free hit counter

Memilih Model Dapur Sesuai Bentuk Ruangan

Sabtu, 22/12/2012
Memilih Model Dapur Sesuai Bentuk Ruangan

Bagi setiap keluarga, dapur adalah salah satu ruangan yang cukup vital, karena itu kehadiran dapur di setiap rumah hukumnya wajib. Sebab, dapur adalah pusat layanan logistik keluarga. Jika jumlah ruangan dalam rumah terbatas, bahkan lebih baik tak punya ruang makan, tapi tetap harus memiliki dapur. Jadi, ruang makan pun bisa dipindah ke dapur atau memultifungsikan ruang keluarga sebagai ruang makan.

Tetapi ada pula konsep ruang makan memang sengaja menyatu dengan dapur, lebih praktis dan tidak repot mengangkat dan memindah makanan dari dapur ke ruang makan.

Dalam dapur yang standar, setidaknya harus menyiapkan tempat untuk cuci piring, rak piring dan gelas, sendok, perabotan dapur seperti panci dan penggorengan, oven kalau ada, tempat  kompor dua tungku, meja untuk meracik makanan atau membuat minuman. 

Agar efektif dan terlihat rapi, perabotan dapur dan peralatan makan dapat ditempatkan dalam rak atau laci-laci. Laci-laci dan rak penyimpanan itu dinamakan kitchen set, baik yang letaknya menggantung di tembok maupun menempeldi tembok bagian bawah.

Bagian atasnya dapat dimanfaatkan sebagai meja eksekusi, yaitu untuk meracik dan menyiapkan makanan dan minuman. Jika meja eksekusi itu luas, bisa saja dimanfaatkan sebagai meja makan. Biasanya, meja makan diadakan sendiri yang letaknya terpisah dengan kitchen set.Next