free hit counter

Panen Udang Vaname Hasil Diseminasi Diharapkan Picu Animo Petambak

Produksi Perikanan Budidaya Meningkat

Selasa, 19/02/2013
Panen Udang Vaname Hasil Diseminasi Diharapkan Picu Animo Petambak

NERACA

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengaku terus melakukan berbagai upaya untuk peningkatan produksi udang. Melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya, KKP telah mengimplementasikan teknologi budidaya udang anjuran di beberapa daerah. Diantara yang cukup berhasil atas program tersebut adalah budidaya udang vaname di kampung Selatif, Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebijakto, menjelaskan, panen udang di desa Kemiri tersebut merupakan panen tahap kedua. Dimana pada tahap pertama bulan Januari lalu  mampu menghasilkan produktivitas yang cukup baik bahkan telah melampaui target yang diharapkan. Dimana dari target sebesar 6 ton/ha pada kenyataannya mampu menghasilkan produksi sebesar 6,7 ton/8.000 m2.

“Saya mengapresiasi  kerja keras dan kerjasama yang baik dari semua pihak khususnya Tim dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara atas hasil memuaskan yang telah dicapai selama ini. Apalagi menurut pendapat beberapa pihak dan testimoni dari masyarakat kondisi tambak di desa Lontar mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi,” kata Slamet seperti dikutip dari siaran persnya, Senin (18/2).

Slamet mengatakan, keberhasilan tambak percontohan di desa Lontar ini merupakan upaya untuk memberikan bukti nyata terhadap masyarakat pembudidaya bahwa melalui penerapan teknologi anjuran bukan tidak mungkin kejayaan udang nasional akan kembali bangkit. Diharapkan dengan keberhasilan percontohan ini akan kembali menumbuhkan animo masyarakat untuk kembali terjun berbudidaya udang.Next