free hit counter

Kendala Investasi di Bidang Infrastruktur

Sabtu, 31/03/2012
 Kendala Investasi di Bidang Infrastruktur

NERACA

Beberapa kendala dalam investasi infrastruktur, salah satu kendala adalah masalah infrastruktur sebagai prasyarat penting dalam investasi. Infrastruktur dasar seperti jalan, lampu penerangan jalan. Begitu pula dengan pemekaran-pemekaran daerah justru sangat berpengaruh terhadap kinerja tata kelola ekonomi daerah. 

Investasi infrastruktur sangat bagus untuk perekonomian di Indonesia namun banyak kendala yang harus dihadapi para investor, ini yang menjadi permasalahan terhambatnya pembangunan di Indonesia berjalan lambat. Ini adalah beberapa kendala yang menghambat infrastruktur.

Lahan dan Konstruksi

Namun, harus dipahami bahwa kapasitas atau ketersediaan dana pemerintah untuk membangun Infrastruktur Indonesia sangat terbatas. Dari kebutuhan anggaran infrastruktur Indonesia 2010–2014 yang mencapai Rp 1.429,3 triliun, kapasitas pemerintah hanya mencapai 31% dari angka tersebut. Itu sebabnya peranan swasta menjadi sangat penting melalui program-program yang disusun pemerintah, antara lain kerja sama pemerintah swasta (KPS) dan privatisasi.Next