free hit counter

Setelah AS, Rusia Lirik Peluang Investasi di Indonesia

Rabu, 15/02/2012
Setelah AS, Rusia Lirik Peluang Investasi di Indonesia

NERACA

Jakarta - Sejumlah pengusaha Rusia akan datang ke Tanah Air pada akhir Februari untuk membidik berbagai peluang investasi. Para pengusaha tersebut akan berkunjung ke kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bertemu dengan pengusaha di Tanah Air.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Alexander Ivanov mengatakan, ada 45 perusahaan Rusia yang bakal berkunjung ke Indonesia. “Para pengusaha itu mewakili 45 perusahaan yang bergerak berbagai bidang industri seperti minyak dan gas, kereta api, pertanian hingga energi. Partisipasi perusahaan swasta asal Rusia yang berinvestasi di Indonesia semakin meningkat,” ujar Dubes Ivanov di Jakarta, Selasa.

Ivanov menjelaskan, pada Selasa pekan lalu perusahaan kereta api Rusia dan Pemerintah Kalimantan Timur menandatangani nota kesepahaman pembangunan rel kereta api sepanjang 180 kilometer dengan nilai investasi US$2,4 miliar. "Hubungan ekonomi antara Rusia dan Indonesia saat ini sedang memasuki babak baru," kata Ivanov.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, total nilai perdagangan Indonesia-Rusia pada 2006 senilai US$690 juta, melonjak menjadi lebih dari US$1,6 miliar pada 2011. Pada akhir tahun lalu, Indonesia dan Rusia menyepakati target nilai transaksi perdagangan sebesar US$5 miliar pada 2014.Next