free hit counter

Pelemahan Rupiah Ancam Kinerja Sektor Konsumer

Senin, 14/01/2013
Pelemahan Rupiah Ancam Kinerja Sektor Konsumer

NERACA

Jakarta-Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang dinilai dapat mendorong ekspor, tidak sepenuhnya berdampak positif. Pasalnya, hal tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap perkembangan sektor industri dan pasar modal pada umumnya. “Sektor consumer good terpengaruh jika pelemahan mata uang rupiah terjadi maka  consumer good negatif,”kata analis saham, Lucky Bayu Purnomo di Jakarta akhir pekan kemarin.

Menurut Lucky, setiap sektor memiliki sikap yang berbeda untuk menyikapi dinamika rupiah dan mata uang lainnya. Karena itu, tidak hanya sektor consumer good yang terkena imbasnya, namun juga beberapa sektor lainnya dengan masing-masing karakter.

Pada sektor insfrastruktur dan pertambangan misalnya, jika mata uang rupiah mengalami kenaikan maka hal itu menjadi positif bagi kinerja sektor tersebut. Begitupun dengan sektor telekomunikasi dan perbankan.

Lain halnya dengan sektor properti, jika rupiah menguat, justru cenderung membawa sektor tersebut ke arah negatif. Karena itu, kebijakan pelemahan rupiah tersebut dikatakan berpengaruh terhadap perkembangan pasar modal dan atau investasi secara umum.Next