Lonjakan Turis Jadi Pekerjaan Rumah Tempat Wisata

Eksplorasi tempat baru dan lonjakan jumlah wisatawan di suatu destinasi menjadi dua isu new normal atau normalitas baru yang diperkirakan Asosiasi Sales Travel Indonesia (Asati) bakal terjadi pascapandemi virus corona.

Objek wisata baru bakal ramai didatangi, sementara rasa jenuh di rumah membuat jumlah turis meningkat, begitu yang dikatakan Ketua Umum Asati Syukri Machmud dalam seminar daring yang digelar di Jakarta dikutip dari CNN Indonesia.com.

Syukri lanjut mengatakan, demi mengantisipasi momen new normal, seharusnya sejak saat ini pelaku usaha wisata mulai mempersiapkan produk, fasilitas, dan infrastruktur penunjang kenyamanan ketika wisatawan datang kembali."Agar tak menjadi penumpukan wisatawan misalnya, kita bisa memberikan destinasi alternatif," katanya.

"Dengan cara ini, masalah serbuan wisatawan (overtourism) dan protokol kesehatan soal jarak sosial bisa diatasi," lanjutnya. Agen wisata, dikatakannya lagi, tak hanya wajib mengeksplorasi destinasi wisata baru di Indonesia, namun juga harus mengenalnya lebih dalam, sehingga promosi wisata jadi lebih menarik sekaligus informatif.

Syukri menambahkan, promosi destinasi wisata lokal juga harus unik dan otentik, sehingga ikut menggugah rasa penasaran wisatawan mancanegara. Selain itu, ia juga menyarankan agar pemerintah pusat kembali mendorong kebijakan perjalanan wisata domestik usai PSBB berakhir. "Pemerintah menggaungkan kembali kebijakan perjalanan dalam negeri. Jadi pemerintah memberikan motivasi supaya sektor pariwisata dalam negeri kembali hidup," ujar Syukri.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko telah meminta sektor pariwisata senantiasa bersiap untuk melakukan pemulihan pascapandemi COVID-19. Menurut Moeldoko, Presiden Joko Widodo memperkirakan tahun depan terjadi lonjakan di sektor pariwisata sehingga industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus siap. Dia mengatakan bahwa mengatakan sejauh ini pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah penting agar sektor pariwisata bisa bangkit kembali.

BERITA TERKAIT

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…

BERITA LAINNYA DI Wisata Indonesia

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…