free hit counter

Napak Tilas Tentara Nazi Jerman di Bogor

Sabtu, 08/09/2012
Napak Tilas Tentara Nazi Jerman di Bogor

NERACA

Indonesia memang sudah 67 tahun merdeka, namun jejak-jejak penjajahan di Indonesia masihlah sangat terlihat jelas. Indonesia sendiri telah dijajah bangsa Eropa sejak tahun 1600-an dan Jepang masuk setelah penjajahan bangsa Eropa pada tahun 1942.

Penjajahan memang menyisakan luka yang mendalam bagi masyarakat pada waktu itu hingga saat ini. Banyak warga Indonesia yang tidak berdosa ikut tewas dalam peperangan merebut kemerdekaan itu. Namun peninggalan-peninggalan penjajahan pada masa itu sangat menarik untuk dikunjungi dan diketahui keberadaannya.

Bangsa Eropa memang sangat lama dalam menjajah Indonesia, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa Jerman pun pernah datang ke Indonesia, memang tidak jelas tujuannya datang ke Indonesia. Banyak versi tentang cerita ini, ada yang bilang bahwa pasukan perang Nazi ini datang ke Indonesia untuk melarikan diri dari serangan musuh. Ada versi yang juga mengatakan bahwa pasukan perang Nazi Jerman datang ke Indonesia untuk menyembunyikan atau melarikan Adolf Hitler, pemimpin pasukan perang Jerman Nazi pada saat itu. Pasukan perang Nazi Jerman memang meninggalkan historis yang tidak sedikit di Indonesia.

Kawasan Kampung Situ, Desa Sukaresmi, Mega Mendung, Bogor, adalah salah satu wilayah yang dipilih Setelah perang dunia pertama berakhir, dua bersaudara asal Jerman, Emil dan Theodor Helfferich membeli 900 hektar tanah di kampung tersebut.Next