Jumlah Pasien Covid-19 Sembuh Meningkat

 

Oleh : Aditya Akbar, Pemerhati Kesehatan Masyarakat

Kabar gembira ditengah wacana penerapan new normal. Jumlah Pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 1.027 orang pada 28 Juni 2020 lalu. Hal ini tentu saja menjadi rekor baru setelah sebelumnya angka kesembuhan selalu di bawah 1.000 orang setiap harinya.

            Penambahan pasien Covid-19 yang sembuh terus mengalami peningkatan. Hingga 28 Juni 2020, total pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 22.936 orang. Angka tersebut disumbang oleh angka kesembuhan di Provinsi Papua dengan jumlah pasien terbanyak, yakni 335 orang.

            Epidemiolog Dewi Nur Aisyah mengatakan, tingkat kesembuhan penderita Covid-19 di Indonesia semakin meningkat.

            Berdasarkan hasil analisis terhadap sejumlah kasus, pasien Covid-19 yang memiliki fatalitas tinggi hingga meninggal dunia biasanya karena memiliki komorbid atau penyakit penyerta, seperti penyakit Ginjal. Begitu pula dengan seseorang yang memiliki imunitas rendah, misalnya karena HIV, lupus, dan lain-lain.

            Menurut Dewi, data mengenai Covid-19 sangatlah dinamis, berbeda dengan data penyakit lain seperti hipertensi atau diabetes melitus.

            Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tersebut mengatakan, terdapat beberapa penyakit yang hanya menginfeksi seseorang dalam jangka waktu yang pendek seperti influenza dan Covid-19.

            Di awal pandemi, jumlah kasus pasien positif Corona terus bertambah setiap harinya. Namun, harapan dalam menjinakkan virus ini tetap ada seiring semakin banyaknya pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh.           

            Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika Reynold Ubra mengatakan, angka kesembuhan tercatat sebesar 54 persen dari total kasus positif Covid-19 di Mimika.

            Mimika sendiri berkontribusi hampir separuh di provinsi Papua dengan jumlah pasien Covid sembuh terbanyak dengan angka 181 pasien.

            Reynold optimistis angka kesembuhan terus meningkat karena sebagian besar pasien positif Covid-19 didominasi kategori tanpa gejala dalam sebulan terakhir.

            Provinsi lain yang mencatat angka kesembuhan tinggi adalah DKI Jakarta dengan 225 orang, lalu Jawa Timur dengan 101 orang, Kalimantan Selatan 80 orang dan Sulawesi Selatan dengan 60 orang. Di Surabaya misalnya. Pada tanggal 1-5 Juni 2020, angka kesembuhan pasien Covid-19 mencapai 519 pasien.

            Kabar gembira tersebut menurut Walikota Surabaya Tri Rismaharini tak lepas dari strategi 3T, testing, tracing and therapy. Serta dukungan mobil PCR (polymerase chain reaction) yang merupakan bantuan dari BNPB.

            Menurut Risma, peran mobil tersebut mempercepat pemeriksaan sampel cairan tenggorokan pasien positif Covid-19.

            Risma berharap agar masyarakat Surabaya yang sudah sembuh tetap konsisten menjaga kondisi dan mengikuti protokol kesehatan, seperti cuci tangan dan memakai masker.

            Selain 3T dan mobil PCR, salah satu faktor meningkatnya jumlah kesembuhan di Surabaya adalah dukungan moril petugas medis yang berusaha membuat pasien Covid-19 tetap gembira.

            Di sisi lain, Kota Kediri Jawa Timur berpeluang menjadi Zona Hijau Penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Hal itu menyusul tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Kediri yang semakin meningkat.

            Per 27 Juni 2020, tingkat kesembuhan di Kediri telah mencapai 56 persen, tutur dr Fauzan Adima selaku juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

            Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar telah mengumumkan tambahan kesembuhan 11 pasien Covid-19 di Kota Kediri. Pasien tersebut sebelumnya telah mendapatkan perawatan di RSUD Gambiran dan RS Kilisuci, Rumah Sakit khusus penanganan Covid-19.

            Meningkatnya tingkat kesembuhan pasien Covid-19 ini tentu menjadi harapan Kota Kediri agar menjadi zona hijau.

            Sementara itu di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, pada 29 Juni 2020. Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo telah mencatat angka kesembuhan yang fantastis, dimana dari total 83 kasus positif corona, 82 pasien telah dinyatakan sembuh, 0 kasus meninggal dan 1 pasien positif yang masih dirawat.

            Perlu diketahui bahwa kabupaten Wonosobo sebelumnya sempat dinyatakan sebagai zona merah dimana pada suatu hari Wonosobo sempat panen angka PDP karena banyaknya jamaah tabligh yang pulang dari Gowa Sulawesi Selatan. Namun Dengan peningkatan angka kesembuhan tersebut kini Kabupaten Wonosobo sudah mulai menuju wilayah zona hijau.

            Angka kesembuhan ini tentu saja menjadi pembangkit optimisme bahwa Indonesia dapat melewati pandemi Covid-19, hal ini didukung dengan meningkatnya angka kesembuhan Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia.

 

BERITA TERKAIT

Peran Milenial dalam Adaptasi Kebiasaan Baru

  Oleh: Ethan Narendra, Ketua Forum Pegiat Medsos Independen Riau   Generasi milenial punya peranan penting sebagai agent of change…

Pemerintah Siapkan Bantuan bagi Pekerja

  Oleh : Sthira Yudistira, Mahasiswa PTS Bogor Kalangan pekerja akan mendapat bantuan langsung tunai sebesar 600.000 rupiah per bulan.…

Dana Abadi Pariwisata

    Oleh: Joko Tri Haryanto, Peneliti Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu *)   Sebelum terjadinya bencana wabah pandemi Covid-19, pernah…

BERITA LAINNYA DI Opini

Peran Milenial dalam Adaptasi Kebiasaan Baru

  Oleh: Ethan Narendra, Ketua Forum Pegiat Medsos Independen Riau   Generasi milenial punya peranan penting sebagai agent of change…

Pemerintah Siapkan Bantuan bagi Pekerja

  Oleh : Sthira Yudistira, Mahasiswa PTS Bogor Kalangan pekerja akan mendapat bantuan langsung tunai sebesar 600.000 rupiah per bulan.…

Dana Abadi Pariwisata

    Oleh: Joko Tri Haryanto, Peneliti Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu *)   Sebelum terjadinya bencana wabah pandemi Covid-19, pernah…