Mengubah Sampah Menjadi Peluang Usaha

Depok – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menyelenggarakan “Pelatihan Budidaya Magot sebagai Pakan Alternatif”. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, untuk mendorong budidaya perikanan.

NERACA 

Seperi diketahui bahwa sampah di Indonesia tidaklah kecil, baik sampah non organic seperti plastic atau organik seperti bekas atau sisa-sisa makanan hingga dedaunan. Namun pada dasarnya semua sampah bisa beninilai ekonomi baik sampah plastik yang digunakan untuk kerajinan tangan apalagi sampah organic yang bisa diubah menjadi pakan, seperti pakan ikan. Sebab sampah organic tersebut bisa digunakan atau sebagai pakan utama dari magot.

Atas dasar itulah Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) Depok ,melakukan pelatihan pakan ikan organic yaitu magot. Hadir 32 peserta yang terdiri dari para pelatih dari 5 balai pelatihan dan penyuluhan, penyuluh, perwakilan Dinas Kelautan Perikanan, dan akademisi pendidikan kelautan dan perikanan dari berbagai wilayah di Indonesia dalam pelatihan kali ini.

Pakan merupakan komponen penting yang menjadi kunci untuk pertumbuhan ikan. Namun saat ini, tingginya harga pakan menjadi tantangan tersendiri dalam upaya pengembangan budidaya perikanan.

“60-70 persen dari komponen biaya produksi diperuntukan untuk pakan. Untuk itu, BRSDM mengembangkan magot untuk menjadi salah satu bahan pakan alternatif yang cukup terjangkau dan dapat dimanfaatkan,” ujar Kepala BRSDM Sjarief Widjaja.

Magot merupakan larva berprotein tinggi yang dikembangkan dari serangga black soldier fly (BSF). Magot mengandung hingga 41-42 persen protein kasar, 31-35 persen ekstrak eter, 14-15 abu, 4.18-5.1 persen kalsium, dan 0.60-0.63 fosfor dalam bentuk kering.

“Kandungan protein tinggi yang terkandung dalam magot ini dapat mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan sistem imun ikan,” jelas Sjarief.

Tak hanya itu, produksi magot memiliki keunggulan tersendiri dengan prinsip produksi tanpa limbah (zero waste) yang diusungnya. Mampu mengolah sampah organik secara alami, magot dapat mendorong penyelamatan bumi dari masalah sampah yang mengancam lingkungan saat ini.

Dengan berbagai keunggulannya, saat ini produksi magot telah dikembangkan oleh 21 perusahaan di tanah air. Beberapa di antaranya Leles (Garut), Great Giant Pineaple (Lampung), Pt. Maggot Indonesia Lestari (Bogor), ACEL (Tangerang), Morodasdi Farn Srengat (Blitar), dan Kampung Lala (Banyumas). Meskipun begitu, usaha budidaya magot masih memiliki potensi yang besar, terutama dengan arah prioritas pemerintah untuk mengembangkan budidaya perikanan ke depan.

Untuk itu, Sjarief mendorong agar jajaran KKP dan masyarakat luas terus mengembangkan budidaya magot di berbagai daerah. Ia mengarahkan agar tiap kawasan membangun pusat budidaya magot yang dilakukan secara berkelompok serta bekerjasama dengan Pemda setempat.

“Kenapa harus berkelompok? Karena harus ada kelompok masyarakat pengumpul sampah organik dari rumah tangga, pasar, dan sumber lainnya. Atau Dinas KP bisa bekerjasama dengan dengan pasar seperti yang sudah dilakukan oleh BRBIH Depok dengan Pemda setempat saat ini. Ini adalah kerja kelompok,” tutur Sjarief.

Bahkan, Sjarief mendorong agar budidaya magot menjadi gerakan nasional ke depannya. Sebagai langkah nyata, ia pun menugaskan para peserta pelatihan yang hadir dalam pelatihan kali ini untuk membuat perencanaan usaha budidaya magot di daerahnya masing-masing.

Sjarief meminta mereka untuk membuat empat model yakni konten magot, kawasan, pembentukan entitas atau actor, dan analisa biaya untuk memastikan perputaran usaha ini. “Putaran bisnisnya harus bisa berputar terus secara rasional. Semua pelaku bisnisnya harus bisa hidup,” ucapnya.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluh Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP) Lilly Aprilya Pregiwati selaku penyelenggara pelatihan berharap para peserta yang hadir dapat menjadi trainer untuk mengembangkan budidaya magot di daerahnya masing-masing.

Menurut Lilly, hal ini sejalan dengan rencana KKP yang akan mengembangkan 7 lokasi pusat budidaya magot yang tersebar di seluruh Nusantara yakni Sukabumi, Karawang, Situbondo, Jepara, Banjar, Tatelu (Manado), dan Jambi.

“Saya ingin kita yang hadir di sini nantinya akan menjadi motor terdepan untuk melatih budidaya magot. Setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) harus punya percontohan budidaya magot,” ujar Lilly.

“Riset ini akan kita transformasi menjadi kurikulum dan modul yang ada di balai-balai yang nantinya bisa jadi pilihan pelatihan untuk teman-teman di KKP ataupun masyarakat yang membutuhkannya,” tambah Lilly.

BRBIH Depok selaku pengembang riset budidaya magot pun menyambut baik rencana pengembangan budidaya magot ini guna mendukung budidaya perikanan nasional.

“Magot ini merupakan pakan ikan alternatif yang telah berhasil kami kembangkan. Pemanfaatan sampah sisa yang terbuang menjadi sumber protein menjadi semangat kami untuk meneliti pengembangan budidaya magot,” jelas Kepala BRBIH Depok Idil Ardi.

Ardi menambahkan, pengembangan budidaya magot sejalan dengan rencana Kota Depok untuk menjadi pusat ikan hias. “Selama ini Kota Depok terkenal dengan belimbing. Namun ke depan, Kota Depok akan didorong menjadi pusat ikan hias,” tandas Ardi.

 

 

BERITA TERKAIT

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI Industri

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…