Askrindo Bantu Pendidikan Anak Putus Sekolah - Tingkatkan Kualitas SDM di Perbatasan

Peduli perkuat sumberdaya manusia di wilayah terdepan dan terluar (3T), PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo (Persero) ikut mendukung program pemerintah yakni pembangunan Indonesia. "Askrindo mengambil langkah ini guna membantu pemerintah meningkatkan SDM wilayah 3T agar terciptanya pemerataan ekonomi nasional yang lebih baik lagi," kata Corporate Secertary PT Askrindo (Persero), Denny S Adji di Sangau, Kalimantan Barat, kemarin.

Disampaikannya, saat ini Askrindo tengah fokus menyalurkan CSR maupun bina lingkungan ke beberapa daerah 3T salah satunya di daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti di Papua dan Kalimantan. Dijelaskannya, berbagai bantuan CSR dan Bina Lingkungan Askrindo disalurkan dengan fokus kepada pengembangan kapasitas SDM mulai dari sarana pembelajaran untuk anak anak usia dini dengan Mobil Pintar (MoPi) hingga bantuan berupa sarana pembelajaran.

Bantuan tersebut disalurkan ke sekolah maupun Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) khususnya di daerah-daerah 3T."Salah satu daerah yang menjadi fokus Askrindo adalah di daerah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat," katanya.

Dia menyebutkan, Kabupaten Sanggau yang berbatasan langsung dengan Malaysia terdapat sejumlah PKBM yang mendidik anak-anak putus sekolah, dan buta huruf dikarenakan terkendala infrastruktur, ekonomi maupun minim minat belajar. Askrindo lanjut dia, membantu dengan menyiapkan sarana bagi PKBM berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kalimantan Barat.

Melalui kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri, Askrindo memberikan bantuan ke PKBM Mustika yang terletak di Balai Karangan, Kabupaten Sanggau yang berjarak 15 menit dari perbatasan Malaysia.”Askrindo memberikan bantuan dari program BUMN Hadir Untuk Negeri di sektor pendidikan di wilayah 3T dengan menyiapkan fasilitas pengembangan kapasitas bagi masyarakat berupa 40 unit komputer," kata Denny.

Menurut Denny, bantuan sarana pendidikan ini merupakan bentuk nyata perwujudan BUMN Hadir Untuk Negeri serta kepedulian Askrindo terhadap pengembangan kapasitas dan SDM masyarakat di wilayah 3T.”Harapannya agar masyarakat setempat maupun siswa dan mahasiswa yang belajar di PKBM tersebut dapat menyalurkan bakat dan minat seperti di bidang desain grafis dan lainnya," ujarnya.

Kehadiran 40 unit komputer bantuan Askrindo tersebut diapresiasi oleh siswa dan pengurus serta tenaga pengajar PKBM Mustika. Menurut Iswan, operator PKBM Mustika saat ditemui di Sanggau, Kalimantan Barat, kehadiran komputer sangat dibutuhkan oleh para siswa dan siswi selain untuk praktik belajar juga untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).”Kami sangat bersyukur atas bantuan komputer ini, karena kita ingin mengembangkan kemampuan para siswa-siswi kita di sini agar lebih melek teknologi," kata Iswan.

Selain itu, lanjut Iswan, bantuan yang didapatkan pihaknya dari Askrindo saat acara BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Kalimantan Barat diharapakan dapat terus digunakan dengan baik oleh peserta didik.”Harapannya proses pengembangan kemampuan siswa-siswi di sini dapat lebih baik lagi," kata Iswan.

PKBM Mutiara berdiri dari tahun 2009 menyediakan layanan pendidikan kesetaraan Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA). Saat ini memiliki siswa sebanyak 500 orang dengan 12 rombongan belajar. Satu rombel terdiri atas 40 orang siswa.

BERITA TERKAIT

Polri Peduli Cegah Bencana Alam - Selamatkan Generasi Dengan Penanaman Pohon Nasional

Frekuensi banjir yang kini mulai rutin terjadi di Jabotedabek tiap tahunnya memberikan khawatiran tersendiri. Pasalnya, dampak musibah bancir memberikan kerugian…

Sharp Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Service Gratis

PT Sharp Electronics Indonesia mengerahkan karyawan lintas departemen untuk terlibat dalam pelaksanaan trauma healing hingga penyediaan layanan purna jual kepada…

Bantu Banjir Jabodetabek - Wings Peduli Kasih Bersih-Bersih Fasilitas Umum

Bencana banjir yang melanda di wilayah Jabodetabek di awal tahun 2020 menyisahakan derita dan kerugian meaterial bagi masyarakat. Berangkat dari…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ketika Bisnis Tidak Sekedar Cari Untung - Menuai Berkah Membumikan Energi B30 Ramah Lingkungan

Menciptakan energi yang ramah lingkungan saat ini tengah menjadi kebutuhan, maka inovasi dan pengembangan energi yang ramah lingkungan terus di…

Tingkatkan Hasil Tangkapan Laut - Nelayan Aceh Barat Terima Bantuan Rumpon

Bantu daya saing para nelayan dan termasuk meningkatkan hasil tangkapan, PT Mifa Bersaudara sebagai salah satu perusahaan tambang yang selama…

Bantu Masyarakat Kurang Mampu - WanaArtha Life Terbitkan Akta Lahir dan Nikah

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali membantu menerbitkan total 3.570 akta lahir dan…