free hit counter

Program Penghijauan AHM

Sabtu, 29/10/2011
Program Penghijauan AHM

Neraca. Tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social  responsibility (CSR) sudah sepatutnya makin digalakkan oleh produsen (ATPM) motor dan mobil. Jangan hanya membanggakan kemampuan menjual kendaraan. Sesuai mandat yang tertuang dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) dan UU No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (UU PM). 

Aturan lebih tegas sudah ada di UU Penanaman Modal (PM) Dalam pasal 15 huruf b disebutkan, setiap penanam modal berkewajiban melaksankan tanggung jawab sosial perusahaan. Jika tidak, maka dapat dikenai sanksi mulai dari peringatan tertulis, pembatasan kegiatan usaha, pembekuan kegiatan usaha dan/atau fasilitas penanaman modal, atau pencabutan kegiatan usaha dan/atau  fasilitas penanaman modal  (pasal 34 ayat (1) UU PM).

Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) bersama dengan CV Hayati Main Dealer sepeda motor Honda di area Sumatera Barat serta Pemda Kodya Padang, melakukan program penghijauan dengan menanam 1.200 bibit pohon di Taman Jembatan Mara Palan, Padang. Kegiatan penanaman pohon dilaksanakan pada Hari Jumat, 14 Oktober 2011. Hadir dalam kegiatan ini Walikota Padang Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si yang sekaligus secara simbolis ikut serta melakukan penanaman pohon di Taman Jembatan Mara Palan, Padang.

Kristanto, Wakil  Ketua YAHM mengatakan pihaknya berharap bantuan dan kepedulian Yayasan AHM ini dapat memberikan kontribusi pada upaya penanggulangan kerusakan lingkungan serta peningkatan kualitas udara di Kota Padang. “Kita semua tentunya menyadari bahwa upaya penanggulangan kerusakan lingkungan memerlukan komitmen yang kuat dari semua pihak, tidak hanya pemerintah, namun juga semua unsur dalam masyarakat haruslah memiliki serta mendukung program rehabilitasi lingkungan,”ujarnya. Program penghijauan atau rehabilitasi lingkungan ini merupakan salah satu aktivitas yang menjadi prioritas Yayasan AHM  selain program pendidikan dan roadsafety (keselamatan berkendara)