Grab dan YPO Bagikan 100 Ribu Paket Berbuka Puasa

 

 

NERACA

 

Jakarta - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan kebahagiaan. Di tengah segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, banyak pihak berusaha tetap berbagi kebahagiaan di bulan mulia ini. Grab bersama Young Presidents Organization (YPO) bergotong-royong untuk membagi 100.000 box paket makanan buka puasa bagi warga DKI Jakarta. Seratus ribu box paket buka puasa tersebut akan dibagikan ke 25.000 kepala keluarga di mana setiap kepala keluarga akan menerima empat (4) box paket makanan. 

 

Dalam gotong royong ini, sebagai Super App yang terbiasa menangani transportasi dan mobilitas, Grab bertanggung jawab pada pengangkutan dan distribusi menggunakan armada GrabExpress sementara biaya pengadaan makanan ditanggung oleh YPO. 

 

Program ini telah dimulai pada 27 April dan akan berakhir pada 13 Mei 2020. Setiap harinya ada 3.000 kepala keluarga yang akan menerima donasi ini. Distribusi bantuan ini memanfaatkan kombinasi armada GrabExpress yang yang dimiliki Grab, yaitu roda empat oleh GrabExpress Car dan roda dua oleh GrabExpress Bike. 

 

Adapun mekanisme distribusi donasi ini adalah menggunakan 2 jenis armada yaitu GrabExpress Car untuk pengiriman dalam jumlah besar dan GrabExpress Bike untuk pengiriman “last mile” Keberadaan sepeda motor memungkinkan bantuan menjangkau pelosok-pelosok Jakarta, gang-gang kecil, sehingga benar-benar sampai di tangan yang membutuhkan. Selain itu, Grab pun dapat memberikan laporan pertanggung jawaban kepada YPO, dalam bentuk bukti foto yang tertera dalam Proof of Delivery receipt. 

 

Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia, mengatakan GrabExpress roda dua memiliki kelincahan dan mobilitas, sehingga bantuan bisa sampai ke tempat yang mungkin tidak terakses armada GrabExpress Car yang dapat membawa lebih banyak paket bantuan. "Kami senang karena kapabilitas kami juga dapat digunakan untuk tujuan kemanusiaan," katanya sebagaimana dikutip dalam keterangannya, Jumat (15/5). 

 

Svida Alisjahbana, Ketua Perkumpulan Young Presidents’ Organization (YPO) Indonesia mengatakan bahwa aksi ini adalah wujud kepedulian bagi masyarakat yang terdampak langsung oleh pandemi ini. "Kami berterima kasih kepada Grab yang berkolaborasi dalam pendistribusiannya. Melalui perpaduan roda empat dan roda dua GrabExpress donasi kami bisa  menjangkau mereka yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya. 

 

“Saya senang bisa ikut meringankan beban sesama lewat pekerjaan saya. Saya kerjanya driver Grab Express dan bisa ikut nyumbang lewat tenaga saya. Saya bangga,” kata Abdul Azis , mitra pengemudi GrabExpress yang terlibat dalam program ini. 

 

Sejak pelaksanaanya, penyebaran bantuan ini telah mencapai 22.000 titik di Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Sampai akhir pelaksanaan diharapkan bantuan ini bisa mencapai 25.000 titik. 

 

Selama pandemi ini Grab banyak mendorong gotong royong dengan berbagai pihak untuk meringankan dampak ekonomi Covid-19. Sebelumnya, Grab menggalang bantuan dari perusahaan nasional dan multinasional untuk meringankan beban mitra pengemudi melalui penyediaan paket sembako, voucher sembako, multivitamin, dan hand sanitizer. 

 

Grab pun menggandeng sejumlah perusahaan terkemuka lainnya untuk mendukung program ini, seperti Bank Danamon, Adira Finance, Tunas Toyota, Pertamina, Bank Syariah Mandiri, XL Axiata, ExxonMobil Lubricants Indonesia dan perusahaan multinasional MUFG Bank. 

BERITA TERKAIT

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival NERACA Jakarta - Berdasarkan data Badan Pangan Nasional (Bapanas), setiap tahun ada 23-48…

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival NERACA Jakarta - Berdasarkan data Badan Pangan Nasional (Bapanas), setiap tahun ada 23-48…

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…