukan dalam hal keleluasaan pembayaran premi hingga pembayaran klaim terkait Covid-19."Tercatat hingga 30 Juni 2020 lalu, Generali telah membayarkan 66 klaim untuk nasabah yang terinfeksi Covid-19 dengan nilai total Rp5 miliar," ungkapnya.

Dia menambahkan Generali sudah berorientasi pada inovasi dan digitalisasi sebelum pandemi terjadi. Pandemi ini, mendorong akselerasi transformasi digital yang sudah berjalan, mempercepat adaptasi inovasi digital, khususnya dalam hal pemasaran dan layanan.

Hadirnya aplikasi nasabah Gen iClick merupakan bentuk nyata komitmen inovasi Generali dalam memberikan berbagai layanan 24 jam bagi nasabah untuk melihat informasi polis, pembayaran premi secara online, layanan keluar rumah sakit lebih cepat (discharge button). Kemudian pengajuan klaim online, melihat kinerja investasi, cek rumah sakit rekanan terdekat hingga layanan telemedicine Dokter Leo yang dapat digunakan nasabah untuk mendapatkan konsultasi medis secara virtual dengan jaringan dokter profesional dan berlisensi, secara mudah serta tanpa biaya.

 

BERITA TERKAIT

Accenture dan Google Cloud Rilis Arsitektur Data Pelanggan

Firma konsultan manajemen dan layanan teknologi Accenture dan Google Cloud bekerja sama untuk menyediakan arsitektur data pelanggan atau customer data…

Kehadiran Koperasi Tetap Jadi Andalan UMKM

Koperasi tetap menjadi andalan masyarakat terutama karena visi usaha bersama yang dilandaskan pada kegotongroyongan dari anggota untuk anggota dalam mendukung…

Optimalkan Layanan Digital - Semangat Baru Layanan BTN di Era Pandemi

Fokus untuk tetap memberikan layanan terbaik di tengah pandemi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyiapkan berbagai produk dan program…

BERITA LAINNYA DI

Accenture dan Google Cloud Rilis Arsitektur Data Pelanggan

Firma konsultan manajemen dan layanan teknologi Accenture dan Google Cloud bekerja sama untuk menyediakan arsitektur data pelanggan atau customer data…

Kehadiran Koperasi Tetap Jadi Andalan UMKM

Koperasi tetap menjadi andalan masyarakat terutama karena visi usaha bersama yang dilandaskan pada kegotongroyongan dari anggota untuk anggota dalam mendukung…

Optimalkan Layanan Digital - Semangat Baru Layanan BTN di Era Pandemi

Fokus untuk tetap memberikan layanan terbaik di tengah pandemi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyiapkan berbagai produk dan program…