free hit counter

Produksi Gula Nasional Diperkirakan Meleset dari Target

Selasa, 04/12/2012
Produksi Gula Nasional Diperkirakan Meleset dari Target

NERACA

Jakarta - Pemerintah memperkirakan produksi gula nasional hingga akhir tahun ini tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebesar 2,7 juta ton karena tidak ada tambahan lahan baru bagi perkebunan tebu.

“Hingga akhir tahun, produksi gula nasional hanya 2,58 juta ton, lebih sedikit dari realisasi target yang ditetapkan awal tahun sebesar 2,7 juta ton. Minimnya penambahan lahan perkebunan tebu menjadi salah satu faktor yang menghambat produksi gula nasional,” kata Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan), Gamal Nasir di Jakarta, Senin (3/12).

Produksi gula pada tahun ini, menurut Nasir, telah melalui penghitungan final karena musim giling tebu selesai akhir bulan lalu. “Untuk produksi gula pada 2012 memang naik 2,23 juta ton dari realisasi tahun lalu. Sedangkan rendemen gula juga mengalami kenaikan dan proyeksi produksi gula tersebut mencakup produksi dari pabrik gula milik badan usaha milik negara (BUMN) dan pabrik gula swasta,” paparnya.

Sedangkan produksi gula pada 2013, lanjut Nasir, diproyeksi mencapai 2,8 juta ton. “Kami optimistis dapat mencapai target produksi pada tahun depan sebesar 2,8 juta ton karena akan dilakukan penambahan lahan tebu yang relatif luas sekitar 50.000 hektar. Saat ini, kebutuhan gula konsumsi di dalam negeri setiap tahun sebanyak 2,7 juta ton,” ujarnya.Next