free hit counter

Mengenal Permainan Tradisional Indonesia

Sabtu, 21/07/2012
Mengenal Permainan Tradisional Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki warisan kebudayaan yang sangat banyak dan beraneka ragam. Salah satunya adalah congklak, congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai nama-nama yang berbeda di Indonesia.

NERACA

Dalam permainan ini biasanya menggunakan sejenis cangkang kerang, atau terkadang biji-bijian seperti kopi sebagai biji congklak dalam permainannya. Permainan congklak dilakukan oleh dua orang. Dalam permainan mereka menggunakan papan yang dinamakan papan congklak dan 98 buah biji atau buah congklak.

Permainan ini memang salah satu permainan legendaris Indonesia. Pada umumnya papan congklak terbuat dari kayu dan plastik, sedangkan bijinya terbuat dari cangkang kerang, biji-bijian, batu-batuan, kelereng atau plastik.

Pada papan congklak terdapat 16 buah lobang yang terdiri atas 14 lobang kecil yang saling berhadapan dan 2 lobang besar di kedua ujungnya. Setiap tujuh lobang kecil di sisi pemain dan lobang besar di sisi kanannya dianggap sebagai milik sang pemain.Next