Peduli Korban Banjir Samarinda - Gojek Serahkan Bantuan Pokok 100 Mitra Driver

Pesatnya pertumbuhan bisnis Gojek seiring dengan penetrasi pasar di berbagai daerah, memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan pembukaan lapangan kerja sebagai driver Gojek. Tidak hanya itu, pesatnya pertumbuhan komunitas yang tergabung driver Gojek memberikan sisi positif pula untuk menghimpun kebersamaan bergotong royong membantu para korban bencana yang membutuhkan pertolongan.

Langkah ini pula yang dilakukan Gojek Peduli untuk menyalurkan bantuan kepada lebih dari 100 mitra driver Samarinda yang terdampak banjir. Anandita Danaatmadja, VP Regional Indonesia Bagian Timur Gojek dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengungkapkan, pihaknya dari manajemen Gojek ikut prihatin atas bencana banjir yang terjadi di Samarinda khususnya yang terparah di wilayah Samarinda Utara. “Banjir ini juga memberikan dampak kepada mitra driver dan ekosistem kami di Samarinda. Untuk membantu meringankan beban, Gojek melalui Gojek peduli menyalurkan bahan kebutuhan pokok yang utama untuk kebutuhan dasar dan mendesak,”ujarnya.

Disampaikannya, mitra Gojek merupakan aset utama Gojek. Oleh karena itu, dalam setiap langkahnya Gojek senantiasa mendukung dan memperhatikan keberlangsungan mitra-mitranya. Melalui Gojek Peduli yang merupakan komitmen perseroan dalam merespon bencana dan peristiwa darurat. Bantuan didistribusikan ke kantor operasional Gojek cabang Samarinda dan bantuan yang disalurkan merupakan kebutuhan pokok yang utama dan mendesak berupa beras, selimut, handuk, air mineral, mie instan, kornet, minyak , gula dan cairan pembersih rumah.

Asal tahu saja, banjir yang mulai menggenangi kota Samarinda dari 8 Juni lalu telah menyebabkan beberapa rumah terendam banjir, saluran komunikasi serta transportasi terputus dan puluhan korban evakuasi. Wilayah terparah yang terdampak berada di lima kecamatan yaitu kecamatan Samarinda Ulu, Kecamatan Samarinda Utara, Kecamatan Sungai Pinang, Kecamatan Samarinda Ilir, dan Kecamatan Sungai  Kunjang. Hingga Kamis 20 Juni 2019, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda mencatat lebih dari 56.000 warga menjadi korban banjir, tak terkecuali dengan Mitra Gojek. Tercatat lebih dari 100 mitra terdampak banjir dan mengalami kerugian material.

Selain dari manajemen Gojek, kepedulian juga ditunjukkan oleh para mitra driver yang tergabung dalam komunitas driver Gojek di beberapa kota di Indonesia seperti Makassar, Balikpapan dan Ambon. Komunitas-komunitas ini melakukan penggalangan dana selama beberapa minggu di jalan-jalan utama perkotaan.

Gojek juga memberikan apresiasi kepada mitra-mitra driver Gojek Samarinda yang telah memberikan kontribusinya bahu-membahu membantu masyarakat di kala banjir. Melalui apresiasi tersebut juga, Gojek meresmikan komunitas driver Unit Reaksi Cepat (URC) Bubuhan Gojek Samarinda (BUDGOS). Komunitas URC ini awalnya beranggotakan 10 orang dan secara cepat meningkat menjadi 30 orang.

Komunitas yang dengan inisiatifnya sendiri langsung terjun di hari pertama banjir untuk membantu evakuasi korban ke penginapan dan berikan pertolongan pertama. "Gojek selalu bangga dengan para mitra driver kami yang berjiwa sosial tinggi dan memiliki inisiatif untuk membantu dan peduli terhadap sesama, termasuk korban bencana di Samarinda. Kami melihat mitra kami selalu sigap tanpa pamrih untuk membantu korban bencana. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi memberikan dampak sosial bagi masyarakat bersama para mitra driver sebagai jantung dari ekosistem kami,” kata Anandita.

 

 

BERITA TERKAIT

Peduli Pelanggan di Saat Covid-19 - Home Credit Beri Bantuan Keringanan Pembiayaan

Banyak cara dilakukan pihak swasta dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 dan juga membantu masyarakat yang terkena dampaknya. Baik itu…

Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi - XL Bersama Pelanggan Salurkan Donasi Siaga Ke PMI

Melanjutkan kepedulian terhadap penanaganan Covid-19 dan masyarakat terkena dampak, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali memberikan bantuan melalui program…

Jangkau Bantuan Lebih Luas di Tengah Pandemi - Shopee Bantu ACT Distribusikan Bantuan Kesehatan

Menjangkau lebih banyak para penerima bantuan akibat pandemi Covid-19, organisasi kemanusiaan nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggandeng perusahaan e-commerce Shopee…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Pelanggan di Saat Covid-19 - Home Credit Beri Bantuan Keringanan Pembiayaan

Banyak cara dilakukan pihak swasta dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 dan juga membantu masyarakat yang terkena dampaknya. Baik itu…

Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi - XL Bersama Pelanggan Salurkan Donasi Siaga Ke PMI

Melanjutkan kepedulian terhadap penanaganan Covid-19 dan masyarakat terkena dampak, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali memberikan bantuan melalui program…

Jangkau Bantuan Lebih Luas di Tengah Pandemi - Shopee Bantu ACT Distribusikan Bantuan Kesehatan

Menjangkau lebih banyak para penerima bantuan akibat pandemi Covid-19, organisasi kemanusiaan nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggandeng perusahaan e-commerce Shopee…