free hit counter

Pemerintah Mulai Cetak Lahan Pertanian Baru

Kamis, 06/10/2011
Pemerintah Mulai Cetak Lahan Pertanian Baru

NERACA

Jakarta – Pemerintah mulai menambah lahan pertanian baru di sejumlah wilayah Indonesia. Salah satunya kawasan lahan pertanian baru dikembangkan di Kalimantan Timur tepatnya di Bulungan.

Menurut Menteri Pertanian Suswono, pengembangan yang sedang dilakukan ialah menata sistem irigasi untuk memberi pengairan bagi lahan tersebut. “Pembangunan irigasi itu tugas Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dan akan dialiri dari Sungai Kayan karena potensi airnya cukup bagus untuk persawahan,” jelas Mentan di Jakarta, Rabu.

Dia mengungkap, meskipun Kalimantan terkenal dengan lahan gambut, namun tanah yang akan digunakan sebagai lahan pertanian berkondisi subur. “Keadaan tanah di Bulungan cocok untuk ditanami kedele, jagung dan juga padi,” ujar Suswono.

Dia menegaskan bahwa para petani yang menggarap lahan di Bulungan ialah para transmigran dari Lampung. “Pengembangan lahan skala luas ini bukan berarti petani menjadi buruh, tetapi mereka inti-plasma, jadi fungsi mereka yaitu kemitraan bukan eksploitasi kepada para petani,” terang Mentan.Next