Bupati Serang: Pendamping Kunci Sukses PKH

Bupati Serang: Pendamping Kunci Sukses PKH 

NERACA

Serang - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menyatakan para pendamping program keluarga harapan (PKH) merupakan kunci sukses program dari pemerintah pusat yang selama ini telah membantu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di daerah itu.

"Keberhasilan PKH di Serang tidak terlepas dari peran aktif dari para pendampingnya, karena itu mereka perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah," kata dia usai memberikan bantuan kendaraan operasional bagi pendamping PKH di Serang, Banten, dikutip dari Antara, kemarin.

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan bantuan khusus berupa kendaran bermotor untuk 114 pendampingi PKH yang tersebar di 29 kecamatan.

Bantuan tersebut diberikan secara bertahap sejak 2017, dan terdapat tambahan pendamping tahun 2018 yang kemudian diberikan tambahan kendaraan operasional pada 2019.

Menurut Tatu, pendamping PKH telah membantu pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan terhadap masyarakat tidak mampu.

“Pendamping PKH seperti kader posyandu, merupakan garda terdepan dalam pemantauan dan fasilitasi kesehatan rumah tangga sangat miskin. Juga memastikan keluarga miskin menerima bantuan pendidikan dan kesehatan dari pemerintah,” ujar dia.

Tatu menilai, para pendampingi PKH memiliki wilayah pelayanan yang cukup beragam. Terutama untuk wilayah pelosok, diperlukan kendaraan operasional yang baik.

“Kami berharap, bantuan ini bisa memotivasi sekaligus meningkatkan kinerja para pendamping PKH. Terima kasih dan mari terus tingkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang,” kata Tatu.

Menurut survei BPS, penduduk miskin Kabupaten Serang pada 2017 berjumlah 69,11 ribu orang (4,63 persen), menurun pada 2018 berjumlah 64,46 ribu orang atau 4,30 persen dari total penduduk.

Penduduk miskin berkurang sebanyak 4.649 orang (0,33 persen). Secara persentase, penduduk miskin Kabupaten Serang sebesar 4,30 persen pada 2018 berada di peringkat ketiga terendah dibandingkan delapan/kabupaten kota di Banten.

Sementara angka rata- rata lama sekolah warga Kabupaten Serang pada tahun 2016 sebesar 6,98 tahun. Meningkat menjadi 7,17 tahun pada tahun 2017. Peningkatan sebesar 0,19 sebagai angka tertinggi di wilayah Provinsi Banten bersama-sama dengan Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya, IPM Kabupaten Serang 2016 sebesar 65,12 poin, meningkat pada 2017 menjadi 65,60 poin. Dengan besaran sebesar 0,48 poin, peningkatan IPM Kabupaten Serang terbesar ketiga setelah Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kepala Dinsos Kabupaten Serang Saepudin menilai, bantuan kendaraan untuk pendamping PKH merupakan gagasan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.“Ini bukti sinergi Pemkab Serang dengan Pemerintah Pusat bersama para pendamping PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Saepudin. Ant

BERITA TERKAIT

PDIP Dinilai Belum 100% Dukung Gugatan Sengketa Pilpres

  NERACA Jakarta-Proses sidang gugatan sengketa pemilu presiden (pilpres) 2024 yang diajukan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Mahkamah Konstitusi (MK),…

Komisi VI: Persiapan Pertamina Hadapi Lebaran 2024 Lebih Baik

  NERACA Jakarta-Komisi VI DPR RI kompak mengapresiasi kerja keras Pertamina dalam menyiapkan pasokan dan distribusi bahan bakar minyak (BBM)…

Tingkatkan Kualitas Produk, SesKemenKopUKM Dorong Koperasi Masuk PMO Kopi Nusantara

NERACA Subang - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM) Arif Rahman Hakim mendorong koperasi-koperasi produsen kopi masuk ke dalam program…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Tingkatkan Kualitas Produk, SesKemenKopUKM Dorong Koperasi Masuk PMO Kopi Nusantara

NERACA Subang - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM) Arif Rahman Hakim mendorong koperasi-koperasi produsen kopi masuk ke dalam program…

Hidupkan Suasana Ramadhan Dengan Memasang Haji Geyot

NERACA Bandung - Bulan suci Ramadan 1445 H, bank bjb kembali menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, melestarikan…

SesKemenKopUKM Dukung Wadah GKN Kembangkan Wirausaha Berbasis Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi Digital

NERACA Subang - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM) Arif Rahman Hakim mendukung Organisasi Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang diharapkan…