free hit counter

Menghirup Keuntungan Dari Mengelola Sampah

Sabtu, 07/04/2012
Menghirup Keuntungan Dari Mengelola Sampah

NERACA

Realitas bila meningkatnya jumlah penduduk dalam ruang hidup yang konstan, menyebabkan volume sampah kian bertambah memang tak terbantahkan. Kalkulasi Dinas Kebersihan DKI Jakarta, bahkan menyebutkan bila setiap orang akan menghasilkan rata-rata 1-2 kg sampah tiap hari. Nah bila penduduk Indonesia sekitar 200 juta orang, maka jumlah sampah yang menumpuk setiap hari mencapai 400.000 ton. Fantastis.

Problem sampah memang wajib ditanggapi cepat dan serius, agar tidak menimbulkan masalah  lebih kompleks dikemudian hari. Dan tentunya pengolahan sampah bukanlah pekerjaan pemerintah saja, namun perlu dukungan dari setiap lapisan masyarakat.

Kebiasaan dan perilaku masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah perlu segera diperbaiki. Selama ini masyarakat membuang begitu saja sampah ke tempat-tempat sampah lalu menyerahkan urusannya ke petugas kebersihan dan menganggap urusan selesai sampai disitu saja. Padahal dengan terus menggunungnya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan menjadi problem tersendiri, yakni problem kesehatan, pencemaran dan keindahan lingkungan.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, sebelum membuang sampah kita perlu melakukan 4M (Memilah, Menghemat, Memakai ulang dan Mendaur ulang). Dengan memilah sampah, baik dengan cara memisahkan sampah organik dan anorganik ataupun dengan lebih spesifik memisahkan antara sampah plastik, kertas, kaleng, dan kaca akan membuat kita lebih sadar akan jumlah sampah yang kita hasilkan setiap hari dan tentunya juga memudahkan pengolahan sampah ditahap selanjutnya.Next