free hit counter

Masyarakat Lebih Banyak Makan Apel Impor

Suryo Bambang Sulisto, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin)

Jumat, 25/05/2012
Masyarakat Lebih Banyak Makan Apel Impor

Kalahnya daya saing produk lokal dengan produk impor disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencintai produk Indonesia. Sebagai contoh, dalam sehari-hari, masyarakat masih banyak memakan-makanan impor, daripada buah lokal.

Sekarang orang pada makan apel impor, ini artinya kurang tebal ini kecintaannya, makanya harus pertebal lagi kecintaan kepada buah lokal.

Bagi Suryo Bambang Sulisto, mental dan kesadaran diri setiap individu perlu didorong agar mau menggunakan barang lokal dibanding impor. Apalagi, masuknya barang China semakin marak dengan adanya perdagangan bebas. Oleh karena itu produk made in Indonesia harus lebih didorong lagi kapasitas dan kualitas produksinya.

“Kita mendorong produksi produk dalam negeri agar bisa bersaing, kalau perlu lebih murah dari barang China, nanti juga barang China akan pergi sendiri,” jelas Suryo Bambang Sulisto.

Itu sebabnya, guna menekan angka masuknya impor barang dari China, pemerintah harus memperketat regulasi dan pengawasan masuknya barang impor dari luar negeri khususnya dari China.Next