free hit counter

Bantuan 1000 Kapal Masih Bermasalah

Industri Perikanan Tangkap

Jumat, 05/04/2013
Bantuan 1000 Kapal Masih Bermasalah

NERACA

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menilai Laporan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Semester II Tahun 2012 kembali menjelaskan carut-marut pengelolaan program di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menyebabkan kerugian negara.

“Kali ini, laporan yang dipublikasikan Maret 2013 tersebut mengungkap tidak adanya pembenahan dalam penyelenggaraan Program Inka Mina atau bantuan 1000 unit kapal berbobot > 30GT bagi nelayan. Ini ditandai keterlambatan pekerjaan pembangunan kapal Tahun Anggaran 2010-2012,” jelas anggota Dewan Pembina KNTI M. Riza Damanik kepada Neraca, Kamis (4/4).

Menurut dia, dari Tanjung Balai Sumatera Utara diketahui, kapal bantuan yang diserah-terimakan pada 2012 sudah rusak. “Pada bagian Tiang Wing Katrol yang berfungsi menaikkan pukat justru patah akibat kayu yang tidak standar. Ini sekaligus mengkonfirmasi bahwa bahan kayu yang digunakan tidak layak untuk pembangunan kapal,” imbuh Riza.

Lebih jauh Riza menegaskan, temuan BPK maupun laporan nelayan penerima kapal mengindikasikan bahwa Menteri Sharif Cicip Sutardjo telah abai dalam menjalankan rekomendasi DPR maupun BPK sebelumnya yang telah meminta KKP untuk membenahi kinerja program 1000 kapal. “Pengabaian ini telah menyebabkan kerugian negara dan nelayan pada khususnya,” tegasnya.Next