free hit counter

Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah Membaik

Jumat, 13/09/2013
Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah Membaik

"Laporan keuangan makin sesuai dengan internasional 'best practice' dan arus kas atas laporan keuangan menjadi jelas, terlepas masih belum semuanya mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian," kata Menteri Keuangan Chatib Basri, dalam pembukaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut Chatib menjelaskan, kualitas laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah semakin membaik, itu dapat dilihat dari adanya peningkatan proses transparansi dan akuntabilitas dalam laporan keuangan. Dengan laporan yang membaik, dapat membuat Indonesia makin terpercaya di kancah global. "Kita ingat 15 tahun lalu ekonomi kita terpuruk dan dunia tidak mempercayai kredibilitas Indonesia, namun dengan kerja keras dalam transparansi keuangan negara, kepercayaan kita raih kembali," imbuhnya.

“Harapannya dengan adanya rakernas ini semua pihak paham, upaya apa saja yang dapat dan harus dilakukan, untuk mendorong kemampuan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mencapai target wajar tanpa pengecualian. Dan kedepan, jumlah laporan keuangan K/L dan Pemda yang mendapatkan opini WTP diharapkan makin meningkat” ujarnya.

Para penerima penghargaan tersebut antara lain Badan Pemeriksa Keuangan, Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan.

Kemudian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum, Komisi Pemberantasan Korupsi.Next