Pemberdayaan Perempuan Pra Sejahtera - Maybank Gelar Program Training Produk Tenun

Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation, melanjutkan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bagi komunitas perempuan pra sejahtera yang merupakan peserta program Maybank Women Eco-Weavers melalui training pengembangan produk tenun. Program pemberdayaan ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya pada 2016 – 2018. Program tahun ini antara lain mencakup perbaikan sarana learning center di empat wilayah meliputi Sawah Lunto dan Tanah Datar di Sumatra Barat, serta Lombok Tengah dan Lombok Timur di Nusa Tenggara Barat yang telah selesai dilakukan September lalu.

Head, Corporate & Brand Communication Maybank Indonesia, Esti Nugraheni dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, perbaikan learning center ini bertujuan agar para penenun memiliki tempat yang memadai untuk belajar dan berkreasi bersama dan sekaligus dapat menjadi daya tarik wisata bagi daerah tersebut. Disampaikannya, pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate responsibility (CR) Maybank Indonesia. “Sesuai dengan salah satu pilar CR Maybank Indonesia, kami secara konsisten memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha perempuan pra sejahtera dengan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, percaya diri, keterampilan hingga kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera,”ungkapnya.

Program-progam CR Maybank Indonesia, kata Esti, diselenggarakan selalu bersifat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas penerima manfaat. Besar harapan agar program ini dapat membangun dan mengembangkan usaha sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya. Nantinya, dengan peningkatan program keterampilan pengembangan produk dan sarana learning center, Maybank berharap dapat mendorong kemandirian dan kemampuan berwirausaha kelompok perempuan pra sejahtera juga menambah kreativitas, sehingga dapat menghasilkan hasil karya lain yang dapat meningkatkan ekonomi komunitas pada industri kreatif.

Komitmen Maybank untuk senantiasa berada di tengah komunitas serta tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sejalan dengan misi Humanising Financial Services. Perseroan mengungkapkan, setelah proses renovasi training center selesai rangkaian program dilanjutkan dengan kegiatan training pengembangan produk tenun. Kemudian pelatihan akan dilakukan di empat learning center wilayah pengembangan di Indonesia yang dimulai di dua wilayah pertama, yaitu di Lombok Timur pada 9 Oktober 2019 dan 10 Oktober 2019 di Lombok Tengah yang diikuti total 50 peserta. Training selanjutnya akan dilakukan di Sawahlunto dan Tanah Datar pada awal bulan depan.

Kegiatan training pengembangan produk tenun ini bertujuan agar para peserta dapat meningkatkan keterampilan sehingga memberikan kesejahteraan yang berkesinambungan. Dalam penyelenggaraan training, Maybank Indonesia berkolaborasi dengan Ugahari, sebuah unit usaha yang mempunyai kapasitas dalam bidang pelatihan pengembangan produk kain perca. Peserta belajar mengembangkan produk tenun secara maksimal, seperti membuat anting, kalung, dompet dan bross yang terbuat dari kain perca.

Melalui materi yang dibawakan para penenun dapat menyalurkan kreativitasnya sehingga tidak hanya memiliki keterampilan menenun saja tetapi juga dapat  membuat produk yang memiliki nilai jual.

BERITA TERKAIT

Peduli Pelanggan di Saat Covid-19 - Home Credit Beri Bantuan Keringanan Pembiayaan

Banyak cara dilakukan pihak swasta dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 dan juga membantu masyarakat yang terkena dampaknya. Baik itu…

Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi - XL Bersama Pelanggan Salurkan Donasi Siaga Ke PMI

Melanjutkan kepedulian terhadap penanaganan Covid-19 dan masyarakat terkena dampak, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali memberikan bantuan melalui program…

Jangkau Bantuan Lebih Luas di Tengah Pandemi - Shopee Bantu ACT Distribusikan Bantuan Kesehatan

Menjangkau lebih banyak para penerima bantuan akibat pandemi Covid-19, organisasi kemanusiaan nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggandeng perusahaan e-commerce Shopee…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Pelanggan di Saat Covid-19 - Home Credit Beri Bantuan Keringanan Pembiayaan

Banyak cara dilakukan pihak swasta dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 dan juga membantu masyarakat yang terkena dampaknya. Baik itu…

Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi - XL Bersama Pelanggan Salurkan Donasi Siaga Ke PMI

Melanjutkan kepedulian terhadap penanaganan Covid-19 dan masyarakat terkena dampak, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali memberikan bantuan melalui program…

Jangkau Bantuan Lebih Luas di Tengah Pandemi - Shopee Bantu ACT Distribusikan Bantuan Kesehatan

Menjangkau lebih banyak para penerima bantuan akibat pandemi Covid-19, organisasi kemanusiaan nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggandeng perusahaan e-commerce Shopee…