Bantu Bencana Banjir Jabodetabek - Gojek Sukses Galang Donasi Masyarakat Rp 1 Miliar

Atasnama kemanusiaan, Gojek sebagai perusahaan platform teknologi super app terdepan karya anak bangsa selalu hadir untuk membantu sesama yang tertimpa musibah. Kali ini, Gojek serahterimakan donasi sebesar Rp 1 miliar untuk membantu fase rehabilitasi pasca bencana             banjir yang melanda Jabodetabek di awal tahun 2020 lalu. Donasi tersebut berasal dari kebaikan              hati puluhan ribu masyarakat Indonesia pengguna dan mitra ekosistem Gojek.

Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, Gojek mengucapkan terima kasih atas kemurahan hati para pengguna aplikasi yang telah memanfaatkan inovasi Gojek dalam berdonasi digital untuk masyarakat yang terdampak banjir. “Semangat bahu membahu untuk membantu sesama seperti ini sejalan dengan visi Gojek untuk memudahkan keseharian masyarakat, terutama dalam berbuat baik dan membawa manfaat yang seluas-luasnya,”ujarnya.

Disampaikannya, bantuan ini merupakan tindak lanjut dari aksi nyata hulu ke hilir yang Gojek lakukan sejak hari pertama bencana untuk penanggulangan banjir Jabodetabek. Gojek turun langsung dalam fase tanggap darurat, membantu evakuasi warga dan mitra ekosistem Gojek, serta menyalurkan paket  bantuan. Selanjutnya, donasi yang terkumpul ini akan disalurkan oleh BAZNAS untuk fase rehabilitasi di berbagai tempat di Jabodetabek. 

Dalam masa tanggap darurat bencana banjir, kata Nila, karyawan dan mitra Gojek bergotong royong            membantu korban banjir, bersama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,           lembaga-lembaga terkait, dan masyarakat luas. Ratusan relawan - karyawan dan mitra Gojek turun             langsung bantu evakuasi dan penyaluran paket logistik di 84 titik yang terdampak banjir, di              antaranya Villa Nusa Indah (Bekasi), Kademangan dan Ciledug Indah (Tangerang), Teluk Gong            (Jakarta Utara), Cengkareng dan Rawa Buaya (Jakarta Barat), Ciracas, Jatinegara, dan Rusunawa            Pengadegan (Jakarta Timur). Tidak ketinggalan, mitra GoClean turut bantu membersihkan berbagai           fasilitas publik, termasuk Kantor Kelurahan, Gelanggang Olahraga, dan Fasilitas Ibadah.

Selain itu, Gojek juga mendistribusikan seragam sekolah dan paket alat kebersihan di sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah di 5 kotamadya di Jakarta, bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Sementara Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah ​menyampaikan apresiasi komitmen Gojek sebagai perusahaan teknologi on-demand pertama yang berinisiatif menjadi mitra pemerintah dalam usaha penanggulangan bencana di Indonesia. “Perlu digaris bawahi bahwa upaya penanggulangan bencana adalah urusan bersama,”tandasnya.

Melihat respon cepat tanggap yang dilakukan saat banjir di Jabodetabek kemarin, BNPB             percaya kolaborasi bersama Gojek dapat membantu kami menetapkan strategi yang efektif untuk            mengelola penanggulangan bencana untuk masyarakat Indonesia yang lebih tangguh. Menurutnya, ruang lingkup kerja sama Gojek dan BNPB bersifat holistik, tidak hanya mencakup aktivasi bantuan              relawan dan kebutuhan logistik, tetapi juga pengembangan inovasi yang berfokus pada edukasi dan             penyebaran informasi melalui aplikasi Gojek terkait penanggulangan bencana. “Tidak hanya itu, BNPB juga akan memberikan pelatihan tanggap bencana untuk mitra dan karyawan Gojek,”ungkapnya.

Menurut Direktur Utama BAZNAS, M. Arifin Purwakananta, aksi peduli banjir Jabodetabek bukan kolaborasi pertama BAZNAS dengan Gojek dalam menanggulangi bencana di Indonesia. “BAZNAS akan terus mendukung upaya gotong royong penanggulangan bencana dan turut mengapresiasi Gojek yang kini semakin mengukuhkan komitmennya untuk penanggulangan bencana jangka panjang,”jelasnya.

BERITA TERKAIT

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…