Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

virgin coconut oil untuk kesehatan maupun kecantikan sudah tak diragukan lagi. Bahan alami yang berasal dari daging kelapa ini sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu sebagai obat karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan, hingga kini virgin coconut oil masih digunakan untuk menuntaskan masalah kesehatan maupun perawatan tubuh.

Virgin coconut oil (VCO) terbuat dari daging kelapa segar yang diekstraksi. Hasil atau ekstrak itulah menghasilkan minyak alami yang disebut minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Disebut 'virgin' atau 'extra virgin' karena dalam proses pembuatannya masih alami dan mengandung asam lemak baik (fatty acid) yang bermanfaat bagi tubuh.

Meski tidak mengandung banyak mikronutrien, tapi jika ditelusuri virgin coconut oil memiliki mineral zat besi, vitamin K yang mencegah penggumpalan darah, dan vitamin E sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan virgin coconut oil sebagai salah satu makanan yang paling sehat di dunia. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, virgin coconut oil juga dianggap sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan kecantikan.

Kandungan asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang terdapat dalam virgin coconut oil memiliki sifat antimikroba, antioksidan, antijamur, dan antibakteri. Asam laurat merupakan kandungan yang juga ditemukan dalam ASI manusia. Fungsinya meningkatkan kekebalan tubuh dan menghancurkan bakteri dan virus berbahaya. Minyak kelapa murni memiliki sifat pelembap dan antioksidan yang sangat baik. Ini dapat digunakan untuk mengelola masalah kulit, infeksi mikroba, dan meningkatkan kekebalan tubuh, menetralkan racun, dan meminimalkan pembentukan radikal bebas.

Berikut manfaat virgin coconut oil atau minyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Virgin coconut oil memiliki dampak yang luar biasa pada kulit. Minyak ini sangat baik sebagai pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya. Minyak kelapa merupakan solusi perawatan kulit yang sempurna karena bersifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan mampu menyembuhkan luka.

Tak heran, minyak ini digunakan untuk mengobati gangguan kulit kronis seperti eksim, dermatitis atopik, psioriasis, radiasi UV, dermatitis, xerosis atau kulit kering, serta mempercepat penyembuhan luka dan meredakan luka bakar. Pada kulit yang sehat sekalipun, mengoleskan virgin coconut oil dapat melindungi kulit dari sinar UV dan menghilangkan bekas luka. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak kaprilat dan laurat dalam virgin coconut oil mampu mengurangi peradangan secara internal dan eksternal.

Melansir Stylecraze.com, berbagai kandungan asam lemak meliputi asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat mampu menembus beberapa lapisan kulit.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Virgin coconut oil kaya akan asam laurat yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan jantung dengan tidak hanya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, tetapi juga membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL).  Dalam sebuah uji coba yang diterbitkan dalam Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa konsumsi harian 2 sendok makan virgin coconut oil mampu meningkatkan kolesterol HDL.

Studi lain juga pernah dilakukan kepada pasien penyakit jantung koroner yang melakukan diet virgin coconut oil mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dan penurunan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh, kesehatan jantung kita dapat meningkat dan risiko terkena penyakit jantung akan menurun. Oleh karenanya, mengganti minyak biasa dengan minyak ini pada masakan dapat membantu menjaga kadar trigliserida yang sehat, asalkan diiringi dengan diet sehat dan rutin berolahraga.

3. VCO bermanfaat menyehatkan dan menguatkan rambut

Virgin coconut oil telah banyak digunakan oleh wanita di daerah pesisir pantai tropis sebagai rangkaian perawatan rambutnya sehari-hari. Manfaat virgin coconut oil adalah membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut. Selain itu, virgin coconut oil juga mampu melembutkan rambut dan membersihkan rambut kita dari ketombe. Mengaplikasikan virgin coconut oil pada rambut rusak maupun sehat dapat menambah kadar protein dan melindungi batang rambut. Manfaat ini juga bisa diterapkan pada kuku untuk mencegahnya dari kerapuhan.

Virgin coconut oil juga sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan dengan mengurangi pembentukan rambut bercabang karena proteinnya yang tinggi mengisi celah di antara sel-sel rambut dan melindunginya dari kerusakan kimia yang keras. Untuk menjadikan virgin coconut oil sebagai perawatan, cukup oleskan ke rambut dengan menjadikannya sebagai masker.

BERITA TERKAIT

Jaga Kesehatan, Orang Dewasa Pun Perlu Imunisasi

NERACA Jakarta - Usia dewasa merupakan masa-masa produktif. Aktivitas kehidupan yang padat, gaya hidup, pola makan, olahraga, istirahat menjadi hal-hal…

Mitos soal Telur yang Salah Kaprah

Telur jadi pilihan makanan bagi banyak orang. Namun, di balik kepopulerannya, ada banyak mitos tentang telur yang tersebar di masyarakat.…

Hipertensi Jadi Komorbid Paling Tinggi Pasien Corona

Hipertensi berdasarkan catatan sementara menjadi penyakit penyerta atau komorbid tertinggi pasien infeksi virus corona di Indonesia. Sebanyak 50,5 persen dari…

BERITA LAINNYA DI Kesehatan

Jaga Kesehatan, Orang Dewasa Pun Perlu Imunisasi

NERACA Jakarta - Usia dewasa merupakan masa-masa produktif. Aktivitas kehidupan yang padat, gaya hidup, pola makan, olahraga, istirahat menjadi hal-hal…

Mitos soal Telur yang Salah Kaprah

Telur jadi pilihan makanan bagi banyak orang. Namun, di balik kepopulerannya, ada banyak mitos tentang telur yang tersebar di masyarakat.…

Hipertensi Jadi Komorbid Paling Tinggi Pasien Corona

Hipertensi berdasarkan catatan sementara menjadi penyakit penyerta atau komorbid tertinggi pasien infeksi virus corona di Indonesia. Sebanyak 50,5 persen dari…