free hit counter

Pengurangan Lot Saham Harus Sejalan Jumlah Investor

Jadi Daya Tarik Investor

Kamis, 07/03/2013
Pengurangan Lot Saham Harus Sejalan Jumlah Investor

NERACA

Jakarta - Kajian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenai pengurangan lot sahammenjadi 100 lembar per lot akan menjadi udara segar bagi para investor ritel. Pasalnya jumlah 500 lembar per lot dirasa kurang menarik investor untuk bermain dalam pasar saham.

Analis Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan, rencana ini merupakan ide bagus dan akan sangat menarik bagi investor, tapi perlu diingat untuk mensosialisasikan dengan jelas ke pelaku pasar, “Ini merupakan salah satu upaya BEI untuk meningkatkan investor saham di BEI,”katanya kepada Neraca di Jakarta kemarin.

Dia juga menjelaskan, dengan pengurangan nilai lot tersebut akan membuat banyak saham yang ditransaksikan. Namun pengurangan nilai saham ini harus sejalan dengan penambahan jumlah investor agar tidak percuma nantinya dan hanya dimainkan oleh pemain lama di pasar saham. “Dengan pengurangan lot ini bukan hanya pemain lama yang bermain namun minat investor-investor baru untuk investasi di bursa saham akan menambah transaksi,”katanya.

Mengenai dampak bagi emiten, Reza menilai tidak akan terlalu berdampak bagi emiten,karena saham yang mereka miliki telah dilepas di pasar, “Semakin banyak saham yang ditransaksikan perusahaan akan menambah brand awardness dan juga para investor terutama investor baru akan mengenal dan mau berinvestasi pada perusahaan tersebut di pasar saham,”ungkapnya.Next