Pegadaian Fokus Garap Pasar Syariah

 

NERACA

Jakarta – PT Pegadaian (Persero) terus berupaya untuk memperbesar dan mengembangkan produk syariahnya mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggelar Halal Lifestyle Bazar Fashion Makanan dan UKM di Jakarta, Sabtu (15/2).

Pemimpin Wilayah Kantor Jakarta II, Hakim Setiawan menyampaikan bahwa industri syariah semakin berkembang di Indonesia terlebih dengan adanya tren gaya hidup halal yang semakin digemari oleh kalangan milenial. "Selama ini sekitar 20% portofolio Pegadaian merupakan produk syariah,” kata Hakim disela-sela acara.

Hakim sebagai Pimpinan Pegadaian untuk wilayah II yang terdiri dari Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Provinsi Banten ini juga menorehkan catatan yang apik. “Untuk Pegadaian Jakarta II, outstanding loan pada 2019 mencapai Rp4,5 Triliun. Sementara di 2018 hanya sebesar Rp3,8 Triliun. Kami pun menargetkan pada 2020 bisa mencapai Rp5,5 triliun,” kata Hakim.

Tak hanya gadai emas, PT Pegadaian juga memiliki banyak produk yang menggunakan prinsip syariah seperti Rahn, Arrum BPKB, Arrum Haji dan Amanah. “Jadi memang produk kami lebih banyak yang pakai prinsip syariah. “Kedepan, produk Syariah Pegadaian akan memiliki porsi lebih tinggi dibandingkan pelaku di industri keuangan lainnya,” jelas Hakim.

Sementara itu, omset produk pembiayaan Pegadaian untuk bisnis Syariah di tahun 2019 melonjak 27,4% menjadi Rp24.178 triliun (year on Year/YoY) dibandingkan tahun sebelumnya Rp18.977 triliun. Untuk produk bisnis syariah yaitu Rahn tercatat tumbuh sebesar Rp18.898 triliun, Rahn Tasjily Tanah sebesar Rp912 miliar, Arrum Mikro sebesar Rp757 miliar, Arrum Haji sebesar Rp895 miliar, Arrum Emas sebesar Rp548 miliar. dan Amanah sebesar Rp2.167 triliun. 

Halal Lifestyle

Dalam acara Halal Lifestyle : Bazar Fashion Makanan & UKM' menghadirkan beragam stand UKM yang menjajakan berbagai perlengkapan muslim seperti baju, hijab, kosmetik, serta makanan. Tidak hanya itu. acara tersebut juga menghadirkan berbagai lomba seperti rebana/marawis untuk remaja dan dewasa, nasyid untuk remaja, fashion show anak dan nemaja, dai cilik dan lomba menggambar anak. 

Acara Halal Lifestyle ini juga mengadakan berbagai sharing session mengenai Arrum Haji, Moslem Enterpreneurship, Produk-Produk Pegadaian dan Sharing mengenai Emas. Dalam kesempatan itu, Pegadaian juga menjaIin kerjasama dengan Zaskia Adya Mecca & Cholidi Asadil Alam sebagai brand ambassador produk-produk syariah untuk meningkatkan brand awaraness, product awareness & brand activation.

BERITA TERKAIT

Transisi ke New Normal Perlu Kajian yang Komprehensif

    NERACA   Depok - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho mengatakan transisi kenormalan baru (New…

Manajemen PT Titis Sampurna Bantah Mardigu Sebagai Pendiri Perusahaan

    NERACA    Jakarta – Menyikapi berita yang mengaitkan PT Titis Sampurna (Perseroan) dengan Mardigu Wowiek Prasantyo dan sebagai…

HMS Center Minta Pemerintah Lindungi Industri Jamu Lakal

    NERACA   Jakarta - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Harjduno Wiwoho melakukan audensi dengan Wakil Ketua…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Transisi ke New Normal Perlu Kajian yang Komprehensif

    NERACA   Depok - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho mengatakan transisi kenormalan baru (New…

Manajemen PT Titis Sampurna Bantah Mardigu Sebagai Pendiri Perusahaan

    NERACA    Jakarta – Menyikapi berita yang mengaitkan PT Titis Sampurna (Perseroan) dengan Mardigu Wowiek Prasantyo dan sebagai…

HMS Center Minta Pemerintah Lindungi Industri Jamu Lakal

    NERACA   Jakarta - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Harjduno Wiwoho melakukan audensi dengan Wakil Ketua…